Apa Itu Pengertian dan Rumus Tenses

Advertisement
.
Apa Itu Pengertian dan Rumus Tenses – Dalam setiap kalimat bahasa inggris yang kita ucapkan, yang kita tulis, dan yang kita dengar, pasti dan akan selalu terkandung apa yang disebut sebagai Tenses. Dapat dikatakan bahwa Tenses itu ibarat lidah dalam berbicara, telinga untuk mengerti apa yang kita dengar, dan tinta untuk menulis apa yang ingin kita tulis. Dengan kata lain, Tenses merupakan pancaindra kita untuk berkomunikasi. Tanpa tenses, kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik, dan tidak akan sepenuhnya mengerti dalam berkomunikasi, oleh karena itu, mempelajari materi ini sangatlah penting, bahkan mempelajari hal tersebut merupakan suatu keharusan untuk kita.

Maka dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi postingan yang akan membahas tentang pengertian dan rumus Tenses. Berikut adalah pembahasannya :

Pengertian Tenses
Dalam membentuk suatu kalimat, sudah kita ketahui bahwa kita membutuhkan Tenses, Tenses sendiri terbentuk atas dua komponen dasar yang tidak bisa dipisahkan yaitu, waktu (time), dan aktifitas/kondisi/peristiwa (event). Dapat dikatakan bahwa event merupakan suatu perubahan kata kerja, maka secara kesimpulan, Tenses merupakan suatu perubahan dari kata kerja karena pengaruh time (waktu) dari suatu event. Jadi, jika kita ingin membentuk suatu kalimat, maka secara otomatis kita harus membentuk tenses, karena pada dasarnya dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Dan dalam membentuk tenses, maka harus ada kata kerja yang dipengaruhi oleh time suatu event (time dan event harus digabung).

Pengertian dan Rumus Tenses

Yang dimaksud time (waktu) dapat berupa sekarang (present), masa lalu (past), ataupun masa yang akan datang (future). Sedangkan yang dimaksud event adalah “apa yang kita lakukan (dapat berupa aktifitas, peristiwa, atau kondisi)”, disini kita melakukan sesuatu, jadi secara otomatis terkandung suatu kata kerja. Kata kerja dapat berubah tergantung dengan time (kata kerja yang digunakan untuk sekarang, masa lalu, atau masa mendatang), inilah yang disebut perubahan kata kerja.
Advertisement




Berikut ini adalah tabel time dan event yang membentuk Tenses
Time :
Present Sekarang
PastLampau/masa lalu
FutureMasa yang akan dating
Past futureRencana dimasa lampau


Event :
SimpleAktivitas sederhana (biasa/berulang-ulang)
ContinuousSedang berlangsung
PerfectTelah/sudah selesai
Perfect continuousSedang berlangsung dengan durasi waktu

Jika time dan event tersebut digabung, maka akan membentuk suatu jenis tenses. Misal, present dan simple digabung, maka akan membentuk jenis present simple, begitu juga dengan time dan event yang lainnya.

Rumus Tenses
Berikut ini adalah rumus dari semua jenis tenses yang ada :
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + is/am/are + Non verb
S + verb1
S + was/were + non verb
S + verb2
S + will + verb1S + would + verb1
ContinuousS + is/am/are + verb.ingS + was/were + verb.ingS + will + be + verb.ingS + would + be + verb.ing
PerfectS + have/has + verb3S + had + verb3S + will + have + verb3S + would + have + verb3
Perfect continuousS + have/has + been + verb.ingS + had + been + verb.ingS + will + have + been + verb.ingS + would + have + been + verb.ing
Selanjutnya, latihan soal tenses.

Oke sob, sekian materi yang dapat saya share, inget bahwa kita harus selalu belajar dan berlatih jika ingin benar-benar mahir dalam berbahasa inggris, berlatih tidak harus berlama-lama, cukup sisihkan sedikit waktu kalian namun harus konsisten dan kontinyu.

Semoga postingan saya tentang Tenses diatas dapat membantu pemahaman temen-temen sekalian. Kritik dan saran sangat saya harapkan.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
March 23, 2017 at 3:40 PM ×

terimakasih min. sangat bermanfaat.

Congrats bro Ahmad Hafidz Muzaki you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon