Aturan Penggunaan “Ing” dan “ed” Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
Aturan Penggunaan “Ing” dan “ed” Dalam Bahasa Inggris – Penggunaan ing atau ed dalam suatu kata kerja digunakan untuk semua tenses kecuali simple present tense. Penggunaan ing menunjukkan pada aktivitas atau kejadian (juga menunjukkan perubahan kata kerja) dalam continuous tense, continuous tense dapat berupa past continuous tense, present continuous tense, dan future continuous tense. Sedangkan ed menunjukkan perubahan pada kata kerja, perubahan menjadi verb2 atau verb3 (verb regular). Kemudian ketika kita ingin menggunakan verb2 atau verb3 maka kita harus melihat kembali pada rumus tenses yang digunakan, karena penggunaan ini akan berbeda-beda tergantung dengan aktivitas dan atau kejadiannya.

Pada kebanyakan kata kerja, ketika kita diharuskan untuk menggunaan tambahan akhiran ing atau ed maka yang perlu kita lakukan hanyalah menambahkan ing atau ed, namun pada beberapa kata kerja tertentu, terdapat aturan yang harus kita ikuti dan tidak boleh kita abaikan. Apa sajakah itu? Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga: perubahan verb2 dan verb3.

Aturan Penulisan Penggunaan “Ing” dan “ed” Dalam Bahasa Inggris
Aturan yang akan saya berikan ini adalah aturan dalam penulisan, bukan dalam penggunaan tenses. Jika dalam penggunaan tenses maka akan ada rumus-rumus yang harus kalian perhatikan pula.

Aturan Penggunaan “Ing” dan “ed” Dalam Bahasa Inggris

Menggandakan huruf terakhir
Ada dua kondisi yang mengharuskan kita menggandakan huruf terakhir, yang pertama ini dilakukan ketika ada kata kerja yang terdiri dari satu suku kata yang diakhiri oleh 1 huruf mati (consonant) yang terlebih dahulu diawali oleh 1 huruf hidup (vocal). Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan contoh dibawah ini
Kata kerjaIngEd
Plan planningPlanned
Stop Stopping Stopped
Tap Tapping Tapped

Perhatikan yang berwarna merah, itu adalah huruf mati (consonant), sedangkan yang berwarna hijau adalah huruf hidup (vocal). Namun pengecualian untuk kata kerja yang berakhiran w,x, y, jika ada kata kerja yang berakhiran w,x,y maka tinggal ditambah ing/ed saja tanpa ada aturan khusus. Contoh, mix =mixing/mixed, play = playing/played.

Oh iya, kalian juga terlebih dahulu harus paham ya apa yang dimaksud dengan  suku kata, misalkan kata “sayang” terdiri dari dua suku kata yaitu “sa” dan “yang” (sa-yang), itulah yang dimaksud dengan suku kata.

Kondisi yang kedua, ini dilakukan ketika ada kata kerja yang terdiri dari dua suku kata dengan penekanan pada suku kata kedua.

Contoh
Kata kerjaIng Ed
Admit Admitting Admitted
Prefer Preferring Preferred
Advertisement




Kata kerja yang berakhiran “c”
Perhatikan contoh berikut ini
Kata kerjaIng Ed
Panic Panicking Panicked
Picnic Picnicking Picnicked

Untuk yang berakhiran “c” maka kita hanya perlu menambahkan “k” kemudian baru kita tambahkan ing atau ed seperti yang telah dicontohkan diatas.

Kata kerja yang berakhiran “e”
Untuk kata kerja yang berakhiran “e”, maka jika kita ingin menambahkan ing, kita harus menghilangkan “e”nya kemudian baru kita tambahkan ing. Sedangkan untuk menambahkan ed, kita hanya perlu menambahkan “d” saja. Berikut adalah contohnya
Kata kerjaIng Ed
Live Living Lived
Hope Hoping Hoped
Smile Smiling Smiled
Like Liking Liked
Snore Snoring Snored

Perhatikan yang berwarna merah ya, dimana “e” hilang.

Kata kerja yang berakhiran “ie”
Untuk kata kerja yang berakhiran “ie”, maka jika ingin menambahkan ing kita harus menghilangkan “ie” dan diganti dengan “y”, kemudian baru ditambahkan ing. Sedangkan jika akan menambah ed, maka kita hanya perlu menambahkan “d” saja tanpa menghilangkan dan mengganti “ie”. Perhatikan contoh berikut ini
Kata kerja Ing Ed
Die Dying Died
Lie Lying Lied

Perhatikan yang berwarna merah ya, dimana “ie” berubah menjadi “y”.

Kata kerja yang berakhiran “y” yang didahului dengan satu atau lebih huruf mati (consonant)
Jika kalian menemukan kata kerja yang berakhiran “y” yang didahului oleh huruf mati maka jika ingin mengubah ke bentuk ing, kita hanya perlu menambahkan ing saja. Sedangkan untuk mengubah ke bentuk ed maka kita harus mengubah “y” menjadi “i” kemudian baru ditambahkan ed.
Contoh :
Kata kerja Ing Ed
Fry Frying Fried
Study Studying Studied

Untuk kata kerja yang lainnya
Selain kata kerja yang termasuk dalam aturan penulisan penggunaan “ing dan “ed” dalam bahasa inggris diatas, maka kita hanya perlu menambahkan “ing” atau “ed” saja tanpa merubah atau mengganti apapun lagi.

Dan yang benar-benar harus kalian perhatikan adalah penggunaan “ed”, penggunaan “ed” hanya berlaku untuk kata kerja regular (perubahan kata kerja yang beraturan), sedangkan untuk kata kerja irregular maka penggunaan “ed” tidak berlaku dan tentu saja aturan-aturan penulisan diatas juga tidaklah berlaku, maka lupakan saja penggunaan “ed” beserta aturannya untuk kata kerja yang bersifat irregular (perubahan kata kerja yang tidak beraturan).

Baca juga:
Baik, sekian materi tentang aturan penggunaan “Ing” dan “ed” dalam bahasa inggris yang dapat saya sampaikan, saya harap artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah ilmu serta pengetahuan teman-teman semua.
Advertisement
Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
Dinda Aisya
admin
September 29, 2015 at 6:29 PM ×

Ed sama ing itu di pake nya gini bukan, ed itu untuk yang sudah di lakukan, ing yang sedang di lakukan?

Reply
avatar
September 30, 2015 at 7:41 AM ×

Iya betul. Tapi selain itu, pahami juga penggunaan ed dan ing pada passive voice agar pemahaman anda utuh.

Reply
avatar
April 15, 2016 at 3:18 PM ×

Thank you for blog..
I Like it for blog..

Reply
avatar
An Nahar
admin
May 27, 2016 at 8:44 PM ×

wow,, aku paham sekarang :o
thanks penjelassannya

Reply
avatar
June 2, 2016 at 12:17 PM ×

My pleasure, An Nahar :)

Reply
avatar
Kartika tika
admin
June 5, 2016 at 12:31 PM ×

Apakah bisa dalam 1 kalimat klo pakai kata ed dan ing secara bersamaan???
Trus menggunakan 2 ing dalam 1 kalimat hukumnya gimana?
Thanks

Reply
avatar
Anonymous
admin
July 15, 2016 at 4:48 AM ×

Hey there, thank for your article, it s article simple and so easy to understand for me, thank u so much, so much

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon