Pengertian, Rumus, Dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Advertisement
Pengertian, Rumus, Dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense – Salam sejahtera kawanku semuanya, materi kali ini masih dalam kaitannya seputar Present Tense. Relevan dengan judul materi ini, bahwa dalam materi ini terdapat tiga pokok pembahasan yang akan dibahas yang meliputi pengertian, rumus dan contoh kalimat present perfect continuous tense. Langsung saja, yang pertama kita bahasa terlebih dahulu adaalah pengertian present perfect continuous tense.

Pengertian Present Perfect Continuous Tense
Present Perfect Continuous Tense adalah sebuah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan atau mengungkapkan suatu aktifitas atau kejadian yang telah dilakukan sebelumnya, namun hingga sekarang/saat ini aktifitas atau kejadian tersebut masih berlangsung. Jadi jika kita melakukan suatu aktifitas atau kejadian dimasa lampau (bisa dahulu kala, beberapa tahun yang lalu, kemarin, beberapa jam yang lalu, atau beberapa menit yang lalu) dan aktifitas atau kejadian yang kita lakukan tersebut masih berlangsung (masih kita lakukan) sampai saat ini, maka hal tersebutlah yang dimaksud sebagai present perfect continuous tense.

Sebagai contoh awal, “Putri  has been living in Aceh for two years” (Putri telah tinggal di Aceh selama dua tahun), dari contoh tersebut dapat kita lihat bahwa apa yang Putri lakukan sebelumnya adalah “tinggal di Aceh”, dan aktifitas atau kejadian tinggal di Aceh tersebut masih dilakukan hingga saat ini.

Pengertian, Rumus, Dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Time signals :
  • Since (sejak)
  • For (selama)
Rumus Present Perfect Continuous Tense
Rumus yang digunakan dalam tense ini adalah sebagai berikut :

S + have/has + been + Verb.ing

Keterangan :
S adalah subjek, subjek sendiri dapat berupa noun, pronoun, ataupun noun phrase. Verb.ing (Present Participle) adalah verb1 dengan tambahan “ing”. Sedangkan penggunaan have atau has tergantung dengan subjeknya, coba kalian perhatikan tabel dibawah ini :
SubjekHave/has
IHave
YouHave
HeHas
SheHas
ItHas
WeHave
TheyHave
BoyHas
BoysHave
Shinta (nama orang)Has
Budi (nama orang)Has
Etc…
Advertisement




Penggunaan have/has emang butuh kehati-hatian yang lebih, apalagi jika subjek berupa irregular-plural (jamak tak beraturan), jadi kalian harus benar-benar dapat membedakan mana subjek yang menggunakan have, dan mana subjek yang menggunakan has.

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense
Oke, setelah kalian mempelajari pengertian dan rumus present perfect continuous tense, kini cobalah cermati beberapa contoh kalimat present perfect continuous tense dibawah ini :
Contoh kalimat present perfect continuous tenseArti
My father has been repairing my car for two hours.Ayah saya telah memperbaiki mobiku selama dua jam.
They have been discussing a problem since 8.00 a.m.Mereka telah mendiskusikan/membahas sebuah masalah sejak jam 08.00.
We have been working here since 2012.Kami telah bekerja disini sejak 2012.
Budi and Yusuf have been living in boarding house for two years.Budi dan Yusuf telah tinggal di kost selama dua tahun.
My cute Teacher has been teaching me English since last month. Guru saya yang imut telah mengajar/I saya bahasa inggris sejak bulan lalu.
The jawa festival has been starting since yesterday.Festival jawa telah dimulai sejak kemarin.
I have been watching TV for five hours.Saya telah menonton TV selama lima jam.
Usman has been painting his bedroom since yesterday morning.Usman telah mengecat kamar tidurnya sejak kemarin pagi.
The girls have been being in the class for a hour.Para gadis telah berada dikelas selama satu jam.
Mathematics has been being the most difficult subject since long time ago.Matematika telah menjadi subjek/mata pelajaran yang paling sulit sejak dahulu.

Catatan :
Ketika tidak ada kata kerja utama, maka untuk verb.ing gunakanlah “being” (be + ing), seperti pada dua contoh kalimat terakhir diatas. Nah, dalam hal ini kalian harus paham mengenai kata kerja utama dan kata kerja bantu.

Pelajari selengkapnya kata kerja.

Setelah kalian mempelajari semua materi pengertian, rumus dan contoh kalimat present perfect continuous tense diatas, kini saatnya teman-teman latihan mengerjakan soal present perfect continuous tense.

Latihan soal present continuous tense

Oke, sekian materi yang dapat saya berikan. Semoga materi diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman, jangan sungkan untuk memberikan tanggapan kalian tentang materi ini pada kotak komentar yang tersedia dibawah, selebihnya saya mohon maaf.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon