Perbedaan Sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
.
Perbedaan Sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms Dalam Bahasa Inggris – Kalau kalian komunikasi menggunakan bahasa indonesia, tentunya sering menggunakan sapaan mas, mbak, dek, om, tante, bapak, ibu, dan sebagainya, dan sapaan tersebut akan kalian gunakan sesuai dengan siapa kalian menyapa/berbicara, betul tidak? Sama halnya dengan sapaan bahasa indonesia, dalam bahasa inggris pun akan disesuaikan dengan siapa kalian menyapa.

Dalam bahasa inggris, dikenal sapaan berupa Mr, Mrs, Miss, dan Ms, keempat sapaan tersebut sudah jelas penggunaannya akan berbeda. Hati-hati, kalau kalian salah menggunakan sapaan, bisa jadi orang yang kalian sapa tersebut akan marah. Contoh, kalau dalam bahasa indonesia, seorang laki-laki akan marah ketika kalian panggil mbak atau tante, seorang gadis mungkin akan marah atau tersinggung ketika kalian panggil dengan sapaan tante atau ibu.

Nah, begitu pula dalam bahasa inggris di mana kalian musti hati-hati ketika menggunakan sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms. Namun perlu digaris bawahi pula, tidak seperti dalam bahasa indonesia, sapaan bahasa inggris tersebut bersifat formal, artinya kebanyakan hanya digunakan di lembaga pendidikan, institusi formal, undangan, atau ketika berbicara/menyebut nama orang terhormat, dan sebagainya.

Nah, biar semuanya jelas, kita langsung saja pada pokok pembahasan. Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Bedanya shop dan store.

Perbedaan Sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Mr. (Dibaca Miste;)
Sapaan Mr. memiliki arti tuan/bapak, dan hanya digunakan untuk menyapa laki-laki saja. Biasanya penggunaannya diletakkan di depan nama keluarga, jadi misalnya namanya James Bond maka akan disapa Mr. Bond. Tidak semua laki-laki pantas kalian panggil dengan sapaan Mr karena hanya digunakan pada hal-hal tertentu saja, misalnya kalian menyapa guru laki, dosen laki, menulis undangan dan email kepada orang laki-laki, menyapa pejabat pemerintah, kepada orang yang bener-bener dihormati dan lebih tua, dan sebagainya.

Kalau kalian menyapa teman dekat dengan embel-embel Mr, mereka biasanya akan menolak keras, pasalnya memang akan sangat aneh. Walaupun teman kalian lebih tua sekalipun, jangan pernah memanggilnya dengan Mr, cukup namanya saja.

Contoh penggunaan Mr.:
  • Mr. Brown is my teacher.
  • Mr. Derick was nominated for mayor.
  • May I speak to Mr. Jack?
  • Let me introduce you to Mr. Murata.
Penggunaan Mrs. (Dibaca Misez)
Mrs artinya adalah nyonya, penggunaan Mrs sama dengan penggunaan Mr, hanya saja Mrs hanya digunakan untuk wanita yang sudah menikah, jika wanita tersebut belum menikah jangan dipanggil dengan Mrs, bisa jadi dia akan marah atau tersinggung. Mirip sekali dengan Mr, tidak semua wanita menikah pantas kalian panggil dengan Mrs, kalau sudah akrab ngapain dipanggil Mrs. Cukup untuk guru, dosen, orang terhormat, dan sebagainya saja.
Advertisement




Untuk peletakannya, ketika digunakan letakkan Mrs di depan nama keluarga suaminya/ nama belakang suaminya. Misalnya gini, ada wanita bernama Kate Madison dan menikah dengan James Bond, maka untuk wanita tersebut sapaannya menjadi Mrs. Bond, bukan Mrs. Madison.

Contoh penggunaan Mrs:
  • Good morning Mrs. Marsh!
  • Mrs. Raynold had been like second parent to Carmen since she was a child.
  • Mrs. Harzt is my favorite lecturer.
Penggunaan Miss (Dibaca Mis)
Berbeda dengan Mrs, kalau miss artinya nona, ini digunakan untuk wanita yang belum menikah. Saya jamin, kalau kalian memanggil wanita belum menikah dengan Mrs, pasti orangnya akan sangat tersinggung. Akan tetapi, untuk wanita muda yang sudah menikah, dalam beberapa kasus bisa dipanggil dengan Miss karena sapaan miss ini mencerminkan umur yang masih muda. Contohnya guru atau dosen yang masih muda banget, baik sudah menikah maupun belum menikah bisa dipanggil dengan Miss.

Sama dengan sapaan lainnya, Miss juga hanya untuk suasana formal, peletakannya pun di depan nama keluarga.

Contoh penggunaan Miss:
  • Miss. Tania is an Auditor.
  • Miss. Robin goes to work at 9:00 a.m.
  • Miss Tria’s company was very successful.
Penggunaan Ms. (Dibaca Mez)
Ini artinya adalah nyonya atau bisa juga nona, bisa digunakan untuk wanita yang sudah menikah maupun belum, baik muda maupun tua. Kalau tadi Miss bisa digunakan pula untuk wanita menikah namun harus masih muda, kalau Ms ini bisa digunakan untuk wanita yang sudah maupun belum menikah baik muda maupun tua.

Ms lebih aman digunakan ketika kalian baru pertama kali berbicara dengan seseorang karena kalian belum tau statusnya. Ms juga biasa digunakan untuk wanita tua yang belum menikah.

Catatan Kaki
Bagaimana dengan janda, harus pakai apa? Well, ini tergantung dengan si janda tersebut, beberapa wanita ada yang ingin dipanggil dengan Ms ataupun dengan Mrs. Ketika suaminya meninggal, ada beberapa wanita yang masih menginginkan untuk disapa dengan Mrs dikuti nama belakang suaminya. Namun, untuk wanita yang bercerai, kebanyakan ingin dipanggil dengan Mrs diikuti dengan nama keluarganya, bukan nama belakang suaminya.

Oh iya hampir lupa, ketika menggunakan sapaan dalam bahasa inggris tersebut baik Mr, Mrs, Miss, dan Ms, kalian wajib menambahkan namanya, jadi tidak boleh memanggil hanya Mr. doang, hanya Mrs saja, musti ditambah namanya seperti yang dicontohkan di atas.

Selanjutnya: Perbedaan penggunaan hope dan wish.
----
Oke ya, mungkin itu saja ulasan dari saya tentang perbedaan penggunaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon