Pengertian dan Rumus Past Tense! Lengkap Dengan Contohnya

Advertisement
Pengertian dan Rumus Past Tense! Lengkap Dengan Contohnya – Membahas tentang Tenses, tentu tidak luput akan Past Tense, ya karena tense ini adalah salah satu Tenses yang ada dalam bahasa inggris, dan sangat sering digunakan. Past tense sendiri memiliki beberapa jenis yang penggunaannya tentu berbeda-beda pula, begitu juga dengan rumusnya yang digunakan disetiap jenis Past tense. Hal tersebut membuat tense ini cukup rumit yang menyebabkan banyak yang bingung, khususnya para pemula yang ngebet ingin belajar bahasa inggris. Oleh karena itu, postingan ini akan mencoba untuk menjelaskan kepada kalian perihal past tense, dengan harapan dapat membantu dan meningkatkan pemahaman temen-temen semua.

Pengertian Past Tense
Past tense adalah suatu pernyataan yang menunjukkan aktifitas dan atau kejadian yang dilakukan atau terjadi dimasa yang lampau. Maksud dari masa lampu dapat diartikan kemarin, seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, setahun yang lalu, beberapa tahun yang lalu, dahulu kala, etc… atau bahkan beberapa jam yang lalu.

Seperti yang saya katakan diatas bahwa past tense memiliki beberapa jenis, ada empat (4) jenis yaitu 1. Simple past tense, 2. Past continuous tense, 3. Past perfect tense, dan yang terakhir adalah 4. Past perfect continuous tense. Masing-masing jenis past tense tersebut memiliki penjelasan dan rumus yang berbeda. Tapi tenang, dalam postingan ini akan dijelaskan pengertian dan rumus dari past tense tersebut, bahkan dengan contohnya (Baca postingan ini sampai akhir).

Pengertian dan Rumus Past Tense

Simple Past Tense
Pengertian past tense ini adalah suatu pernyataan yang menunjukkan aktifitas dan atau kejadian yang dilakukan atau terjadi dimasa yang lampau. Dan rumus past tense ini adalah 1. S+was/were+non verb, 2. S+verb2. Yang dimaksud S adalah subjek, subjek dapat berupa noun (kata benda), pronoun (kata ganti), ataupun noun phrase (Untuk memahami ini, baca materi parts of speech dan phrase pada menu di atas). Penggunaan was/were tergantung subjek, jika subjek jamak maka menggunakan were, jika tunggal maka menggunakan was, subjek you menggunakan were. Rumus past tense yang pertama digunakan ketika tidak ada verb (kata kerja), rumus yang kedua digunakan jika ada verb, maka memakai verb2.

Contoh simple past tense :
  1. Budi visited Jakarta in 2010
  2. I was busy yesterday
  3. My family moved to Surabaya in 2011
Perhatikan dan cermati kata yang saya garis bawahi.

Time signals :
  • Last weekYesterday
  • Last night
  • Last month
  • Last year
  • This morning
  • An hour ago
  • Three day ago
  • Dan lain-lain....
Advertisement




Past Continuous Tense
Pengertian past tense ini ada dua, karena tense ini dapat digunakan untuk dua kejadian/aktifitas, yaitu

1.Untuk aktifitas atau kejadian yang berlangsung dalam waktu tertentu di masa lampau

Rumus = S + was/were + verb.ing.

Contoh :
  1. At this time last night, I was studying English with my brother
  2. We were discussing abouth general elections at 9 yesterday morning
2.Untuk aktifitas atau kejadian sedang berlangsung ketika aktifitas atau kejadian yang lain datang menyela dimasa lampau

Rumus :
untuk kejadian utama = S + was/were + Verb.ing
untuk kejadian yang menyela = S + verb2

Contoh :
  1. Budi was watching television when somebody knocked the door last night
  2. I met Wulandari when she was attending a party
Kejadian utama adalah yang saya garis bawahi, sedangkan kejadian yang datang menyelang adalah yang tercetak miring.

Yang dimaksud S adalah subjek, subjek dapat berupa noun (kata benda), pronoun (kata ganti), ataupun noun phrase. Penggunaan was/were tergantung subjek, jika subjek jamak maka menggunakan were, jika tunggal maka menggunakan was, subjek you menggunakan were. Verb.ing adalah verb (kata kerja) ditambah “ing” perhatikan contoh diatas.

Past Perfect Tense
Tense ini adalah pernyataan yang menunjukkan suatu aktifitas atau kejadian telah terjadi atau telah selesai dilakukan sebelum aktifitas lain terjadi dimasa lampau. Sedangkan rumus past tense ini adalah S+had+Verb3.

Contoh :
  1. Budi went to Srikandi Studio after he had finished his homework
  2. Budi had finished his homework before he went to Srikandi Studio
Baca juga :
Tambahan "ing" dan "ed"

Past Perfect Contiuous Tense
Pengertian dari past tense ini adalah pernyataan yang menunjukkan peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam waktu tertentu sedangkan terjadi suatu peristiwa lain di masa lampau. Sedangkan rumus past tense ini adalah S+had+been+verb.ing.

Contoh :
  1. I had been living in Makassar for 5 years before I moved to Jakarta
  2. My father had been studying in London for 4 years before he died.
Selanjutnya: Latihan soal past tense.
---
Sekian postingan untuk materi past tense, nantikan postingan selanjutnya.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon