Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Advertisement
.

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

– Bagi yang sedang belajar bahasa inggris, tense ini cukup membingungkan, bagaimana bisa past tapi kok future? Ada continuousnya pula? Jadi sebenarnya penggunaan tense ini seperti apa?

Oke, gak perlu bingung, sebenarnya past future continuous tense tidak serumit itu kok. Langsung saja akan saya jelaskan, silahkan simak berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Penjelasan lengkap Simple Past Future Tense.
Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Pengertian Past Future Continuous Tense

Past future continuous tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan aksi yang akan sedang dilakukan atau akan sedang terjadi di masa lampau. Contohnya seperti ini “Aku akan sedang mengerjakan tugas ketika kamu datang ke rumahku kemarin”, jadi pada contoh tersebut kata “akan” digunakan untuk menunjukkan future, “sedang” untuk continuous, dan “kemarin” untuk past.

Untuk menunjukkan past tidak harus pakai “kemarin” atau “yesterday” ya, tapi bisa pakai time signal lain yang menunjukkan lampau seperti last night, last week, last year, dan sebagainya.

Lebih spesifik lagi, biasanya past future continuous tense digunakan untuk menyatakan aksi yang akan sedang dilakukan/terjadi jika kejadian atau sesuatu lain terjadi (Pengandaian), menyatakan aksi yang akan sedang dilakukan/terjadi ketika sesuatu lain terjadi di waktu yang sama (Peristiwa lain menyela), dan menyatakan ketidak mampuan untuk melakukan sesuatu karena akan sedang melakukan sesuatu yang lain.

Biar lebih mudah memahaminya, saya beri contoh kalimat berbahasa Indonesia dulu, berikut contohnya:
  • Saya akan sedang melakukan ujian lanjutan jika kemarin saya lolos ujian tahap awal. (Pengandaian)
  • Ketika hujan turun tadi malam, aku akan sedang tidur. (Peristiwa lain menyela)
  • Aku tidak bisa datang ke pesta tadi malam karena akan sedang kursus bahasa Inggris di XXX. (Ketidakmampuan)

Sudah paham ya untuk pengertian dan situasi penggunaannya? Oke, kita lanjut!
Advertisement



Rumus Past Future Continuous Tense

Berikut untuk rumus past future continuous tense, baik kalimat positif, negatif, interogatif, maupun negatif interogatif:
Jenis KalimatRumusContoh SederhananyaArti
Kalimat Positif (+)S + Would/should + Be + Present ParticipleI would be Eating.Aku akan sedang makan.
Kalimat Negatif (-)S + Would/should + Not + Be + Present ParticipleI would not be sleeping.Aku tidak akan sedang tidur.
Kalimat Interogatif (?)Would/should + S + Be + Present ParticipleWould you be shopping?Apakah kamu akan sedang berbelanja?
Kalimat Negatif Interogatif (-?)Would/should + S + Not + Be + Present ParticipleWould Dian not be studying?Apakah Dian tidak akan sedang belajar?
Penjelasan:
  • S pada rumus di atas maksudnya subject.
  • Present participle merupakan verb1 + ing.
  • Would atau should? Kalau saya pribadi sih terbiasa pakai should hanya untuk subject “I” dan “We” saja karena dulu guru saya menganjurkan seperti itu, jadi kebawa sampai sekarang. Untuk would sendiri biasa dipakai untuk semua subject.

Lebih Banyak Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Oke, sudah paham ya situasi penggunaan dan rumus yang harus digunakan, sekarang perhatikan beberapa contoh kalimat past future continuous tense di bawah ini biar lebih memahami:
Contoh KalimatArti
I would be attending a party when I met Dian last night.Aku akan sedang menghadiri pesta ketika aku bertemu dengan Dian tadi malam.
We would be discussing this topic at 8 yesterday morning if you came on time.Kita akan sedang mendiskusikan topik ini kemarin jam 8 pagi kalau kamu datang tepat waktu.
Sorry Dian, I didn't come to your party because I would be doing the test last week.Maaf Dian, aku tidak datang ke pestamu karena aku akan sedang ujian minggu lalu.
If you joined to us last week, we would not be watching this match.Jika kamu bergabung dengan kami minggu lalu, kita tidak akan sedang menonton pertandingan ini.
Would you be studying when I visited you yesterday?Apakah kamu akan sedang belajar ketika aku mengunjungimu kemarin?
Would Dian not be sleeping when the robbery happened?Apakah Dian tidak akan sedang tidur ketika perampokan terjadi?
All ministers would be having lunch when the President came.Semua menteri akan sedang makan siang ketika Presiden datang.
They would be finishing the last experiment if you brought more samples.Mereka akan sedang menyelesaikan percobaan terakhir jika kamu membawa lebih banyak sampel.
Would you be visiting Japan when the tournament began?Apa kamu akan sedang mengunjungi Jepang ketika turnamen mulai?
Would you not be teaching if I called you at 9 yesterday morning?Apakah kamu tidak akan sedang mengajar jika aku telepon kamu jam 9 kemarin pagi?
Gimana, sudah jelas semuanya kan? Kalau belum juga paham bisa ditanyakan dengan komentar ya! Aku tunggu.
----
Oke ya teman-teman, itulah penjelasan tentang pengertian, rumus, dan contoh kalimat past future continuous tense. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah pemahaman kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa pada materi selanjutnya.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon