Pengertian & Contoh Kalimat Comparative dan Superlative Bahasa Inggris

Advertisement
.
Pengertian & Contoh Kalimat Comparative dan Superlative Bahasa Inggris – Hai kawan-kawanku ENGLISH ONLINE, jumpa lagi di blog sederhana ini, masih semangat belajar bahasa inggris kan? Ku harap masih, karena bahasa inggris merupakan kebutuhan kita saat ini >>> Oke, sesuai judul di atas, materi kita kali ini akan membahas tentang comparative dan superlative, lebih tepatnya pengertian dan contoh kalimatnya. Dalam komunikasi bahasa inggris, comparative dan superlative ini cukup sering digunakan, anda pasti pernah mendengar atau membaca kata “faster” dan “fastest”. Benar, dua kata itu juga termasuk comparative dan superlative. Dua kata di atas berasal dari satu kata yaitu “fast” yang artinya adalah “cepat”.

Kata fast belum akan menjadi comparative ataupun superlative jika belum dimodifikasi, kalau fast dimodifikasi dengan ditambah akhiran –er menjadi faster (lebih cepat) maka sudah dapat disebut comparative. Begitu juga jika dimodifikasi dengan ditambahkan akhiran –est menjadi fastest (tercepat) maka sudah dapat dikatakan superlative. Itulah gambaran sederhana dari apa yang dimaksud dengan comparative dan superlative. Lebih jelasnya akan diulas berikut ini:

Pengertian Comparative dan Superlative
Anda bisa memaknai comparative sebagai sesuatu yang digunakan untuk membandingkan sesuatu, bisa membandingkan orang, benda, binatang, dan hal-hal lainnya. Kalau dari contoh di atas, faster (lebih cepat) merupakan kata yang digunakan untuk membandingkan, misalnya kalimat seperti ini “I can run faster than you.” Dari kalimat tersebut sudah jelas, membandingkan antara aku yang lari lebih cepat daripada kamu.

Baca juga: Pengertian dan contoh kalimat Quantifier.

Sedangkan yang dimaksud dengan superlative adalah sesuatu yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang “paling” atau yang “lebih” dari segalanya, bisa yang bermakna terbaik, terburuk, terpintar, terbodoh, dan sebagainya. Kalau dari contoh di atas, fastest berarti tercepat dari yang lainnya.

Pengertian & Contoh Kalimat Comparative dan Superlative

Modifikasi kata menjadi comparative dan superlative ini bisa dilakukan terhadap adjective (kata sifat) maupun adverb (kata keterangan). Selain itu, tidak selamanya comparative dan superlative itu akan diakhiri dengan tambahan –er dan –est seperti pada kata faster dan fastest di atas, namun ada saatnya di mana comparative dan superlative akan diawali oleh kata more (untuk comparative) dan most (untuk superlative). Agar tidak bingung, lihat cara pembentukannya dibawah ini.

Cara Membentuk Comparative dan Superlative
Suatu kata bisa dimodifikasi menjadi comparative dan superlative jika kata tersebut difungsikan sebagai adjective ataupun adverb? Perhatikan 4 contoh kalimat yang menggunakan comparative dan superlative dibawah ini:
  1. My sister is taller than me. (comparative – adjective)
  2. She works harder than me. (comparative – adverb)
  3. My sister is the tallest in our family. (superlative – adjective)
  4. She works the hardest of all students. (superlative – adverb)
Perhatikan benar-benar contoh di atas sebelum lanjut membaca, bedakan antara penggunaan sebagai adjective dan adverb. Jika sebagai adjective, kata kerja yang digunakan berupa be (is, am, are, was, were, etc..). sedangkan sebagai adverb, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja selain be, bisa work, study, go, wait, dan sebagainya, pokoknya selain be aja. Dalam hal ini saya anggap anda sudah paham dengan kata kerja.

Belum paham? Pelajari dulu: Materi kata kerja.

Perhatikan dengan seksama aturan dalam membentuk comparative berikut ini:
  • Jika kata sifat (adjective) memiliki satu suku kata, maka tambahkan akhiran –er. Contoh: My sister is taller than me. Jika kata sifat terdiri dari consonant + vowel + consonant, gandakan huruf terakhirnya kemudian baru tambahkan akhiran –er. Contoh: big – bigger, hot – hotter.
  • Jika kata sifat memiliki dua atau lebih suku kata, maka tambahkan kata more didepannya. Contoh: Russian grammar is more difficult than English grammar.
  • Jika kata sifat memiliki dua suku kata dan diakhiri huruf “y”, maka hilangkan “y” nya dan tambahkan akhiran –ier. Contoh: grammar is easier than speaking. Namun jika kata keterangan, “y” tak perlu dihilangkan dan tambahkan kata more di depannya. Contoh: She ran more quickly than me.
  • Jika kata keterangan (adverb) terdiri dari satu suku kata maka cukup tambahkan –er. Contoh: She works harder than me.
  • Jika kata keterangan terdiri dari dua atau lebih suku maka, cukup tambahkan more di depannya. Contoh: I drive more quickly than my brother.
Advertisement




Aturan dalam membentuk superlative:
  • Jika kata sifat terdiri dari satu suku kata, maka tambahkan –est dan di dahului dengan “the”. Contoh: My sister is the tallest in our family. Jika kata sifatnya terdiri dari consonant + vowel + consonant, maka gandakan huruf terakhirnya. Contoh: big – bigger, hot – hotter.
  • Jika kata sifat memiliki dua suku kata dan huruf terakhir adalah “y” maka ganti “y” nya menjadi –iest yang didahului dengan “the”. Contoh: She's the luckiest person I know. Tapi jika adverb, tak perlu ditambah –iest, cukup ditambah dengan “the most” di depannya. Contoh: my father drives the most quickly.
  • Jika adjective dengan 2 atau lebih suku kata, maka tambahkan “the most” di depannya. Contoh: Albert Einstein was the most intelligent person in history. Terkadang ada pula kata sifat yang memiliki dua suku kata namun tidak perlu tambahan “the most”, contoh: simple-simplest, clever-cleverest, narrow-narrowest. Dalam hal ini, jika anda tidak yakin mau menggunakan the most atau tidak, anda harus membuka kamus untuk memastikannya.
  • Jika kata keterangan terdiri dari satu suku kata, maka tambahkan akhiran –est dan dahului dengan “the”. Jika kata keterangan terdiri dari dua atau lebih suku kata, maka tambahkan the most.
*Note: hati-hati dengan comparative dan superlative yang irregular, artinya tidak beraturan di mana tidak mengikuti aturan yang disebutkan di atas. Contohnya di bawah ini:
Words Comparative Superlative
GoodBetterThe best
BadWorseThe worst
FarFurther / fartherThe furthest / farthest
LittleLessThe least
MuchMoreThe most
Lebih Banyak Contoh Kalimat Comparative dan Superlative
Comparative/superlativeContoh kalimatnya
The worstToday is the worst day I've had in a long time.
LessThis car is less expensive than that one.
The largestMy house is the largest one in our neighborhood.
SmallerThis box is smaller than the one I lost.
The most irritatingYou are the most irritating person I have ever met!
The easiestWhich do you think is the easiest language to learn?
More enjoyableI find maths lessons more enjoyable than science lessons.
NewerThis fax machine is newer than that one.
More popularThe manager wants to be more popular than the previous one.
HotterEgypt is much hotter than Japan.
BetterThe first poem was better than the second.
More efficientThis course of action is more efficient than the previous one.
CuterShe was cuter than Mary.
Most difficultThe test is the most difficult one of the semester.
----
Gimana, sudah pahamkah? Pelajari pelan-pelan ya, kalau perlu diulang-ulang juga tak masalah. Oke ya, itu saja ulasan tentang pengertian & contoh kalimat comparative dan superlative yang dapat saya berikan kepada anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar! Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon