Pengertian Dan Contoh Adjective Phrase (Frase Kata Sifat)

Advertisement
.
Pengertian Dan Contoh Adjective Phrase (Frase Kata Sifat) – Untuk memahami apa yang dimaksud dengan adjective phrase kita harus paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan phrase dan adjective. Yang dimaksud dengan Phrase sendiri adalah suatu rangkaian kata-kata yang tidak berpola subject dan verb, sedangkan untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan adjective, kalian dapat membaca materi adjective yang telah saya posting sebelumnya.

Pengertian Adjective Phrase
Telah disebutkan bahwa phrase adalah rangkaian kata yang tidak berpola subject dan verb, jika kita kaitkan dengan adjective maka yang pengertian dari adjectiv phrase adalah rangkaian kata yang tidak berpola subject dan verb dimana inti (head) dari rangkaian kata-kata tersebut terletak pada adjective (kata sifat). Dalam hal ini pada dasarnya secara umum bahwa yang diterangkan adalah kata sifatnya (adjective), jadi tujuan membentuk adjective phrase adalah untuk memberikan deskripsi yang lebih terhadap adjective.

Baca materi Adjective

Untuk lebih mudahnya dalam menyusun rangkaian kata-kata adjective phrase, kalian dapat menggunakan susunan kata sebagai berikut : Adv + Adj

Pengertian Dan Contoh Adjective Phrase (Frase Kata Sifat)

Keterangan :
Adv : Adverb (kata keterangan)
Adj : Adjective (kata sifat)

Susunan tersebut dapat digunakan untuk kata apapun, namun pengecualian untuk penggunaan kata “enough = cukup”. Jika kita ingin menggunakan kata “enough” maka susunannya diubah seperti ini : Adj + Enough. Sebagai contoh, bandingkan kedua adjective phrase dibawah ini :
  • Very smart  (sangat pintar)
  • Smart enough (cukup pintar)
Smart adalah adjective, sedangkan very dan enough adalah adverb, perhatikan bagaimana susunannya telah berubah.

Penggunaan Adjective Phrase
Dalam penggunaannya, adjective phrase dapat digunakan untuk menerangkan noun ataupun tidak. Jika adjective phrase digunakan untuk menerangkap/mendeskripsikan noun disebut Attributive Adjective, sedangkan jika tidak digunakan untuk menerangkan noun disebut Predicative Adjective. Sebenarnya membedakannya antara dua jenis tersebut sangat gampang, kita hanya tinggal melihat apakah setelah adjective phrase diikuti oleh noun atau tidak, jika diikuti oleh noun maka Attributive Adjective, sedangkan jika tidak diikuti oleh noun maka Predicative Adjective.

Contoh :
Predicative Adjective
  • She is really beautiful (Dia sungguh cantik)
  • They are extremely smart (Mereka benar-benar pintar)
  • I am so Handsome (Saya begitu tampan)
Advertisement




Sekarang bandingkan dengan Attributive Adjective seperti yang dicontohkan dibawah ini
  • She is a really beautiful girl (Dia gadis yang sungguh cantik)
  • They are extremely smart people (Mereka orang-orang yang benar-benar pintar)
  • I am a so handsome man (Saya pria yang begitu tampan)
Khusus untuk Attributive Adjective, misalkan kita ambil contoh yang pertama, yang dimaksud dengan adjective phrase adalah “really beautiful” bukan “really beautiful girl”, ini hanyalah penggunaan untuk mendeskripsikan noun saja. Jika “really beautiful girl” maka akan menjadi noun phrase bukannya adjective phrase. Ingat saja susunan kata untuk menyusun adjective phrase yaitu Adv + Adj.

Contoh Adjective Phrase
Berikut adalah beberapa tambahan untuk contoh adjective phrase
Adjective PhraseArti
Rather fussyAgak cerewet
Always lateSelalu terlambat
Too fastTerlalu cepat
Totally tiredBenar-benar capek
Lazy enoughCukup malas
Highly deliciousAmat sangat lezat
Strongly dangerousSangat berbahaya
Very darkSangat gelap
Quite beautifulBegitu cantik
Terribly priceySangat mahal

Sekarang saatnya kalian mencari dan membuat sendiri adjective phrase, contoh-contoh diatas dapat dijadikan patokan oleh temen-temen. Jika belum paham betul tentang adverb dan adjective, silahkan dipelajari terlebih dahulu karena kedua hal tersebut sangat penting untuk menyusun adjective phrase.

Selanjutnya, baca juga materi adjective clause.

Baik, sekian materi yang dapat saya bagikan, semoga dapat menambah wawasan teman-teman semuanya. Jangan lupa untuk terus berlatih.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
May 9, 2016 at 10:32 PM ×

Makasih.. Sangat membantu:)

Congrats bro Angela Sinaga you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon