Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Bare Infinitive

Advertisement
.
Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Bare Infinitive – Materi kali ini merupakan lanjutan dari materi sebelumnya. Sebelumnya saya telah membahas mengenai past participle dan present participle, materi tersebut cukup berhubungan dengan materi bare infinitive sebagai bentuk dari suatu kata kerja (verb). Bare infinitive merupakan salah satu bagian dari grammar yang cukup materil, karena sangatlah sering digunakan di banyak komunikasi bahasa inggris. Saya yakin, anda sendiri pun sebenarnya sudah pernah menggunakan bare infinitive, hanya saja mungkin anda tidak menyadarinya. Namun tidak masalah, namanya juga dalam proses belajar.

Oke, jika anda sudah tak sabar lagi ingin segera mempelajari materi bare infinitive, berikut ini penjelasannya. Sesuai dengan judulnya, penjelasan akan difokuskan pada pengertian, penggunaan, dan contoh kalimatnya.

Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Bare Infinitive

*TIPS:
  • Untuk tampilan terbaik, gunakanlah browser yang mendukung tampilan blog ini, yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox (Baik pada Komputer, Laptop, Tablet, maupun Smartphone).
  • Jika anda menggunakan smartphone atau device berlayar kecil lainnya, horizontal-kan tampilan layar smartphone anda (Jika ada bagian yang terpotong, seperti tabel, gambar, ataupun kuis).
Pengertian Bare Infinitive
Pada dasarnya yang dimaksud dengan bare infinitive adalah suatu bentuk dasar dari kata kerja (verb). Mungkin anda lebih familiar dengan istilah verb1, itulah sebenarnya bare infinitive. Namun istilah bare infinitive ini lebih resmi jika dibandingkan dengan istilah verb1. Selain itu, istilah verb1 masih terlalu umum. Misalkan, kata study merupakan verb1, kata studies pun juga masih verb1, padahal penggunaan kata study dan studies tersebut berbeda.

Karena itulah lebih tepat untuk menggunakan istilah bare infinitive untuk kata “study”, sedangkan kata studies disebut dengan istilah additional infinitive.

Selain bare infinitive dan additional infinitive, terdapat bentuk lain dari kata kerja seperti past tense (lebih familiar disebut verb2), past participle (lebih familiar disebut verb3), dan present participle (lebih familiar disebut verb-ing). Agar mudah memahaminya, perhatikan tabel dibawah ini:
To infinitiveBare infinitiveAdditional infinitivePast tensePast participlePresent participle
To seeseeseessawseenSeeing
To beginBegin Begins Began Begun Beginning
To beBe Is/am/areWas/wereBeen Being
To comeCome Comes Came Come Coming
To cutCut Cuts Cut Cut Cutting
To playplayplaysplayedplayedPlaying
To flyflyfliesflewflownFlying
To mixmixmixesmixedmixedMixing
To crycrycriescriedcriedcrying

Penggunaan Bare Infinitive
Bare infinitive dapat digunakan untuk banyak hal. Dalam tenses, bare infinitive dapat digunakan pada simple present tense, simple past tense (khusus selain kalimat bentuk positif), simple future tense, dan past future tense. Selain dalam tenses, bare infinitive bisa dikatakan juga digunakan pada:
  • Setelah modal auxiliary verb (will, shall, would, must, should, could, can, may, might dan needn’t), kecuali pada be able to, have to, ought to dan need to.
  • Setelah kata do (do, does, did, don’t, doesn’t, dan didn’t).
  • Causative verbs.
  • Komunikasi dalam bahasa inggris lainnya yang memungkinkan menggunakan bare infinitive.
Sebelumnya, pelajari: Rumus tenses lengkap.

Bare infinitive dalam tenses
Simple present tense
Kata kerja yang digunakan dalam simple present tense dibedakan menjadi dua, yaitu bare infinitive dan additional infinitive. Penggunaan dua bentuk verb tersebut tergantung dengan subjeknya, artinya subjek tertentu diharuskan menggunakan bare infinitive, dan subjek lainnya harus menggunakan additional infinitive. Penggunaan yang salah juga akan menyebabkan komunikasi bahasa inggris yang salah. Perhatikan tabel dibawah ini:
Subjek Bentuk verbContoh kalimat bare infinitive
IBare infinitiveI work.
YouBare infinitiveYou work.
SheAdditional infinitiveShe works.
HeAdditional infinitiveHe works.
ItAdditional infinitiveIt works.
WeBare infinitiveWe work.
TheyBare infinitiveThey work.
GirlAdditional infinitiveThe girl works.
GirlsBare infinitiveThe girls work.
TeacherAdditional infinitiveThe teacher works.
TeachersBare infinitiveThe teachers work.
Budi (nama orang)Additional infinitiveBudi works.
Shinta (nama orang)Additional infinitiveShinta works.
Etc…
*Additional infinitive hanya berlaku untuk kalimat bentuk positif saja, untuk kalimat bentuk lainnya apapun subjeknya tetap menggunakan bare infinitive.
Advertisement




Simple past tense
Penggunaan bare infinitive dalam tense ini berlaku untuk kalimat bentuk negative, interogatif, dan negatif interogatif, dan ini berlaku untuk semua subjek. Jadi, kalimat positif tidak menggunakan bare infinitive, melainkan menggunakan past tense (verb2).

Contoh:
  • They didn’t go to Bali last week. (mereka tidak pergi ke Bali minggu lalu.) - negatif
  • Did he go to Bali last week? (apakah dia pergi ke Bali minggu lalu?) - interogatif
  • Didn’t Budi go to Bali last week? (apakah Budi tidak pergi ke Bali minggu lalu?) – negative interogatif
Simple future tense
Pada tense ini, bare infinitive dapat digunakan untuk semua bentuk, baik positif, negative, interogatif, maupun negative interogatif. Juga, apapun subjeknya, bare infinitive tetap digunakan.

Contoh:
  • We will teach you.
  • I will not teach you.
  • Will she teach you?
  • Will your father not teach you?
Setelah modal auxiliary verb
Modal auxiliary ada banyak sekali, namun tidak semua modal auxiliary menggunakan bare infinitive. Modal auxiliary yang menggunakannya diantaranya adalah will, shall, would, must, should, could, can, may, might dan needn’t. yang tidak menggunakan diantaranya adalah be able to, have to, ought to dan need to.

Selain tenses di atas, beberapa tense juga menggunakan modal auxiliary, yaitu semua future tense dan past future tense, jadi sebenarnya dalam future tense (tidak hanya simple future tense) semuanya menggunakan bare infinitive. Ditambah past future tense juga menggunakannya.

Contoh:
TensesContoh kalimat bare infinitivePenjelasan
Future continuous tenseMy father will be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m.Be merupakan bare infinitive. Ini berlaku untuk semua bentuk kalimat dan subjek.
Future perfect tenseI will have finished my report before the meeting begins tomorrow.Have juga merupakan bare infinitive. Ini berlaku untuk semua bentuk kalimat dan subjek.
Future perfect continuous tenseI will have been teaching here for five years this year.Have juga merupakan bare infinitive. Ini berlaku untuk semua bentuk kalimat dan subjek.
Past future tenseI would call you when I arrived.Call merupakan bare infinitive. Ini berlaku untuk semua bentuk kalimat dan subjek.
*Karena “have” juga merupakan bare infinitive, maka tenses yang menggunakan rumus “have” secara otomatis juga menggunakan bare infinitive. Maka, tenses yang menggunakan bare infinitive yang belum disebutkan di atas adalah present perfect tense dan present perfect continuous tense.

Bare infinitive pada do
Penggunaan bare infinitive pada do ini termasuk penggunaan pada tenses yang telah disebutkan di atas. Yang dimaksud do juga termasuk does, did, don’t, doesn’t dan didn’t.

Baca selengkapnya:
Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi penggunaan bare infinitive dalam komunikasi bahasa inggris, di mana tidak mungkin dijelaskan disini satu persatu. Misalkan, di gerund, adjective caluse, noun clause, adverbial clause, conditional sentence, dan lainnya. Yang perlu anda pahami, jika gerund, adjective clause, noun clause dan sebagainya tersebut menggunakan tenses dan subjeknya memungkinkan untuk menggunakan bare infinitive, maka tentulah akan menggunakan bare infinitive, begitu pula sebaliknya. Di sini anda harus mengembangkan sendiri pemahaman yang anda peroleh.

Selanjutnya: Latihan soal bare infinitive.
----
Oke, itulah sedikit ulasan tentang pengertian, penggunaan dan contoh kalimat bare infinitive yang dapat saya sampaikan. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan membantu dalam meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
January 23, 2016 at 8:38 AM ×

Oke, sama-sama ya! Semoga bermanfaat =D

Reply
avatar
Martin
admin
July 9, 2017 at 1:09 AM ×

Bukanya terbalik yg terahkiran s itu addtional infinitive

Reply
avatar
August 6, 2017 at 8:46 AM ×

terakhiran s subject apa verb? Kalo subject akhiran s (jamak pada umumnya), pakenya bare infinitive (verb tanpa s/es)

Reply
avatar
tertegun
admin
August 13, 2019 at 7:05 PM ×

Bagaimana ciri2 bare infinitive? Apakah ada daftar bare infinitive?

Reply
avatar
August 14, 2019 at 2:59 AM ×

@tertegun: Sudah saya kasih contoh di atas

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon