Perbedaan Penggunaan Kata Can dan Could

Advertisement
.
Perbedaan Penggunaan Kata Can dan Could – Kedua kata kerja ini merupakan bagian dari kata kerja yang disebut dengan istilah modal auxiliary verbs. Modal auxiliary verbs adalah kata kerja bantu yang memiliki arti sendiri dan digunakan untuk membantu dalam pembentukan karakter tenses. Selain can dan could, masih ada banyak lagi kata kerja yang termasuk dalam modal auxiliary verbs, seperti will, shall, would, should, must, may, dan lain sebagainya. Sebenarnya saya sudah sedikit menyinggung masalah perbedaan penggunaan can dan could ini pada materi sebelumnya, tapi karena kurang lengkap maka saya memutuskan untuk memberikan penjelasan tentang can dan could ini lebih jelas lagi.

Oh iya, bagi yang belum mempelajari materi modal auxiliary verb, silahkan pelajari juga materi tersebut.

Baca: Materi modal auxiliary verbs.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu bagian dari modal auxiliary verbs, yaitu kata kerja bantu can dan could. Nah, berikut ini penjelasannya:

Perbedaan Penggunaan Kata Can dan Could

Penggunaan Kata Kerja Can
Pada dasarnya can dapat digunakan untuk membantu dalam menyatakan sebuah kemampuan, selain itu can juga dapat digunakan untuk membantu dalam menyatakan sebuah permintaan izin atau permohonan.

Contoh dalam menyatakan kemampuan:
  • Budi can speak Arabic well. (Budi bisa berbicara bahasa arab dengan baik.)
  • I can do this job. (Saya bisa melakukan pekerjaan ini.)
  • I can play football. (Saya bisa bermain sepakbola.)
  • Budi can’t speak Arabic. (Budi tidak bisa bicara bahasa arab.)
  • I can’t do this job. (Saya tidak bisa melakukan pekerjaan ini.)
  • I cannot play football. (Saya tidak bisa bermain sepakbola.)
* Penggunaan cannot dan can’t sama saja, can’t merupakan singkatan dari cannot (can + not).
Advertisement




Contoh dalam menyatakan permintaan izin atau permohonan:
  • Can you help me? (Bisakah kau membantu ku?)
  • Can I carry your bag? (Dapatkah saya membawakan tas mu?)
  • Can I stay here for another hour? (Dapatkah saya tetap/tinggal disini untuk set jam?)
  • Can I ask you something? (Boleh saya bertanya padamu sesuatu?)
Baca juga: Penggunaan cannot, can not, dan can't.

Penggunaan Kata Kerja Could
Could pada dasarnya memiliki fungsi seperti halnya can, tapi could digunakan untuk membantu menyatakan kemampuan dimasa lalu. Could dapat juga digunakan untuk meminta izin atau permohonan untuk masa lalu dan masa depan. Selain itu, dalam hal meminta izin atau permohonan, could juga dapat digunakan untuk menggantikan can, karena penggunaan could dianggap lebih sopan (memiliki nilai sopan santun yang lebih tinggi) dari pada menggunakan can.

Contoh dalam menyatakan kemampuan:
  • I could ride a bike, but I couldn’t swim when I was seven years old. (Aku bisa naik sepeda, tapi aku tidak bisa berenang ketika saya berusia tujuh tahun.)
  • We could get there in time if you were driving a bit faster. (Kita bisa sampai di sana tepat waktu jika kamu berkendara sedikit lebih cepat.)
  • We were so near the sea that I could hear the seagulls. (Kami begitu dekat laut sehingga aku bisa mendengar burung-burung camar.)
  • When she was younger, she could work for ten hours without stopping. (Ketika ia masih muda, dia bisa bekerja selama sepuluh jam tanpa henti.)
  • She couldn’t understand what the foreigner was saying. (Dia tidak bisa mengerti apa yang orang asing itu mengatakan.)
* Walaupun could digunakan untuk menyatakan kemampuan dimasa lalu, namun kata kerja utama (ordinary verbs) yang mengikutinya tidak menggunakan verb2 (past), tetapi harus menggunakan verb1 (bare infinitive). Perhatikan contoh diatas, setelah kata could pasti diikuti verb1 (bare infinitive) dan bukan diikuti oleh verb2, hal ini karena setiap kata kerja modal auxiliary verbs hanya bisa di ikuti oleh verb 1 saja.

Contoh dalam menyatakan permintaan izin atau permohonan:
  • Could I ask you something? (Bolehkah saya menanyakan sesuatu padamu?)
  • Could you please do me a favour? (Bisa kau tolong membantu saya?)
  • Could I have some more salad with the meat?
----
Oke, itulah ulasan tentang perbedaan penggunaan kata can dan could yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga pembahasan mengenai perbedaan penggunaan kata can dan could di atas dapat menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonymous
admin
February 7, 2016 at 5:58 PM ×

😄😄Thanks a lot

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon