Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris – Anda tentu sudah sangat sering mendengar atau membaca kata-kata do, does, did, ataupun done. Sudah sewajarnya anda sering menjumpai kata-kata tersebut karena memang kata-kata tersebut sangat banyak fungsinya dalam komunikasi bahasa inggris. Karena banyaknya fungsi penggunaan kata tersebut, tidak jarang malah membuat para pelajar kebingungan. Kata do/does, did, dan done adalah salah satu primary auxiliary verb (kata kerja bantu yang tidak memiliki arti sendiri namun membantu dalam membentuk karakter kalimat), kata kerja tersebut berasal dari kata kerja do (verb1-bare infinitive), sedangkan does, did, dan done adalah turunannya. Does (verb1 – additional infinitive), did (verb2), done (verb3).

Walaupun do/does, did, dan done adalah salah satu primary auxiliary verb, namun dapat juga difungsikan sebagai ordinary verb (kata kerja utama) sehingga fungsi sebagai primary auxiliary verb akan secara otomatis menghilang, hal ini berlaku juga pada primary auxiliary verb lainnya. Hal ini cukup rumit jika anda belum memahaminya secara mendalam, sehingga dapat menimbulkan kebingungan. Namun jangan khawatir, untuk alasan tersebut postingan ini dibuat agar anda dapat memahami penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris secara mendalam.

Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Do/Does
Kata kerja do dan does adalah sama-sama verb1, yang membedakannya adalah jika do merupakan bare infinitive, sedangkan does merupakan additional infinitive (do + es). Artinya penggunaan do atau does tergantung dengan subjeknya, perhatikan tabel dibawah ini:
Subjek Do/Does
IDo
YouDo
HeDoes
SheDoes
ItDoes
WeDo
TheyDo
BoyDoes
BoysDo
GirlDoes
GirlsDo
Beautiful girlDoes
Beautiful girlsDo
My friendDoes
My friendsDo
All of my friendsDo
My fatherDoes
My brotherDoes
Shinta (nama orang)Does
Budi (nama orang)Does
Etc…

Di dalam tenses, kata kerja do dapat digunakan pada simple present tense, simple future tense, dan juga simple past future tense. Sedangkan kata kerja does hanya digunakan pada simple present tense saja. Jadi jika subjek yang seharusnya menggunakan does pada simple present tense, namun ketika subjek tersebut menggunakan simple future tense dan simple past future tense, maka subjek tersebut bisa menggunakan do. Artinya semua subjek akan menggunakan do jika tenses yang digunakan adalah simple future tense dan juga simple past future tense, jadi perbedaan penggunaan do atau does ini hanya terjadi ketika menggunakan simple present tense saja.

Contoh:
Simple present tense
Kalimat positif
I do a great job.
He does a great job.
Kalimat negative.
I do not study.
He does not study.
Kalimat interogatif
Do they write a letter?
Does Mella often play piano?
Kalimat negative interogatif
Do they not write a letter?
Does Mella not often play piano?

Advertisement




Lalu bagaimana dengan contoh penggunaan do/does pada simple future tense dan simple past future tense? Untuk yang satu ini silahkan anda mencoba untuk membuatnya, bukannya saya tidak mau memberi, namun saya ingin anda untuk berlatih. Ini rumus untuk simple future tense Subjek + will/shall + verb1, dan ini rumus untuk simple past future tense Subjek + would/should + verb1. Silahkan share contoh penggunaan do/does versi anda melalui kotak komentar dibawah, saya tunggu lho.

Dalam membentuk sebuah kalimat di dalam bahasa inggris, pastilah ada kata kerjanya, entah itu kata kerja utama (ordinary verb), atau kombinasi kata kerja utama dan kata kerja bantu.

Jika anda masih bingung dengan macam-macam kata kerja, baca: Materi kata kerja.

Sebagai contoh:
Berfungsi sebagai kata kerja utama (secara otomatis fungsi sebagai kata kerja bantu akan hilang)
  • I do the test.
  • We do the test.
  • He does the test.
  • She does the test.
Berfungsi sebagai kata kerja bantu
  • I do not study.
  • He does not study.
  • Do you study?
  • Does he study?
Study merupakan kata kerja utama, maka disini kata “do” dan “does” berperan sebagai kata kerja bantu untuk memperkuat karakter kalimat dalam tenses.

Penggunaan Did
Did adalah verb2 dari kata kerja do, did hanya digunakan pada simple past tense saja, tidak seperti do dan does yang penggunaannya tergantung dengan subjek, lain jika penggunaan did karena semua subjek menggunakan did, artinya penggunaan did adalah mutlak untuk semua subjek. Ada satu persamaan antara did dan do/does, yaitu dapat difungsikan sebagai kata kerja bantu maupun kata kerja utama, penyusunannya juga sama seperti do/does diatas, hanya saja ingat bahwa did hanya digunakan untuk simple past tense saja.

Contoh:
Kalimat positif:
I did the test yesterday.
She did the test yesterday.
Kalimat negative:
I did not study last night.
She did not study last night.
Kalimat interogatif:
Did you study last night?
Did he love me?
Kalimat negative interogatif:
Did you not study last night?
Did he not play football yesterday?

Penggunaan Done
Done merupakan turunan ketiga (verb3) dari kata kerja do, apapun subjeknya tetap menggunakan bentuk done, dan kata done ini dapat digunakan pada present perfect tense, past perfect tense, future perfect tense, dan juga past future perfect tense.

Contoh:
Kalimat positif
  • I have done a great job.
  • He has done a great job.
  • I had done my homework.
  • He had done his homework.
  • I will have done the report.
  • She will have done the report.

Bingung dengan penggunaan have/has dan had, baca: Materi have/has dan had.

Nah, untuk contoh kalimat bentuk negative, interogatif, dan negative interogatif silahkan anda mencoba untuk membuatnya sendiri, ini akan membuat anda lebih memahami materi ini, dan jangan lupa share lewat kotak komentar dibawah.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris yang dapat saya berikan. Semoga ulasan tentang penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris diatas dapat menambah wawasan, pengetahuan, serta pemahaman anda semuanya.
Advertisement
Previous
Next Post »

9 komentar

Click here for komentar
September 3, 2015 at 9:03 PM ×

Thank you,it is verry helpfull for me :D

Reply
avatar
March 6, 2016 at 4:31 AM ×

I will do reading a book
She should does reading a book.
Do I will read a book ?
Does she should read a book ?

# mohon di koreksi. :)

Reply
avatar
March 6, 2016 at 10:20 AM ×

Excellent, Sulaiman Renly.

Kalimat pertama "I will do reading a book" = kenapa kamu pake reading? Secara grammar memang bisa saja diterima jika kamu punya penekanan tertentu dengan maksud yang dipahami oleh lawan komunikasi. Dalam hal ini saya tidak tahu konteksnya. Kalau kamu cuma ingin bilang "Saya akan membaca buku" tanpa maksud/penekanan/dll, lebih tepat mengatakan "I will read a book".

Kalimat kedua: Sekali lagi, kenapa kamu menggunakan reading, dan bukan read saja? - Dan juga, jangan gunakan does (does adalah bentuk additional infinitive) setelah auxiliary verb (should adalah salah satu auxiliary verb, lebih tepatnya modal auxiliary verb). Walau subjeknya berupa "she", tetap gunakan "do" karena di depannya adalah auxiliary verb. jadi kalimat yang tepat adalah "She should do reading a book" -- ini jika ada maksud tertentu seperti pd kalimat 1. Klau kamu cuma pengen bilang "Dia seharusnya membaca buku" maka lebih tepat mengatakan "She should read a book".

Kalimat ketiga: Ini adalah kalimat interogatif, lebih tepat jika kamu menyingkirkan kata "do" dan meletakkan kata "will" di depan subjek. jadinya seperti ini "Will I read a book?"

Kalimat kempat: Ini cuma interogatif, dan kesalahannya juga seperti kalimat ketiga. Akan lebih tepat jika kamu menyingkirkan kata "does" dan meletakkan kata "should" di depan subjek. jadinya seperti ini "Should she read a book?" --- Pelajari tentang membentuk kalimat di sini: http://belajarbahasainggrisonline-gratis.blogspot.co.id/search/label/Sentences

Semoga membantu.

Reply
avatar
Unknown
admin
May 7, 2016 at 12:47 AM ×

Future Tense
Sarah will does his english homework at 7 pm
Past Future
Does sarah come to the party yesterday?

Reply
avatar
Unknown
admin
October 2, 2016 at 5:40 AM ×

Kalo beni,udin,and edo fly kites they haven't lots of fun

Reply
avatar
Ida Souhuwat
admin
November 15, 2016 at 6:30 AM ×

The informer does not atau do not ya min?

Reply
avatar
November 15, 2016 at 8:26 AM ×

The informer normalnya pake does not, sebaliknya kalau the informers normalnya pake do not. Begitu, semoga membantu..

Reply
avatar
Irma Chan
admin
January 26, 2017 at 5:48 PM ×

min penggunaan did kalo di conditional sentence diubah jadi real sentence emang cuma buat (-) sama (?) ya?

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon