Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Noun Clause

Advertisement
.
Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Noun Clause – Bentuk komunikasi dalam bahasa inggris memang sangat beraneka ragam, banyak hal-hal yang perlu anda pelajari untuk menguasai bahasa internasional yang satu ini. Dalam bahasa inggris, ada istilah yang dinamakan clause, nah clause inilah salah satu bentuk komunikasi English yang perlu juga anda pelajari. Clause ada berbagai macam, salah satunya adalah noun clause yang akan kita pelajari kali ini. Noun clause sebenarnya tidak terlalu rumit, namun ternyata materi ini cukup membuat banyak orang mengalami kebingungan untuk memahaminya, untuk itu dalam postingan materi kali ini saya akan mencoba menjelaskannya dengan cara yang semudah-mudahnya agar anda dapat paham.

Ulasan yang akan saya berikan meliputi pengertian, rumus, fungsi, dan contoh kalimat noun clause, berikut ulasannya.

Pengertian Noun Clause
Pada dasarnya yang dimaksud dengan noun clause adalah suatu anak kalimat yang difungsikan sebagai noun (kata benda). Lebih lanjut, noun clause adalah dependent clause (susunan kata yang belum dapat dikatakan sebagai kalimat karena maknanya masih mengambang) yang difungsikan sebagai noun, dan juga noun clause ini dapat difungsikan sebagai subjek maupun objek. Salah satu penggunaan noun clause adalah menggunakan question word (what, who, whom, where, etc..), dan pada umumnya akan merujuk pada noun karena clause tersebut seperti halnya menggantikan noun (jawabannya akan merujuk pada noun).

Baca juga: Materi noun (kata benda).

Sebagai contoh, clause “What you want cannot be realized.” (Apa yang kamu inginkan tidak mampu diwujudkan.). Pada contoh tersebut yang dicetak tebal merupakan noun clause, dan jika clause tersebut dicermati akan merujuk pada noun karena pada umumnya noun clause yang menggunakan question word akan seperti itu, walaupun terkadang tidak secara langsung merujuk pada noun.

Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Noun Clause

Rumus Noun Clause
Noun clause dapat disusun dengan dua hal, yaitu disusun dengan sebuah statement dan question. Seperti yang sudah saya singgung diatas, jika sebuah noun clause disusun berdasarkan question, maka akan diawali dengan menggunakan question word dan juga kata if serta whether. Sedangkan untuk noun clause yang disusun menggunakan statement, maka akan diawali dengan kata that.
Noun ClauseKeterangan Contoh
Noun clause berdasarkan statementNoun clause ini akan selalu diawali oleh kata thatNo body knows that Agus will go abroad. (Tidak ada yang tahu bahwa Agus akan pergi ke luar negeri.)
Noun clause berdasarkan question: Yes/NoNoun clause berdasarkan question dengan jawaban yes atau no akan diawali dengan kata if dan whether.No body knows if she is in the class. (Tidak ada yang tahu jika dia ada di kelas.)
The question is whether she will join us. (Pertanyaannya adalah apakah dia akan bergabung dengan kami.)
Noun clause berdasarkan question: Information question.Dalam hal ini akan digunakan question word (what, where, who, whom, which, etc) dan juga dapat pula question word tersebut diikuti oleh kata “ever”, seperti whatever, whichever, whoever, dan seterusnya.I don’t know who you are. (Saya tidak tahu siapa anda)
I don’t know whoever came to the party. (Aku tidak tahu siapa saja yang datang ke pesta.)
Advertisement




Fungsi Noun Clause
Pada dasarnya noun clause memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi sebagai subjek, sebagai objek, dan juga sebagai complement (pelengkap).

Sebagai subjek:
  • That Budi will go abroad has been known.
  • What she said surprised me.
Yang saya cetak tebal merupakan noun clause, dan bisa dilihat bahwa noun clause tersebut berfungsi sebagai subjek.

Sebagai objek:
  • No body knows that Agus will go abroad.
  • I don’t know whether she needs help.
Yang saya tebal pada contoh diatas juga merupakan noun clause, bisa dilihat bahwa noun clause juga bisa difungsikan sebagai objek.

Sebagai pelengkap:
  • The decision is that everyone may go home earlier.
  • The problem is why you have never told anyone of us.
Bisa dilihat, bahkan noun clause ini juga bisa difungsikan sebagai complement (pelengkap). Noun clause dapat difungsikan sebagai complement, baik subject complement maupun adjective complement.

Lebih Banyak Lagi Contoh Kalimat Noun Clause
Oke, setelah anda paham dengan apa yang dimaksud noun clause dan mengerti bagaimana menyusunnya, ada baiknya sekarang anda mencermati beberapa contoh kalimat noun clause yang akan saya berikan dibawah ini, berikut contohnya.
Contoh Kalimat Noun ClauseArti
On weekends, we can do whatever we want.Pada akhir pekan, kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan.
The focus of our work is how we can satisfy customers.Fokus kerja kami adalah bagaimana kita dapat memuaskan para pelanggan.
Choose a gift for whomever you want.Memilih hadiah untuk siapapun yang Anda inginkan.
Whichever restaurant you pick is fine with me.Yang mana saja restoran Anda memilih tak masalah bagi saya.
Be sure to send whoever interviewed you a thank-you note.Pastikan untuk mengirimi siapa pun yang mewawancarai Anda dengan sebuah ucapan terima kasih.
Do you know what the weather will be?Apakah Anda tahu cuaca akan seperti apa?
My greatest asset is that I am a hard worker.Aset terbesar saya adalah bahwa saya seorang pekerja keras.
It’s important to think about why we make certain decisions.Sangat penting untuk berpikir tentang mengapa kita membuat keputusan tertentu.
I wonder how long we should wait here.Aku ingin tahu berapa lama kita harus menunggu di sini.
This is what I want. Ini yang saya mau.
Please listen to what your parents are saying. Tolong dengarkan apa yang sedang orang tuamu katakan.

Selanjutnya: Noun Phrase.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang pengertian, rumus, fungsi, dan contoh kalimat noun clause yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan pengertian, rumus, fungsi, dan contoh kalimat noun clause diatas dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman anda semuanya.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonymous
admin
October 16, 2016 at 5:24 AM ×

oh thanks,this is very important for me,bcs ill presentation about this topic tommorow,and i think that everyone will understand with this article

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon