Penggunaan dan Macam-macam Tanda Baca (Punctuation) Bahasa Inggris

Advertisement
Penggunaan dan Macam-macam Tanda Baca (Punctuation) Bahasa Inggris – Sudah tahukah kalian dengan tanda baca yang ada di dalam tatabahasa bahasa inggris? Kalau kalian sudah tahu tanda baca dalam bahasa indonesia, maka kamu juga tahu tanda baca dalam bahasa inggris karena tidak ada perbedaan sama sekali.

Hanya saja, penggunaannya lah yang berbeda karena kedua bahasa tersebut memiliki tatabahasa yang berbeda pula. Tapi kalau untuk tanda baca titik, koma, tanda tanya, saya kira tidak berbeda, yang berbeda adalah untuk beberapa tanda baca saja.

Dalam bahasa apapun, tanda baca itu sangat penting, apalagi di dalam bahasa inggris yang cukup ribet. Jadi di sini, kalian memang bener-bener wajib mempelajarinya. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagi kepada kalian sebuah materi tentang tanda baca dalam bahasa inggris, berikut materinya:

Sebelumnya, baca juga: Pengertian, macam, dan contoh kalimat Determiner.

Penggunaan dan Macam-macam Tanda Baca (Punctuation) Bahasa Inggris
Macam-macam Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris
Tidak berbeda dengan bahasa lainnya, dalam bahasa inggris dikenal adanya beberapa tanda baca. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Full stop (titik)
  • Comma (koma)
  • Colon (titik dua : )
  • Semicolon (titik koma ; )
  • Question mark (tanda tanya ?)
  • Exclamation mark (tanda seru !)
  • Quotation mark (tanda kutip “)
  • Hyphen (tanda sambung - )
  • Slash (garis miring /)
  • Parentheses (tanda kurung ())
  • Apostrophe (‘)
Penggunaan Tanda Baca Bahasa Inggris
1. Full stop (titik)
Kalau tanda baca ini saya yakin sekali kalian juga sangat sering menggunakannya, entah di tugas akademik maupun sebatas tulisan chat. Nah, di dalam bahasa inggris sendiri, full stop tidak hanya digunakan untuk mengakhiri kalimat saja lho, tapi juga digunakan untuk singkatan kata, letaknya tepat di belakang kata tersebut. Contoh: etc., ft., a.m., p.m., ex.

Perhatian, ketika singkatan kata tersebut menjadi kata terakhir dalam suatu kalimat, maka tidak perlu mendouble titik (titik pertama adalah titik singkatan, kedua adalah titik akhir kalimat), cukup satu saja.

Contoh:
The ceremony will be opened at 8 a.m.
She love eat, sleep, hangout, etc.

2. Comma (koma)
Ini penggunaannya sama persis ketika kalian menggunakan koma dalam bahasa indonesia, yaitu untuk memisahkan dua atau lebih kata/objek/pokok kalimat (menjeda percakapan/tulisan) dan sebagainya. Yang perlu diingat, dengan adanya koma maka suatu hal tersebut belumlah selesai dan harus diakhiri dengan titik baru bisa dinyatakan selesai.

Contoh:
Tomorrow, I will buy many thing.
Lia, Dian, Ani are my best friends.

3. Colon (titik dua : )
Titik dua biasa digunakan untuk memperjelas atau untuk memperinci sesuatu hal.

Sebagai contoh:
I need an assistant who can do the following: input data, write reports, and complete tax forms.
You may be required to bring many things: sleeping bags, pans, utensils, and warm clothing.

Tapi hati-hati ya guys, seringkali penggunaan tanda baca colon ini bisa menyebabkan keanehan di dalam suatu kalimat jika penggunaannya tidak tepat. Pikirkan dengan baik apakah harus menggunakan colon atau cukup menggunakan comma saja, jika rincian/penjelasan secara langsung mengikuti verb (kata kerja) maka lebih direkomendasikan untuk menggunakan comma.

Contoh:
I want: butter, sugar, and flour. – Tidak direkomendasikan
I want butter, sugar, and flour. – Direkomendasikan
Here is what I want: butter, sugar, and flour. – Direkomendasikan

4. Semicolon (titik koma)
Semicolon pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua kalimat independen yang saling terkait menjadi satu kalimat.

Contoh:
Call me tomorrow; you can give me an answer then.
We have paid our dues; we expect all the privileges listed in the contract.
Advertisement




5. Question Mark (tanda tanya)
Kalau ini sudah jelas, yaitu untuk mengakhiri sebuah pertanyaan langsung.

Contoh:
Are you a teacher?
What will the students do in Gubuk Café?
Can Handoko speak English well?
Is Joe buying a new book?

Just info ya guys, membentuk pertanyaan dalam bahasa inggris itu ada aturannya, sudah tahu belum? Kalo belum baca ini: Penjelasan dan contoh kalimat interogatif.

6. Exclamation Mark (tanda seru)
Punctuation ini digunakan ketika sebuah kalimat ada unsur perintah, atau bisa juga sebuah tanda untuk perkataan dengan nada tinggi, serta bisa juga kalimat penegasan.

Contoh:
Stop writing on the walls!
Make voyages! Attempt them! There's nothing else.
All I can say about life is, Oh God, enjoy it!

7. Quotation Mark (tanda kutip)
Sudah jelas bahwa punctuation ini digunakan untuk memberikan kutipan dalam sebuah kalimat. Kutipan yang dimaksud ini bisa kata mutiara dari tokoh atau bisa juga perkataan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya pula, quotation mark ini digunakan untuk sebuah naskah dialog.

Contoh:
“Stop!” he yelled.
“it’s your, not hers” Rina said

8. Hyphen (-)
Ini adalah punctuation yang berfungsi untuk menggabungkan kata atau bagian kata untuk membentuk makna yang utuh. Dalam artian, jika kata tersebut tidak digabung maka akan menghasilkan makna yang tidak utuh, atau makna yang tidak dimaksudkan. Dalam hal ini, kata tersebut adalah berupa compound word, dalam bahasa indonesia sering disebut kata majemuk.

Sederhananya, ketika kamu ingin seseorang agas mawas diri, kamu tidak bisa berkata “hati” begitu saja, harus digabung menjadi “hati-hati”. Nah, begitu pula dengan bahasa inggris yang perlu menggabung beberapa kata untuk membentuk makna baru sesuai yang dimaksudkan, dan hyphen lah salah satu cara untuk menggabungkannya.

Contoh:
Mother-in-law
Editor-in-chief
Fifty-six

Hati-hati, tidak semua compound word digabung dengan hyphen, contohnya: makeup, football, notebook, ice cream, dll. Ini cukup rumit, mendatang akan saya jelaskan lebih luas lagi.

9. Slash (garis miring)
Tidak jauh berbeda penggunaannya dalam bahasa indonesia, slash dalam bahasa inggris juga umum digunakan untuk beberapa hal, salah satunya untuk mempresentasikan makna “per”, makna pilihan, untuk menuliskan pecahan dalam matematika, bahkan bisa digunakan pula untuk menunjuk periode waktu.

Contoh:
A top speed of 250 km/h.
Everyone is still talking about the 1995/96 winter windstorm.

Slash adalah punctuation yang secara umum dapat digunakan secara formal, tapi beda lagi dengan backslash \ dimana penggunaannya kurang umum dan tidak direkomendasikan di formal writting.

10. Parentheses ()
Parentheses atau tanda kurung adalah punctuation yang digunakan untuk memberikan penjelasan atau info tambahan di dalam suatu kalimat.

Contoh:
He finally answered (after taking five minutes to think) that he did not understand the question.
He gave me a nice bonus ($500).
Joe (and his trusty mutt) was always welcome.

11. Apostrophe (‘)
Ini adalah punctuation yang bisa digunakan untuk beberapa hal diantaranya adalah untuk menyatakan kepemilikan, singkatan, atau bahkan bisa untuk menjamakkan.

Contoh:
The boss's wife
I’ll be back.

Selanjutnya: Pengertian dan contoh kalimat conditional sentence type 0.
----
Oke ya, itulah materi tentang penggunaan dan macam-macam tanda baca (punctuation) bahasa inggris yang dapat saya sampaikan. Semoga materi di atas bermanfaat dan menambah pemahaman serta wawasan teman-teman sekalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon