Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2

Advertisement
.
Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2 – Salah satu kalimat pengandaian yang sering digunakan dalam komunikasi menggunakan bahasa inggris adalah conditional sentence type 2, atau sering juga disebut dengan istilah second conditional. Selain conditional sentence type 2, ada juga yang disebut dengan istilah conditional sentence type 0, type 3, dan type 1. Setiap type tersebut merupakan kalimat pengandaian semuanya, yang membedakan hanyalah seberapa mungkin pengandaian itu dapat terjadi.

Sebelumnya saya juga sudah membahas mengenai type 1, jika anda belum mempelajarinya, silahkan pelajari dahulu agar anda mampu memperbandingkan dengan conditional sentence type 2 yang akan segera kita bahas kali ini.

Pelajari:
Conditional sentence type 1.
Conditional sentence type 3.

Kali ini kita akan membahas type 2, kita akan fokus pada pengertian, rumus, dan beberapa contoh kalimatnya yang akan saya berikan kepada anda, berikut ini pembahasan lengkapnya:

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2

Pengertian Conditional Sentence Type 2
Conditional sentence type 2 adalah kalimat pengandaian yang tidak mungkin terjadi dimasa sekarang, atau kemungkinan tersebut sulit untuk terjadi dimasa yang akan datang. Seperti conditional sentence tipe lainnya, conditional sentence type 2 juga terdiri dari kalimat bersyarat (if clause) dan juga main clause, artinya disini harus ada syarat dan nantinya akan ada akibat/hasil dari syarat tersebut.

Contoh:
  • If we lived in Rome, Francesco would visit us. (Jika kita tinggal di Roma, Francesco akan mengunjungi kita) -- If berarti “jika” dengan demikian kenyataannya kita tidak tinggal di Roma, sehingga hal tersebut tidak mungkin terjadi saat ini.
  • If it rained tomorrow, I would sleep all day. (Jika besok hujan, saya akan tidur sepanjang hari.) -- Pada kenyataannya besok belum tentu hujan, sehingga kegiatan yang akan datang untuk tidur sepanjang hari akan sulit terjadi.

Rumus Conditional Sentence Type 2
Untuk menyusun sebuah conditional sentence type 2, kamu bisa menggunakan rumus berikut ini:

If + Simple Past Tense, + Past Future Tense
Atau bisa dibalik menjadi seperti dibawah ini:
Past Future Tense + If + Simple Past Tense

Rumus diatas bisa diperinci lagi jika anda bingung, maka rumus akan menjadi seperti berikut ini:

If + S + Verb 2, + S + would + Verb 1 (bare Infinitive)
Atau
S + would + Verb 1 (bare Infinitive) + If + S + Verb 2
Contoh:
  • If I knew where she lived, I would go and see her. (Jika saya tahu dimana dia tinggal, saya akan pergi dan mengunjungi/melihat dia.)
  • I would go and see her if I knew where she lived. (Saya akan pergi dan mengunjungi/melihat dia, jika saya tahu dimana dia tinggal.)
  • If Budi studied harder, he would pass the exam. (Jika Budi belajar lebih giat, dia akan lulus ujian.)
Advertisement




*Gunakan were untuk semua subjek, termasuk untuk subjek I, he, she, etc. Ini karena dalam conditional sentence lebih umum menggunakan were daripada was (Walaupun jika menggunakan was juga tidak bisa disalahkan).

Contoh:
If I were taller, I would buy this dress. (Jika saya lebih tinggi, saya akan membeli gaun ini.)
If I were you, I would not let her go. (Jika aku menjadi kamu, aku tidak akan membiarkannya pergi.)

*Kamu bisa juga menggunakan could dan might untuk menggantikan penggunaan would ketika anda ingin menyatakan sebuah tingkat kepastian, izin, atau rekomendasi.

Contoh:
He could go to the concert if you gave him your ticket.
If he called me, I couldn't hear.

Lebih Banyak Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2
Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2Arti
If I came home earlier, I would prepare dinner.Jika saya pulang lebih awal, aku akan menyiapkan makan malam.
If Tim and Tom were older, they would play in our hockey team.Jika Tim dan Tom lebih tua, mereka akan bermain di tim hoki.
If they had enough money, they would buy a new car.Jika mereka punya cukup uang, mereka akan membeli mobil baru.
You wouldn't be so tired if you went to bed earlier.Anda tidak akan begitu lelah jika Anda pergi tidur lebih awal.
If the weather weren't so bad, we would go to the park.Jika cuaca tidak begitu buruk, kita akan pergi ke taman
We might buy a larger house if we had more money.Kita mungkin membeli rumah yang lebih besar jika kita memiliki lebih banyak uang.
I would send her an invitation if I found her address.Saya akan mengiriminya undangan jika saya menemukan alamatnya.
If I had a lot of money, I wouldn’t stay here.Jika aku punya banyak uang, saya tidak akan tinggal di sini.
If I were you, I would not do this.Jika aku jadi kau, aku tidak akan melakukan ini.
If I were rich, my life would change completely.Jika saya kaya, hidup saya akan berubah sepenuhnya.
I would invite all my friends if I had a house by the beach.Saya akan mengundang semua teman-teman saya jika saya punya rumah di tepi pantai.

Selanjutnya: Soal latihan conditional sentence type 2.
----
Oke, itulah sedikit ulasan tentang pengertian, rumus, dan contoh kalimat conditional sentence type 2 yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga pembahasan materi diatas bermanfaat dan menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon