Contoh Kalimat Suggestion! Cara “Giving Suggestion”

Advertisement
.
Contoh Kalimat Suggestion! Cara “Giving Suggestion” – Suggestion atau saran adalah sesuatu yang kita berikan atau seseorang berikan kepada orang lain yang terkena masalah ataupun kesulitan, pada intinya suggestion digunakan untuk memberikan jalan keluar/solusi/saran kepada orang lain, perlu digaris bawahi ya “jalan keluar atau solusi/saran”, bukan suatu pandangan/pendapat, jika kalian ingin memberikan suatu pandangan atau pendapat terhadap suatu hal kepada orang lain, itu lebih tepat disebut giving opinion. Antara giving suggestion dan giving opinion perlu kita bedakan, karena cara memberikannya juga berbeda, secara logika juga akan terlihat aneh jika kita memberikan saran kepada orang lain yang meminta pendapat.

Jadi untuk membedakan antara kedua hal tersebut, kalian hanya perlu menyimak materi giving suggestion ini hingga selesai, dan baca juga materi giving opinion.

Dalam postingan materi kali ini, sebelum saya memberikan contoh kalimat suggestion, saya ingin menjelaskan secara detail tata cara memberikan saran terlebih dahulu, akan lebih mudah jika kalian tahu tata caranya sekaligus daripada hanya melihat contoh kalimat suggestion saja, iya’kan? Oke, berikut adalah pembahasannya :

Contoh Kalimat Suggestion! Cara “Giving Suggestion”Cara Giving Suggestion
Dalam memberikan saran, ada dua kondisi/situasi yang harus kita bedakan yaitu, situasi yang biasa-biasa saja dan situasi yang berbahaya/gawat. Situasi biasa adalah situasi dimana masalah yang dihadapi oleh seseorang yang membutuhkan saran memiliki dampak yang tidak signifikan, singkatnya adalah “masalah kecil”. Sedangkan situasi berbahaya adalah situasi dari masalah yang memiliki dampak signifikan, “masalah besar”. Besar kecilnya suatu masalah, itu tergantung dengan penilaian kalian masing-masing, saya yakin setiap orang mungkin akan berbeda dalam menilai suatu masalah, perbedaan ini tidak akan menunjukkan siapa yang salah dan siapa yang benar, ini hanya masalah penilaian dari setiap orang.

Cara Giving Suggestion -  Situasi Biasa
Untuk memberikan suatu saran dalam situasi yang biasa-biasa saja, maka gunakanlah rumus berikut ini :

Rumus :
S + Should + Verb1 atau S + Ought to + Verb1

Keterangan :
  • S adalah subjek, subjek dapat berupa noun, pronoun, dan noun phrase
  • Verb1 adalah kata kerja
  • Should dan Ought to artinya “harus”
Contoh :
  • Budi should apologize to Mr. Rohmat – Budi harus meminta maaf kepada Tuan Rohmat
  • Your friend ought to study hard this semester – Teman kamu harus belajar keras semester ini
Cara Giving Suggestion – Situasi Gawat/berbahaya
Dalam situasi yang sekiranya gawat, maka gunakanlah rumus berikut :
Rumus :

S + Had better +Verb1

*Had better = seharusnya
Advertisement




Contoh :
  • You had better study hard this semester
  • You had better go to work today
Contoh-contoh diatas adalah contoh dalam memberikan suatu saran, namun perlu diingat bahwa dalam memberikan saran sebaiknya disertai dengan suatu alasan. Yang dimaksud alasan adalah alasan kenapa kalian memberi saran. Contoh, “if your friend want to pass the exam, He had better study hard”. Bisa kita lihat, yang digaris bawahi adalah suatu alasan kita untuk menyatakan suatu saran. Lebih lengkapnya, silahkan baca contoh kalimat suggestion dibawah ini, disertai permasalahannya juga.

Contoh Kalimat Suggestion

Problems :
The first problem

My Brother said that I stole his money, and all of my family think I really steal it. You know what? I really do not steal it, what should I do?

(Saudara saya mengatakan bahwa saya mencuri uangnya, dan semua keluarga saya berpikir saya benar-benar mencurinya. Apa kau tahu? Aku benar-benar tidak mencurinya, apa yang harus saya lakukan?)

The second problem
“Yesterday, Our Lecturer was giving a quiz. The quiz is very important to build our score. But, My friend, Usman, came late to the class because He got an accident on the way to campus. What should Usman do?"
 

(Kemarin, dosen kami member kuis. Kuis sangat penting untuk meningkatkan nilai kami. Tetapi, temen saya, Usman, terlambat datang/masuk ke kelas karena dia mengalami kecelakaan dalam perjalanan ke kampus. Apa yang harus Usman lakukan?)

Suggestions :

Suggestion for The first problem
“You had better explain that to them, especially to your brother because if He really angry, He can demand you, and you will get in jail”

(Kamu seharusnya menjelaskan itu kepada mereka, terutama kepada saudaramu karena jika dia benar-benar marah, dia bisa menuntutmu, dan kamu bisa masuk penjara)

Suggestion for The second problem
“Usman should ask the quiz to His Lecturer, or He will not get a score”

(Usman harus meminta kuis kepada dosen dia, atau dia tidak akan dapat nilai)

Diatas adalah contoh kalimat suggestion sederhana yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
February 2, 2015 at 6:25 AM ×

kalo perbedaan should dengan ought to itu apa?
tolong jelaskan. trims

Reply
avatar
February 11, 2015 at 6:38 PM ×

Penggunaan should atau ought to sama saja, tidak ada perbedaan yang berarti, hanya sebatas selera dalam menggunakannya. Jadi mau menggunakan should atau ought to sama saja tergantung dengan masing-masing selera

Reply
avatar
June 26, 2015 at 12:50 AM ×

terima kasih atas pelajarannya sangat membantu tugas sekolah nih

Reply
avatar
August 2, 2015 at 5:34 AM ×

Min kalo suggestion nya pake rumus yg S+should+Verb 1 brrti jenis tense nya itu present future atau past future? Makasih.

Reply
avatar
August 2, 2015 at 9:52 AM ×

Kalau should dipake di past future, tapi jika present future biasanya memakai will atau shall.

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon