Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Passive Voice

Advertisement
.
Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Passive Voice – Kalimat pasif atau dalam bahasa inggris di sebut dengan passive voice sering sekali di gunakan dalam berkomunikasi, passive voice merupakan cara alternative dalam menyampaikan sesuatu, kalau biasanya anda menyampaikan sesuatu dalam berkomunikasi dengan menggunakan kalimat aktif (active voice) maka sebagai alternative anda juga bisa menyampaikannya dengan menggunakan passive voice, intinya adalah bahwa passive voice ini merupakan kebalikan dari active voice. Gampangnya lagi, jika anda ingin menggunakan passive voice maka anda hanya tinggal mengubah active voice menjadi passive voice, artinya anda membalikkan kalimat aktif menjadi pasif.

Yang menjadi masalah sekarang adalah cara membaliknya itu, untuk membalikkan atau mengubah active voice menjadi passive voice tidak boleh sembarangan karena harus menggunakan rumus-rumus tertentu, maka dari itu untuk menciptakan sebuah passive voice anda harus mempelajari rumus-rumus tersebut. Namun sebelum anda mempelajari rumusnya, lebih baik pelajari terlebih dahulu dasar-dasar dari pengertian passive voice, berikut penjelasannya:

Pengertian Passive Voice
Passive voice (kalimat pasif) adalah kalimat yang subjeknya dikenai suatu pekerjaan atau aksi atau tindakan, artinya subjek tidak melakukan suatu tindakan/aksi dan hanya menerima suatu tindakan/aksi. Sudah jelas bahwa ini merupakan kebalikan dari active voice, dalam active voice subjek lah yang melakukan aksi atau tindakan dan tidak menerima aksi/tindakan. Untuk lebih memperjelas, perhatikan contoh berikut:
  • Feri hits Budi. (Feri memukul Budi.) – Active voice
  • Budi is hit by Feri. (Budi di pukul oleh Feri.) – Passive voice
Antara aktif dan pasif merupakan suatu kebalikan bukan? Pada active voice, Feri merupakan subjek, di mana dia melakukan suatu aksi/tindakan yaitu memukul Budi. Sedangkan pada passive voice, Budi sebagai subjek, di mana dia menerima aksi/tindakan dari Feri yaitu di pukul. Sedangkan untuk subjek, subjek sendiri dapat berupa noun, pronoun, ataupun noun phrase.

Namun sebagai catatan bahwa tidak semua kalimat aktif (active voice) dapat di rubah menjadi kalimat pasif (passif voice). Kalimat yang dapat di rubah menjadi kalimat pasif adalah kalimat aktif yang mempunyai objek, yaitu kalimat verbal yang memiliki kata kerja transitive.

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Passive Voice
Rumus Passive Voice
Pada dasarnya rumus passive voice hanya ada satu yaitu S + Auxiliary Verb + Past Participle. S berarti subjek, auxiliary verb berarti kata kerja bantu, dan past participle berarti verb3 (bentuk ketiga dari suatu kata kerja). Nah yang menjadi masalah sekarang adalah auxiliary verb yang seperti apa yang di gunakan, karena jika kita berkomunikasikan dapat menggunakan berbagai macam tenses, sehingga auxiliary verb yang di gunakan tentu saja dapat berbeda, untuk itulah rumus passive voice di atas harus di spesifikkan sesuai dengan tenses yang akan di gunakan.

Namun sebelumnya, anda harus paham terlebih dahulu dengan rumus-rumus tenses, baru kemudian mempelajari rumus passive voice sesuai dengan tenses, agar tidak bingung nantinya. Untuk yang belum paham rumus tenses, berikut rumusnya
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + is/am/are + Non verb
S + verb1
S + was/were + non verb
S + verb2
S + will + verb1
S + Be + Going to + Verb1
S + would + verb1
ContinuousS + is/am/are + verb.ingS + was/were + verb.ingS + will + be + verb.ingS + would + be + verb.ing
PerfectS + have/has + verb3S + had + verb3S + will + have + verb3S + would + have + verb3
Perfect continuousS + have/has + been + verb.ingS + had + been + verb.ingS + will + have + been + verb.ingS + would + have + been + verb.ing
Advertisement




Perlu di ketahui juga bahwa rumus tenses di atas juga merupakan rumus active voice, jadi jika kalian ingin mengubah kalimat aktif yang termasuk dalam salah satu tenses, semisal kalimat aktif yang merupakan present continuous tense, maka untuk mengubahnya anda harus menggunakan rumus passive voice yang di gunakan pada present continuous tense, begitu juga untu semuanya.
Untuk rumus passive voice nya sendiri adalah sebagai berikut:
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + Is/am/are + Verb3S + Was/were + Verb3S + Will/shall + Be + Verb3S + Would/should + Be + Verb3
ContinuousS + Is/am/are + Being + Verb3S + Was/were + Being + Verb3S + Was/were + Being +S + Would/should + Be + Being + Verb3
PerfectS + Have/has + Been + Verb3S + Had + Been + Verb3S + Will/shall + Have + Been + Verb3S + Would/should + Have + Been + Verb3
Perfect continuousS + Have/has + Been + Being + Verb3S + Had + Been + Being + Verb3S + Will/shall + Have + Been + being + verb3S + Would/should + Have + Been + Being + Verb3

Contoh Kalimat Passive Voice
Nah setelah anda paham dengan apa yang di maksud passive voice, dan anda juga sudah mempelajari rumus-rumusnya, alangkah baiknya jika anda juga mencermati beberapa contoh kalimat passive voice yang akan saya berikan berikut ini, agar pemahaman anda menjadi lebih baik. Contoh kalimat passive voice yang akan saya berikan ini juga akan di sertai dengan kalimat aktifnya, agar anda tahu asal mula pembalikannya, berikut contoh kalimatnya:
Contoh Active VoiceContoh Passive Voice
Andi buys a book.A book is bought by Andi.
A thief had stolen much money.Much money had been stolen by a thief.
Didik will pay the newspaper.The newspaper will be paid by Didik.
Dina calls me every day.I am called by Dina every day.
They are studying English right now.English is being studied by them right now.
The mechanic has been repairing my car.My car has been repaired by the mechanic.
She will have finished Shinta’s report before the meeting begins tomorrow.Shinta’s report will have been finished by her before the meeting begins tomorrow.
We did the test yesterday.The test was done by us yesterday.
Shanti was watching some movies.Some movies were being watched by Shanti.
My father buys me a book.I am bought a book by my father.
My father buys a book to me.A book is bought to me by my father.

Selanjutnya, latihan soal passive voice.
---
Yosh, sekian ulasan materi seputar pengertian, rumus, dan contoh kalimat passive voice yang sanggup saya berikan kepada anda semuanya. Semoga ulasan materi pengertian, rumus, dan contoh kalimat passive voice di atas dapat bermanfaat dan membantu pemahaman anda sekalian. Salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon