Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adjective Clause

Advertisement
Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adjective Clause – Satu lagi bagian penting dalam komunikasi bahasa inggris adalah clause. Saya selalu mengatakan kepada teman, saudara, atau kepada adik tercinta saya bahwa dalam bahasa inggris terdapat materi-materi yang dapat menghambat komunikasi jika tidak dipelajari. Maksudnya, jangan berpindah materi jika belum menguasainya, jangan mempelajarinya sebelum anda siap mempelajarinya. Prinsip belajar itu bagi saya santai, tapi juga harus serius dan konsisten, bertahap adalah cara yang paling mudah. Nah, salah satu materi yang penting juga untuk dipelajari adalah clause, dan dalam postingan kali ini akan diulas mengenai pengertian, rumus, dan contoh kalimat adjective clause.

Adjective clause sebenarnya sangat sederhana, namun sering membuat orang kebingungan, ada hal-hal yang perlu anda perhatikan dengan seksama.

Pengertian Adjective Clause
Intinya yang dimaksud dengan adjective clause atau sering disebut relative clause adalah suatu anak kalimat yang difungsikan sebagai adjective. Lebih lanjut, adjective clause adalah dependent clause (susunan kata yang belum dapat dikatakan sebagai kalimat karena maknanya masih mengambang) yang difungsikan sebagai adjective (kata sifat) untuk menjelaskan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti). Untuk menghubungkan antara adjective dan noun atau pronoun yang dijelaskan, maka diperlukan sebuah relative pronoun (who, whom, whose, that, or which) atau relative adverb (when, where,or why).

Sebagai contoh:
  • The boy who sits in that chair is Budi.
  • The book which I bought is expensive.
Perhatikan kata-kata yang saya garis bawahi diatas, itulah adjective clause.

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adjective Clause

Rumus Adjective Clause
Untuk membentuk adjective clause, tidak ada rumus yang pasti yang dapat digunakan selalu, karena nanti ketika akan menggunakan relative pronoun atau relative adverb akan berbeda-beda. Yang pasti, bahwa adjective clause selalu mengikuti noun atau pronoun yang sedang dijelaskan. Nah, yang perlu anda perhatikan sebenarnya adalah penggunaan relative pronoun dan relative adverb nya, perhatikan tabel di bawah ini:
Relative Function Example
Who Untuk menggantikan subyek orang (I, you, we, they, she, he, Budi (nama orang). Setelah kata who, selalu diikuti oleh verb (kata kerja)The student who studies in EnglishOnline is smart.
Whom Untuk menggantikan obyek (me, you, us, them, her, him, Budi). Setelah kata whom, selalu diikuti oleh subjek.The student whom I teach is Budi.
Whose Untuk menggantikan kepemilikan (my, your, our, their, her, his, its, Budi’s). setelah kata whose, selalu diikuti oleh noun (kata benda).The student whose car is red is Agus.
Which Sama seperti who dan whom, hanya saja which digunakan untuk benda dan atau binatang.Pizza, which most people love is not healthy.
Where Untuk menjelaskan tempat.The building where you stay is large.
When Untuk menjelaskan waktu.The day when you went away is Monday.
Why Untuk menjelaskan alasan.Give me the reason why you study in EngllishOnline.
Advertisement




Lebih Banyak Contoh Kalimat Adjective Clause
Oke, setelah anda paham dengan pengertian adjective clause dan rumus adjective clause, kini saatnya anda mencermati beberapa contoh kalimat adjective clause dibawah ini:
Contoh Kalimat Adjective ClauseArti
The carpets which you bought last year have gone moldy.Karpet yang kamu beli tahun lalu telah jamuran.
I still remember the place where I put my key.Saya masih ingat tempat dimana saya meletakkan kunci saya.
Students who are intelligent get good grades.Para siswa yang cerdas mendapatkan nilai bagus.
The people whose names are on the list will go to camp.Orang-orang yang namanya ada di daftar akan pergi ke kamp.
Fruit that is grown organically is expensive.Buah yang tumbuhnya secara organik mahal.
Making noise when he eats is the main reason why She doesn't like to eat with her brother.Membuat kebisingan ketika ia makan adalah alasan utama mengapa Dia tidak suka makan dengan kakaknya.
The books, which are lost, are not really necessary.Buku-buku, yang hilang tidak benar-benar diperlukan.
The girl who is running is my best friend.Gadis yang sedang berjalan adalah teman terbaik saya.
The book that is on the chair belongs to Jane.Buku yang ada di kursi milik Jane.
The reason why I left is a secret.Alasan kenapa saya pergi adalah rahasia.
I like pizza,which is also the favorite of my sister.Saya suka pizza, yang juga merupakan favorit saudara saya.

Untuk selanjutnya, cobalah untuk membuat contoh kalimat adjective clause versi anda, kemudian share kepada saya dan kepada para pembaca lainnya lewat kotak komentar yang tersedia dibawah.

Baca juga: materi adjective phrase.

Tanda Baca “Koma” Pada Adjective Clause
Ada suatu aturan yang mewajibkan suatu adjective clause menggunakan koma dan tidak menggunakan koma. Ketika informasi yang terkandung dalam clause berisi informasi yang material atau penting, maka jangan menggunakan koma. Sebaliknya, jika informasi dalam clause tidak material atau tidak penting, maka gunakanlah tanda koma untuk memberi jeda.

Sebagai contoh:
  • Pizza which most people love is not healthy.
  • The books, which are lost, are not really necessary.
  • My brother, who claimed to have a limp, sprinted after the bus.
Dalam menentukan apakah material atau tidak, penting atau tidak, itu semuanya terserah dengan penilaian anda masing-masing. Setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda, namun setidaknya anda paham bahwa ada atau tidak tanda baca dalam tulisan (jeda dalam bicara) akan memberitahu anda apakah informasi tersebut penting atau tidak. Dalam konteks dan kondisi tertentu, mungkin hanya anda dan lawan bicara yang tahu penting dan materialkah informasi yang dibicarakan.

Selanjutnya: Latihan soal adjective clause.
---
Okay, mungkin hanya itu saja ulasan pengertian, rumus, dan contoh kalimat adjective clause yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan mengenai pengertian, rumus, dan contoh kalimat adjective clause diatas dapat memberikan anda wawasan, pengetahuan, dan pemahaman yang lebih banyak.
Advertisement
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
September 12, 2016 at 12:45 AM ×

sungguh membantu sekali artikel ini,terimaksih .kualitas aritikel bagusan ini daripada artkel no1,seharusnya yang ini yang no1

Reply
avatar
September 13, 2016 at 9:46 AM ×

Terimakasih kembali, agan =D

Oh iya, lain kali kalo mau koment pake nama sebenarnya ya, biar yg lainnya enggak risih, thanks.

Reply
avatar
Ara
admin
December 25, 2016 at 6:41 AM ×

Berikan contoh kalimat relative clause dengan menggunakan "how"

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon