Perbedaan Penggunaan Specially dan Especially

Advertisement
Perbedaan Penggunaan Specially dan Especially – Masih bingung ya masalah penggunaan specially dan especially? Tidak apa-apa dan tak perlu malu, namanya saja lagi belajar. Saya dulu ketika pertama kali belajar bahasa inggris juga sempet bingung kok dengan kedua kata tersebut. Tapi kini saya sudah paham mengenai penggunaan kata-kata tersebut, dan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan dengan anda semuanya. Yang perlu anda pahami, pertama, baik especially maupun specially adalah sama-sama adverb (kata keteranga) yang memiliki arti terutama/khusus. Walaupun secara umum memiliki arti yang sama, namun tentu saja kedua kata tersebut memiliki penggunaan yang berbeda, artinya kaidah dan aturan penggunaannya juga berbeda.

Umumnya kata especially lebih sering digunakan, karena kondisi dan situasi yang membuatnya tepat untuk digunakan. Walaupun begitu, kata specially pun cukup sering digunakan pada kondisi-kondisi tertentu. Nah kondisi-kondisi seperti apakah yang tepat untuk menggunakan especially dan specially, simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Penggunaan Specially dan Especially

Penggunaan Especially
Pada dasarnya kata especially sering digunakan untuk memberikan suatu penekanan, yang cenderung bermakna “khususnya” atau bermakna suatu hal “di atas atau lebih penting dari yang lainnya”, dan biasanya penekanan ini ditandai dengan digunakannya koma dalam kalimat.

Agar anda lebih paham, saya berikan contoh dalam bahasa Indonesia, misalkan kalimat seperti ini “mereka terlihat sangat cantik sekali, terutama Desi”, dalam kalimat ini yang di maksud dengan “mereka” salah satunya adalah Desi, dan Desi lah yang paling cantik di antara mereka.

Perhatikan contoh dalam bahasa inggris berikut ini:
  • I love the winter, especially when it snows. (Saya suka musim dingin, terutama ketika turun salju.)
  • The boys prefer to choose comic than novel, especially Budi. (Para lelaki lebih memilih komik daripada novel.)
Dari kedua contoh diatas, bisa dipahami kenapa menggunakan especially? Yap, karena ada “sesuatu” yang lebih utama dari yang lainnya, atau sesuatu itu lebih “condong atau dominan” daripada yang lainnya.

Penggunaan Specially
Specially ini bisa digunakan untuk menunjukkan suatu tujuan khusus tertentu. Dan penggunaan specially ini tidak perlu menggunakan koma. Misalkan kalimat seperti ini ‘saya jauh-jauh datang kesini khusus untuk menemuimu”, jelas dari kalimat tersebut ada sebuah tujuan tertentu, yaitu untuk menemui seseorang yang dimaksud diatas.
Advertisement




Contoh:
  • I made this software specially for children. (Saya membuat software ini khusus untuk anak-anak.)
  • I brought my brother specially to see the winter in Minnesota. (Aku membawa Saudaraku khusus untuk melihat musim dingin di Minnesota.)

Yang Perlu Diperhatikan Juga
Jika specially dan atau especially diletakkan/digunakan sebelum adjective (kata sifat) maka akan bermakna “sangat” atau “begitu” yang intinya lebih dari “normal”. Dalam hal ini penggunaan especially dan specially sama saja, walaupun especially lebih umum digunakan.

Contoh:
  • That is especially/specially  radical idea. (Itu adalah ide yang sangat-sangat radikal.)
  • The food was especially/specially delicious. (Makanannya sangat-sangat lezat.)
  • This vocabulary isn't especially/specially difficult. (Kosakata ini tidaklah begitu sulit.)
Jangan gunakan especially dan specially dalam mengawali sebuah kalimat, artinya jangan menggunakan kedua kata tersebut diawal kalimat. Tapi jika anda benar-benar harus menggunakannya, maka gunakanlah “in particular” sebagai gantinya.

Contoh:
  • I love watching films. In particular, I really like horror films. (Saya suka nonton film. Khususnya, saya sungguh suka film horor.)
  • I enjoyed visiting japan. In particular, I loved Tokyo. (Saya meningkati berkunjung di Jepang. Khususnya, saya menyukai Tokyo.)

Lebih Banyak Contoh Especially dan Specially
Especially Specially
She can't be sure she will win, especially at this early stage of the campaign.I rented this horror film specially for Halloween.
The appetizers, and especially the soup were delicious.These houses were specially built for small families.
I love watching films, especially horror.I had my hair cut specially for the job interview.
Adi is really good at English, especially the grammar.My sister is allergic to nuts, so her food is always specially prepared.
Everyone was really angry, especially Shanti.The speech was written specially for the occasion.
You shouldn't smoke, especially if you are pregnant.I don't want to be treated specially.

----
Itulah sedikit ulasan mengenai perbedaan penggunaan specially dan especially yang dapat saya berikan kepada anda. semoga pembahasan tentang perbedaan penggunaan specially dan especially diatas dapat membantu dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon