Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs

Advertisement
.
Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs – Istilah modal auxiliary verb atau sering juga disebut dengan istilah secondary auxiliary verb merupakan salah satu type verb (kata kerja) yang sangat sering digunakan dalam komunikasi bahasa inggris. Kata kerja yang termasuk dalam jenis ini ada banyak, anda pun saya yakin juga sudah pernah mendengar atau menggunakannya karena kata kerja ini sudah umum sekali, hanya saja mungkin anda tidak mengetahuinya bahwa apa yang anda gunakan tersebut sebenarnya merupakan kata kerja yang disebut dengan modal auxiliary verb. Tak masalah jika anda belum mengetahuinya, setelah anda menyimak pembahasan ini sampai selesai anda nantinya juga akan mengetahuinya kok.

Oh iya, sebelumnya saya juga sudah membahas materi yang serupa dengan materi ini, yaitu tentang primary auxiliary verbs. Jika anda belum membacanya, silahkan baca juga untuk melengkapi pemahaman anda.

Baca: Materi primary auxiliary verbs.

Dalam materi kali ini, kita akan fokus membahas mengenai pengertian, fungsi, dan contoh kalimat modal auxiliary verbs. Berikut pembahasannya:

Pengertian Modal Auxiliary Verbs
Pada dasarnya yang dimaksud dengan modal auxiliary verb adalah kata kerja bantu yang memiliki arti sendiri dan akan melengkapi makna dari kata kerja utama (ordinary verb), sehingga kata kerja jenis ini akan membantu dalam memperkuat penjelasan yang terkandung di dalam kata kerja utama. Untuk membantu dalam penjelasan tersebut, modal auxiliary verb selalu diletakkan sebelum kata kerja utamanya, walaupun tidak selalu tepat dibelakang kata kerja utama namun letaknya selalu dibelakang (sebelumnya).

Baca juga: Materi dasar kata kerja.

Kata kerja yang termasuk dalam modal auxiliary verbs ini jumlahnya banyak dengan berbagai fungsi yang berbeda-beda, diantaranya adalah will, shall, would, should, ought to, can, could, must, may, might, dan had better. Kata kerja tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, ada yang berfungsi untuk menjelaskan kemampuan, kemauan, kebutuhan, permintaan izin atau pun kemungkinan, dibawah ini penjelasan lengkapnya.
Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs
Fungsi Modal Auxiliary Verbs
Fungsi Contoh
Can
Can dapat digunakan untuk membantu dalam menyatakan sebuah kemampuan.I can give you some money. (Saya bisa/dapat memberimu sejumlah uang.)
Can juga dapat digunakan untuk membantu dalam menyatakan sebuah permintaan izin atau permohonan.Can I kiss you? (Bolehkah saya menciummu?)
Can you give me some money? (Bisakah kau memberiku sejumlah uang?)
Could
Could pada dasarnya memiliki fungsi seperti halnya can, tapi could digunakan untuk membantu menyatakan kemampuan dimasa lalu.You could do it if you tried. (Kamu bisa melakukannya jika kamu mencobanya)
Could dapat juga digunakan untuk meminta izin atau permohonan untuk masa lalu dan masa depan.Could I use your phone? (Bolehkah saya menggunakan HP kamu?)
May
Modal auxiliary verb yang satu ini dapat digunakan untuk menyatakan seuatu kemungkinan, baik dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang.It may rain this afternoon (Mungkin hujan sore/siang ini.)
The rope may break. (Talinya mungkin putus.)
May ini juga bisa digunakan untuk meminta izin seperti halnya can, tapi penggunaan could akan terlihat lebih sopan daripada can.May I take a swim? (Bolehkah saya berenang)
May I use your phone? (Bolehkah saya menggunakan HP kamu?)
Might
Might juga dapat digunakan untuk menyatakan suatu kemungkinan dimasa sekarang maupun di masa mendatang. Bedanya dengan may, might digunakan ketika sebuah kemungkinan tersebut sulit untuk terjadi/kemungkinan untuk terjadi kecil/suatu hal yang sangat tidak pasti. – untuk menentukan kemungkinan yang mudah terjadi dan kemungkinan yang sulit terjadi, itu tergantung dengan persepsi anda masing-masing.They might have arrived now. (Mereka mungkin telah tiba sekarang.)
I might see you tomorrow. (Saya mungkin menjengukmu besok.)
Might dapat digunakan untuk mengganti penggunaan could karena might terlihat lebih sopan.Might I ask you a question? (Boleh saya bertanya?)
Might I just interrupt for a moment? (Boleh saya menggangu sebentar?)
Will
Will dapat anda gunakan untuk menyatakan sebuah kemauan, permintaan, sesuatu yang akan datang, atau pun suatu prediksi.I will help you. (Saya akan menolongmu)
I will buy that book. (Saya akan membeli buku itu.)
You will regret it when you are older (Kau akan menyesalinya ketika kamu tua.)
Will you stop here, please! (Akankah/maukah kau berhenti disini, tolong!
Would
Penggunaan would sama dengan penggunaan will, hanya saja would terlihat lebih sopan. Selain itu, would juga dapat digunakan untuk menyatakan sebuah kemungkinan serta tindakan yang ingin dilakukan dimasa yang lalu.I said I would help you. (Saya bilang saya akan membantu anda.)
He told me he would be here before 8:00. (Dia bilang padalu dia akan berada disini sebelum jam 8.)
If I were president, I would cut the cost of education. (Jika saya presiden, saya akan memotong biaya pendidikan.)
Shall
Penggunaan shall sama persis dengan will, namun shall hanya bisa digunakan untuk subjek I dan We saja, subjek lainnya seperti he, she, they, you, it dan lain-lain tidak bisa menggunakannya.I shall be there by 8:00. (Saya akan disana jam 8.)
I shall never forget you. (Saya tidak akan pernah melupakanmu.)
Shall we move into the living room? (Haruskah kita pindah ke ruang tamu?)
Should
Should digunakan untuk memberikan rekomendasi, nasehat dan saran.People with high cholesterol should eat low-fat foods. (Orang dengan kolesterol tinggi harus makan makanan rendah lemak.)
You should return the video before the video rental store closes (Kau harus mengembalikan videonya sebelum tokonya tutup.)
Must
Must biasa digunakan untuk menyatakan sebuah kewajiban, larangan, atau pun suatu kebutuhan.Budi, you must not play in the street! (Budi, kamu tidak boleh bermain dijalanan!)
Students must pass an entrance examination to study at this school. (Para siswa harus lulus ujian masuk untuk belajar di sekolah ini.)
Ought to
Ought to dapat anda gunakan untuk menyatakan kemungkinan atau asumsi, memberi saran dan nasehat.This stock ought to increase in value. (Saham ini mungkin akan meningkat nilainya.)
She ought to have received the package yesterday. (Dia seharusnya sudah menerima paketnya kemarin.)
Had better
Had better seringkali digunakan untuk memberikan nasehat yang penting, artinya jika sebuah nasehat diacuhkan maka sesuatu hal akan menjadi gawat. – untuk menentukan mana yang gawat dan mana yang tidak gawat, itu tergantung dengan penilaian anda masing-masing.You had better watch the way you talk to me in the future! (Anda sebaiknya melihat cara Anda berbicara dengan saya di masa depan!)
They had better not be late. (Mereka sebainya tidak terlambat.)
Advertisement




Lebih Banyak Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verbs
Setelah anda paham dengan pengertian dan fungsi modal auxiliary verbs, untuk memperdalam pemahaman anda maka ada baiknya perhatikan beberapa contoh kalimat modal auxiliary verbs dibawah ini:
Contoh kalimat modal auxiliary verbArti
I can ride a horse.Saya bisa naik/mengendarai kuda.
I can speak Chinese.Saya bisa berbicara bahasa cina.
Could I use your computer to email my boss?Bolehkah saya menggunakan komputermu untuk mengirimkan email ke bos saya?
If I had more time, I could travel around the world.Jika saya memiliki lebih banyak waktu, saya bisa berkeliling dunia.
Jack may get upset if you don't tell him the truth.Jack mungkin marah jika Anda tidak mengatakan yang sebenarnya.
Your purse might be in the living room.Dompet kamu mungkin berada di ruang tamu.
He thinks it will rain tomorrow.Dia piker akan hujan besok.
When I was a kid, I would always go to the beach.Ketika aku masih kecil, aku akan selalu pergi ke pantai.
We shall overcome oppression.Kami akan mengatasi penindasan
You really should start eating better.Kamu benar-benar harus mulai makan dengan baik.
Sarah shouldn't smoke so much. It's not good for her health.Sarah tidak boleh merokok begitu banyak. Ini tidak baik untuk kesehatannya.
You must not swim in that river. It's full of crocodiles.Anda tidak boleh berenang di sungai itu, sungai itu penuh buaya.
Tria ought to exercise more.Tria harusnya berolahraga lebih banyak.
You ought to stop smoking.Kamu harus berhenti merokok.
They had better be here before we start dinner.Mereka sebaiknya berada disini sebelum kita mulai makan malam.

Selanjutnya, baca juga: Materi ordinary verbs.
----
Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian, fungsi, dan contoh kalimat modal auxiliary verbs yang dapat saya berikan. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
October 17, 2019 at 8:56 PM ×

Mantull

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon