Pengertian dan Contoh Kalimat Preposition Phrase (Frase Kata Depan)

Advertisement
.
Pengertian dan Contoh Kalimat Preposition Phrase (Frase Kata Depan) – Hallo semuanya, apa kabar? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Oke, kali ini saya akan memberikan ulasan tentang salah satu phrase, yaitu tentang preposition phrase. Lebih tepatnya kali ini pembahasan akan difokuskan untuk mengulas mengenai pengertian preposition phrase dan juga contoh kalimat preposition phrase. Sebelumnya saya juga sudah memberikan ulasan tentang beberapa phrase, diantaranya adalah noun phrase, adjective phrase, adverbial phrase, dan juga verb phrase, jika anda belum mempelajarinya ada bagusnya anda pelajari juga materi phrase tersebut. Tapi sesuai judul postingan ini, kali ini kita hanya akan membahas mengenai preposition phrase (frase kata depan), dan saya anggap anda sudah paham dengan phrase-phrase yang sebelumnya telah dibahas.

Oke, untuk mempelajari materi preposition phrase ini, anda setidaknya harus paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan preposition, dan pahami juga contoh-contohnya. Materi dasar preposition (kata depan) tersebut wajib anda kuasai terlebih dahulu sebelum mempelajari preposition phrase agar anda lebih mudah dan cepat memahami materi yang akan kita bahas ini.

Pelajari: Materi kata depan (preposition).

Pengertian Preposition Phrase
Pada dasarnya yang dimaksud dengan preposition phrase adalah suatu susunan kata yang diawali oleh preposition dan dikuti oleh object of preposition. Object of preposition sendiri dapat berupa noun (kata benda), pronoun (kata ganti), atau bisa juga noun phrase (frase kata benda). Jadi bisa dikatakan bahwa suatu susunan kata merupakan preposition phrase jika susunannya seperti ini “Preposition + Object of preposition (noun, pronoun, noun phrase)”.

Preposition phrase = Preposition + Object of Preposition
Pengertian dan Contoh Kalimat Preposition Phrase (Frase Kata Depan)
Sebagai contoh:
  • Beside you
  • From my house
  • In the biggest class room
  • Because of you
Kata-kata beside, from, in, dan juga because of diatas semuanya merupakan kata depan (preposition), kemudian diikuti oleh object of preposition maka semua susunan kata diatas sudah dapat dikatakan sebagai preposition phrase.
Advertisement




Contoh Kalimat Preposition Phrase
Oke, setelah anda paham apa itu preposition phrase dan mengetahui bagaimana cara menyusunnya, untuk lebih memperjelasnya cobalah perhatikan dengan seksama beberapa contoh kalimat preposition phrase dibawah ini.
Contoh Preposition PhraseContoh Dalam KalimatArti
On the tableI put the book on the table.Saya meletakkan buku di atas meja.
In the waiting room.He is still sitting in the waiting room.Dia masih duduk di ruang tunggu.
About the dragon slayerTell me the story about the dragon slayer.Ceritakan padaku cerita tentang naga pembunuh!
Beside the red oneThe car beside the red one is the one I want to buy.Mobil yang samping merah adalah yang ingin saya beli.
Up the highest mountainI will climb up the highest mountain tomorrow.Aku akan memanjat gunung tertinggi besok.
Without a GPSWithout a GPS, we will lose our way.Tanpa GPS, kita akan tersesat.
Until todayUntil today, I had never heard that.Sampai saat ini, saya belum pernah mendengar itu.
Upon a high shelfPut the fresh flowers upon a high shelf.Letakkan bunga-bunga yang segar diatas rak yang tinggi!
Over the grassThe tiger crept slowly over the grass.Harimau itu merayap perlahan diatas rumput.
During halftimeWe will order Pizza during halftime.Kami akan memesan Pizza selama turun minum.

Itulah contoh-contoh yang dapat saya berikan. Gimana, mudah bukan? Nah, sekarang cobalah untuk membuat contoh kalimat preposition phrase versi anda sendiri, kemudian share kepada saya dan yang lainnya contoh yang telah anda buat tersebut, share lah contoh anda dengan berkomentar pada kotak komentar yang tersedia dibawah.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang pengertian preposition phrase dan juga contoh kalimat preposition phrase yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan mengenai pengertian dan contoh kalimat preposition phrase diatas dapat membantu dan menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Terimakasih.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Said Alvandi
admin
April 6, 2016 at 2:09 PM ×

Thank you sob, nice info gan

Reply
avatar
Anonymous
admin
August 9, 2017 at 11:33 PM ×

The boy with him is his son

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon