Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adverbial Clause

Advertisement
.
Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adverbial Clause – Dalam bahasa inggris, terdapat istilah yang dinamakan clause, dan clause tersebut dapat beraneka ragam jenisnya. Salah satu jenis clause adalah adverbial clause yang akan kita ulas ini. Adverbial clause tidak kalah penting dibandingkan dengan clause lainnya karena clause ini juga sangat sering digunakan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, jadi sangat penting juga bagi anda untuk mempelajari claus yang satu ini. Sebelumnya saya juga telah memberikan penjelasan tentang clauses lainnya, yaitu tentang adjective clause dan noun clause, untuk memperluas wawasan dan pemahaman anda maka kini saya akan mencoba memberikan ulasan tentang adverbial clause, inti dari apa yang akan kita bahasa kali ini meliputi pengertian, rumus, dan contoh kalimat adverbial clause.

Sebagian orang banyak yang masih bingung dengan materi ini, ada yang bilang materi ini rumit. Namun sebenarnya tidak serumit itu, materi ini bisa dibilang cukup ringan bobotnya, jadi tidak perlu khawatir. Dalam ulasan ini pun saya akan berusaha menyampaikannya dengan cara sesederhana mungkin agar kalian mudah paham. Nah, bagi anda yang sudah tidak sabar ingin mempelajari materi adverbial clause ini, berikut ulasannya.

Sebelumnya, pelajari juga: materi adverb.

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Adverbial Clause

Pengertian Adverbial Clause
Pada intinya yang dimaksud dengan adverbial clause adalah adalah anak kalimat yang difungsikan sebagai adverb (Kata keterangan). Lebih lanjut, adverbial clause merupakan dependent clause (susunan kata yang belum dapat dikatakan sebagai kalimat karena maknanya masih mengambang) yang difungsikan sebagai kata keterangan (adverb) untuk menjelaskan atau menerangkan kata kerja (verb). Dalam proses penyusunan adverbial clause, selalu diawali dengan subordinate conjunctions (seperti: after, before, since, until, while, although, as, because, so, so that, if, provide, unless, etc..).

Sebagai contoh:
  • Unless you run fast, you will miss the bus. (Kecuali kalau kau lari cepat, kamu akan ketinggalan bus.)
  • The fireworks show will start after the sun goes down. (Pertunjukan kembang api akan dimulai setelah matahari terbenam.)
  • We can swim in the pool as soon as we put on plenty of sunscreen. (Kita bisa berenang di kolam renang segera setelah kami memakai banyak tabir surya.)
  • Because he loved her, he didn’t believe she had an affair. (Karena ia mencintainya, ia tidak percaya dia berselingkuh.)
Yang saya garis bawahi pada kalimat diatas itulah yang dinamakan adverbial clause, letaknya boleh di depan ataupun dibelakang kalimat.

Adverbial clause sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah adverbial clause of time, adverbial clause of contrast, adverbial clause of cause, adverbial clause of result, adverbial clause of purpose, adverbial clause of manner, adverbial clause of place, dan adverbial clause of condition (Lihat contoh kalimatnya pada bagian bawah postingan).
Advertisement




Rumus Adverbial Clause
Untuk menyusun adverbial clause, anda dapat menyusunnya menggunakan rumus dibawah ini:

Subordinate Conjunction + S + V

Subordinate conjunction seperti yang saya sebutkan diatas, S adalah subjek yang dapat berupa noun (kata benda), pronoun (kata ganti), ataupun noun phrase (frase kata benda). V adalah verb (kata kerja), dapat berupa kata kerja utama ataupun bantu.

Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimat Adverbial Clause
JenisFungsi Conjunction Contoh kalimat
Time Adverbial clause untuk menyatakan waktu.After, before, since, until, as, by the time, as long as, as soon as, now that, once, when, while, whenever.The people danced as the music played.
Since my family moved in this city two months ago, I have known many people.
Whenever you are ready, we can leave.
I’ll stay as long as you need me.
I will come as soon as I can.
Condition Adverbial clause untuk menyatakan syarat atau kesyaratan.If, if only, even if, provide, providing, unless.We can go camping provided we bring equipments.
Budi can’t attend the meeting unless he finds a baby-sitter.
Contrast Adverbial clause untuk menyatakan suatu pertentangan atau perbedaan.Although, though, eventhough, whereas, while.Though he has asthma, Jim goes hiking.
I was watching TV whereas Jim was listening to music.
Cause Adverbial clause yang menyatakan sebab.As, because, in as much as, since, now that.Because I came late, I got a punishment.
I eat in as much as I am hungry.
Result Adverbial clause yang menyatakan akibat.So that, so…that, such…that. I study Grammar so that I can make a sentence correctly.
The task is so difficult that I can’t do it.
Purpose Adverbial clause untuk menyatakan tujuan.So that, in order that.I called my friend so that he didn’t come late.
I went early in order to I wasn’t late.
Manner Adverbial clause untuk meyatakan sebuah cara.As, as if, like, as though.Betty looks as if something is wrong.
She could pass the test as it was thought.
Place Adverbial clause untuk meyatakan tempat.Where, wherever, everywhere.Wherever I looked, I found fingerprints.
Everywhere he went, people admired him.

Bagaimana, sudah pahamkah kalian? Coba deh sekarang anda menyusun adverbial clause versi anda, kemudian bagikan melalui kotak komentar dibawah, saya tunggu!
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang pengertian, rumus, dan contoh kalimat adverbial clause yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang pengertian, rumus, dan contoh kalimat adverbial clause diatas dapat membantu dan menambah pemahaman serta wawasan anda.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonymous
admin
October 30, 2019 at 3:41 PM ×

emang web ini tuh sattu satunya web yang bikin saya ngerti clause, phrase. pembawaannya pakai bahasa yang mudah dimengerti

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon