Cara Lain Mengucapkan Terima Kasih (Thank You) Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
.
Cara lain mengucapkan terima kasih atau thank you dalam bahasa inggris sebenarnya sangat beragam, kamu bisa menggunakannya agar komunikasi kalian terdengar natural.

Jika cuman pakai thank you aja rasanya membosankan dan terlalu biasa. Oleh karena itu, mengetahui variasi ucapan thank you bisa membuatmu semakin luwes berbahasa inggris.

Nah, pengen tahu cara lain mengatakan terima kasih dalam bahasa inggris? Berikut ini beberapa list yang bisa kamu praktekkan:

Sebelumnya, baca juga:
- Ucapan (Doa) keseharian Islam dalam bahasa inggris.
- Cara lain mengucapkan Calm Down dalam bahasa inggris.
Cara Lain Mengucapkan Terima Kasih (Thank You) Dalam Bahasa Inggris

Cara Lain Mengucapkan Thank You (Terima Kasih)

Bisa dikatakan kalau cara lain mengucapkan thank you dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu ucapan yang secara langsung mengandung thank you dan sejenisnya.

Lalu yang kedua ucapan yang sama sekali tidak ada thank you atau thanks, namun ucapan tersebut tetap bermakna terimakasih.

1. Variasi Thank You Dalam Bahasa Inggris

Nah berikut ini beberapa cara lain dan variasi thank you dalam bahasa inggris yang bisa kalian gunakan untuk menyatakan rasa terima kasih:

Thanks

Artinya terima kasih, sama halnya dengan thank you. Hanya saja thanks terdengar lebih mencairkan suasana, tidak kaku dan tidak terlalu formal.

Contoh kalimat: Thanks, but I’d rather go alone. (Terima kasih, tapi saya lebih suka pergi sendiri.)

Thank you very much

Variasi yang juga memiliki arti terima kasih banyak. Contoh kalimat: Thank you very much, I really enjoyed it. (Terima kasih banyak, aku sungguh menikmatinya.)

Thanks very much

Juga berarti terima kasih banyak, lebih cocok dipakai untuk teman atau orang yang setara status sosialnya, bukan pada atasan atau orang yang perlu dihormati.
Advertisement



Contoh kalimat: Thanks very much for doing that. You saved my life. (Terima kasih sudah melakukannya. Kau telah menyelamatkan hidupku.)

Thank you so much

Artinya masih terimakasih banyak. Contoh kalimat: You’ve been a big help, thank you so much. (Kamu sangat membantu, terima kasih banyak.)

Thanks so much

Sama seperti di atas, artinya terima kasih banyak. Contoh kalimat: I don’t want anything else, thanks so much. (Saya tidak ingin yang lain, terimakasih banyak.)

Thanks a lot

Contoh kalimat: Nice to meet you and thanks a lot for being with us this weekend. (Senang bertemu dengan anda dan terima kasih banyak untuk bersama kami akhir pekan ini.)

Thanks a million

Artinya masih sama, yaitu terimakasih banyak. Contoh kalimat: Thanks a million. That’s very nice of you. (Terima kasih banyak. Kamu baik sekali.)

Many thanks

Variasi lain untuk mengucapkan terimakasih banyak. Contoh kalimat: Many thanks for the lovely flowers. (Terimakasih banyak untuk bunga-bunga yang indah.)

Thanks a bunch

Artinya terimakasih banyak, namun dalam penggunaannya saya sarankan hanya kepada teman yang benar-benar dekat saja.

Thanks a bunch, selain memang untuk menyatakan rasa terimakasih, juga digunakan untuk menyindir perilaku atau perbuatan seseorang yang tidak menguntungkan orang lain.

Contoh:
What? You told Dian what I said? Thanks a bunch, Toni! (Apa? Kamu memberi tahu Dian apa yang saya katakan? Terima kasih banyak, Toni!

Thanks loads

Mirip seperti thanks a lot, hanya saja lebih mendalam “banyaknya” ketimbang lot, dalam artinya terimakasih yang lebih banyak. Ini cukup informal ya, lebih baik dipakai kepada teman.

Thanks awfully

Variasi lainnya untuk menyatakan rasa terimakasih banyak. Contoh: Thanks awfully for all your help these past couple of weeks, Dian. (Terimakasih banyak atas semua bantuanmu beberapa minggu terakhir ini, Dian.)

Thank you kindly

Ucapan terimakasih yang sangat sopan dan terkesan akrab untuk digunakan. Contoh: This is a really nice dress, Mrs. Fariza. Thank you kindly! (Ini gaun yang sangat indah, nyonya Fariza. Terimakasih!)

Thanks goodness

Ucapan ini untuk menyatakan kelegaan atau semacam bersyukur akan sesuatu. Ucapan lain yang bisa kalian digunakan adalah thanks God.

Contoh: Thanks goodness that everyone’s alive and safe. (Syukurlah semua orang masih hidup dan aman.)

Thanks in advance

Artinya terimakasih sebelumnya, biasanya dipakai untuk minta tolong atau meminta sesuatu kepada orang lain. Ungkapan ini lebih diterima secara umum ketimbang thanks before yang dirasa kurang tepat pemakaiannya.

Alih-alih pakai thanks before, saya pribadi mengikuti pendapat mayoritas orang untuk pakai thanks in advance. Walaupun banyak pula yang berpendapat kalau thanks in advance ini kurang elok dipakai.

Alasannya karena thanks in advance (terimakasih sebelumnya) pada dasarnya ucapan terimakasih sebelum suatu tindakan atau permintaan dilakukan oleh penerima.

Misalnya kamu minta tolong diambilkan sesuatu, dan berterimakasih sebelum orang yang diminta melakukannya.

Ini seperti pemaksaan, walaupun terdengar sopan, tapi beberapa alasan memang terlihat menyudutkan seseorang. Belum tentu orang yang diminta mau dan bersedia, kenapa harus berterimakasih seolah-olah permintaan tersebut wajib dilakukan.

Saya pribadi jika memang harus pakai thanks in advance, saya hanya akan menggunakannya untuk orang yang tidak bisa menolak permintaan tersebut, misalnya permintaan yang memang kewajibannya.

Thank you beforehand

Ini merupakan variasi dari thanks in advance di atas, sama-sama memiliki arti terima kasih sebelumnya. Hanya saja jarang sekali yang menggunakan ucapan ini, bahkan di Inggris sendiri. Kebanyakan digunakan di negara berbahasa inggris lainnya.

Thank you anyway

Artinya terimakasih, kebanyakan digunakan untuk menyatakan terimakasih untuk sesuatu yang telah dilakukan walau hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Misalnya, ada teman yang mau membantu mencarikan kunci mobilmu yang hilang, namun teman tersebut gagal menemukannya. Dalam kondisi ini kamu bisa pakai ucapan ini untuk menghargai usahanya.

Thank you for your information

Artinya terima kasih atas informasinya, sudah jelas kalau ucapan ini untuk menghargai seseorang yang memberikan informasi kepada kalian.

Thank you for stopping by

Artinya terimakasih sudah mampir. Digunakan ketika ada orang lain yang mampir di tempat kalian, dimanapun itu, baik rumah, kantor, atau tempat lain.

Thank you for...

Artinya terimakasih untuk/atas... isi titik-titik sesuai dengan kondisi yang ingin kalian ungkapkan kepada lawan bicara. Variasi lainnya juga bisa pakai thanks for...

Thanks/Thank you lainnya

  • I am very thankful (Aku sangat berterimakasih)
  • I am so thankful for your support (Aku sangat berterimakasih atas dukungan kamu.)
  • All I can say is thanks (Yang bisa saya katakan adalah terima kasih)
  • I thank you most warmly (Saya mengucapkan terima kasih yang amat sangat (dari lubuk hati))
  • Much obliged (Terima kasih banyak)
  • Please accept my deepest thanks (Terimalah terima kasihku yang terdalam)
  • etc

2. Ungkapan Bermakna Terima Kasih

Ada cukup banyak variasi ucapan yang bermakna terimakasih atau bermakna menghargai orang lain, walau di dalamnya tidak ada kata thanks atau thank you.
Advertisement



Beberapa ungkapan-ungkapan ini juga bisa kalian lengkapi dengan salah satu variasi thank you di atas jika maksudnya kurang jelas, atau kalian sendiri yang ingin memperjelasnya.
  • Cheers
  • You’ve saved my life
  • I owe you one
  • I owe you big time
  • That’s a very kind of you
  • It was very kind of you
  • I am grateful for...
  • I am extremely grateful for...
  • I appreciate...
  • I really appreciate...
  • I truly appreciate..
  • I will never forget what you’ve done
  • You are the best
  • You saved my day

Lebih Banyak Contoh Kalimat Variasi Thank You

Contoh KalimatArti
I'm much obliged for your help all this time.Saya berterima kasih banyak atas bantuanmu selama ini.
That is a very kind of you for doing that. You helped me.Kamu baik sekali melakukan itu. Kamu membantu saya.
Can you buy me some fruits on your way here? Thank you in advance.Bisakah kamu membelikanku beberapa buah dalam perjalananmu ke sini? Terimakasih sebelumnya.
I truly appreciate your effort in providing me with an official email.Aku benar-benar menghargai upayamu dalam memberikanku sebuah email resmi.
Thanks for the help, Dimas. I owe you one.Terima kasih atas bantuannya, Dimas. Aku berhutang budi padamu.
I am very thankful that you are my teacher.Saya sangat berterima kasih bahwa Anda adalah guru saya.
Many thanks for your assistance in our project.Terima kasih banyak atas bantuanmu dalam proyek kami.
You're the best. I wouldn't have finished this on time without you.Kamu yang terbaik. Aku tidak akan menyelesaikan ini tepat waktu tanpamu.
How did you become so wise? Thanks again for all of your advice.Bagaimana anda menjadi begitu bijak? Sekali lagi terima kasih atas semua sarannya.
This is exactly what I've been wanting, thanks a lot for getting it for me.Ini persis seperti yang aku inginkan, terima kasih banyak telah mendapatkannya untukku.
I just wanted to say thanks a bunch for the gift!Aku hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas hadiahnya.

Variasi Membalas Ucapan Terimakasih (Thank You)

Variasi dan cara lain mengucapkan thank you dalam bahasa inggris sudah kalian pelajari di atas, lalu bagaimana cara membalas ucapan terima kasih tersebut?

Yang paling umum dan terlalu biasa adalah you’re welcome. Di SD, SMP, SMA mungkin kalian diajari untuk menjawab dengan balasan seperti itu.

Ucapan membalas thank you tersebut memang tidak salah, hanya saja menurutku terlalu biasa alias membosankan dan terkesan tidak luwes.

Padahal sama dengan variasi thank you di atas, variasi membalas thank you juga ada banyak dan bermacam-macam.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat daftarnya. Bagi yang penasaran bisa mempelajarinya di sini:

Baca:
- Variasi membalas ucapan terima kasih dalam bahasa inggris.

Materi tambahan:
- Cara lain mengucapkan goodbye dalam bahasa inggris.
- Kumpulan kalimat bahasa inggris tersulit dibaca (Tongue Twister)
-----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah beberapa kumpulan variasi dan cara lain mengucapkan terima kasih (thank you) dalam bahasa inggris.

Semoga daftar dan kumpulan di atas bermanfaat dan membantu kalian meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa inggris. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks a lot.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Pak Datuk
admin
November 5, 2019 at 9:36 AM ×

Sejak ketemu blog belajarbahasainggrisonline ini, saya edukasikan langsung ke anak saya untuk baca baca di blog ini. Terima kasih banyak

Congrats bro Pak Datuk you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon