Contoh Percakapan Perkenalan Dalam Bahasa Inggris (Introducing)

Advertisement
.
Contoh Percakapan Perkenalan Dalam Bahasa Inggris (Introducing) – Sebelumnya saya telah mengulas mengenai bagaimana caranya dalam memperkenalkan diri kepada orang lain? Materi tersebut fokus mengulas cara memperkenalkan diri  dalam suatu grup atau kelas. Materi kali ini berbeda dengan materi sebelumnya, jika materi sebelumnya mengulas perkenalan dalan sebuah grup atau kelas, materi kali ini mengulas bagaimana kalian memperkenalkan diri kepada orang lain person to person. Misalkan anda bertemu dengan seseorang di sebuah event, artikel ini akan membahas bagaimana anda melakukan percakapan perkenalan dalam bahasa inggris kepada seseorang tersebut.

Tapi perlu diingat, materi ini bukan tips dalam perkenalan, tidak membahas bagaimana cara perkenalan dengan lawan jenis, tips-tips agar orang yang baru dikenal terkesan dengan anda, bukan! Ini hanya sebuah ulasan dan contoh percakapan perkenalan dalam bahasa inggris saja, pembahasan ini lebih ke bidang pendidikan, bukan asmara. Saya bukan ahli asmara, saya aja masih jomblo, hhehe.

Baca juga: Contoh percakapan memesan hotel via telepone menggunakan bahasa inggris.

Contoh Percakapan Perkenalan Dalam Bahasa Inggris (Introducing)

Percakapan Perkenalan Dengan Seseorang
Lukman HadiHi! My name is Lukman Hadi. I am from Indonesia. What is your name?Hai! Nama saya Lukman Hadi. Saya dari Indonesia. Siapa nama anda?
Ana IvanovicI’m Ana Ivanovic. You can call me AnaSaya Ana Ivanovic. Kamu bisa memanggil saya Ana.
Lukman HadiWhere are you from, Ana? Spain?Asal kamu dari mana, Ana? Spanyol?
Ana IvanovicNo, I’m from Denmark.Bukan, saya dari Denmark.
Lukman HadiOh really? It’s good country.Sungguh? Negara yang bagus.
Ana IvanovicYeah, I know it.Ya, saya tahu itu.
Lukman HadiBy the way, nice to meet you, Ana.Ngomong-ngomong, senang berjumpa denganmu, Ana.
Ana IvanovicNice to meet you, too.Senang berjumpa denganmu juga.
Lukman HadiAre you studying here, Ana?Apakah kamu sedang sekolah (belajar) disini, Ana?
Ana IvanovicNo, I’m not. I am just having holiday here.Tidak. Saya hanya sedang liburan disini.
Lukman HadiOh, have you visited Sri Gethuk water fall in Yogyakarta? It’s good holiday destination.Oh, sudahkah kamu mengunjungi air terjun Sri Gethuk di Yogyakarta? Itu tujuan wisata yang bagus.
Ana IvanovicWell, it’s my plan. I am going to visit Sri Gethuk Waterfall next week. Many friends of mine suggested Sri Gethuk as holiday destination. They told me Sri Gethuk has wonderful place. So, I decided to visit this place to spend my holiday.Nah, itu rencana saya. Saya akan mengunjungi air terjun Sri Gethuk minggu depan. Banyak teman-teman saya menyarankan Sri Gethuk sebagai tujuan wisata. Mereka mengatakan kepada saya Sri Gethuk memiliki tempat yang indah. Jadi, saya memutuskan untuk mengunjungi tempat ini untuk menghabiskan liburan saya.
Lukman HadiYeah, it’s true. Sri Gethuk is wonderful place. Okay, I hope your holiday fun. Nice to talk to you. See you, Ana.Ya, itu benar. Sri Gethuk adalah tempat yang indah. Ok, saya berharap liburan kamu menyenangkan. Senang berbincang dengan kamu. Sampai jumpa, Ana.
Ana IvanovicOkay, See you, Lukman.Oke, sampai jumpa, Lukman.
Advertisement




Percakapan Perkenalan Di Sebuah Toko
SmithHello.Halo
TriaHi.Hai
SmithExcuse me, you’re look confused. Can I help you?Permisi, kamu terlihat bingung. Bisa saya bantu?
TriaYes, I’m looking for a shoes.Ya, saya sedang mencari sepatu.
SmithWhat size are you?Ukuran berapa kamu?
Tria33.33.
SmithHow about this one?Bagaimana dengan yang ini?
TriaNo, I don’t like it.Tidak, saya tidak suka yang itu.
SmithThis?Yang ini?
TriaOh, yes, that's nice, I like it. Can I try it on?Oh, ya. Itu bagus, saya suka itu. Boleh saya mencobanya?
SmithCertainly, the changing rooms are over there.Tentu saja, ruang gantinya ada disana.
TriaOkay, thank you.Oke, terimakasih.
SmithHow does it fit?Apakah itu cocok/pas?
TriaYeah, it’s good. Thanks.Ya, ini bagus. Terimakasih.
SmithDon’t mention it. By the way, my name is Smith. What’s your name?Sama-sama. Ngomong-ngomong, nama saya Smith. Siapa nama kamu?
TriaMy name is Tria.Nama saya Tria.
SmithAre you from Indonesia, Tria?Apakah kamu dari Indonesia, Tria?
TriaYes, I’m from Indonesia. Where are you from, Smith?Ya, saya dari Indonesia. Dari mana kamu, Smith?
SmithI’m from America.Saya dari amerika.
TriaOh, what city are you from?Oh, dari kota mana?
SmithI’m from Texas.Saya dari Texas.
TriaTexas? Wow, great city.Texas? Wow, kota yang hebat.
SmithYeah.Ya.
TriaWhat are actually you doing here? Are you studying? Or just having holiday?Apa yang sebenarnya kamu lakukan disini? Apakah kamu sedang belajar (kuliah)? Atau hanya sedang liburan?
SmithI’m working here. I have worked in this city since 2010. I’m sales manager in PT. ABCSaya bekerja disini. Saya telah bekerja dikota ini sejak tahun 2010 silam. Saya adalah seorang menajer penjualan di PT. ABC.
Tria Wow.. it’s really good, Smith.Wow, itu sangat bagus, Smith.
Smith Yeah, thank you.Ya, terimakasih.
Tria Okay, Smith. I have to go, pleased to meet you.Oke, Smith. Saya harus pergi, senang bertemu denganmu.
SmithOkay, pleased to meet you, Tria.Oke, senang bertemu dengan kamu, Tria.

Dalam percakapan perkenalan ada beberapa yang sekiranya perlu anda perhatikan, diantaranya:
Gesture tubuh yang baik, sikap anda setidaknya harus meyakinkan, maksudnya jangan sampai orang yang baru kita kenal tersebut merasa bahwa anda memiliki niat jahat. Walaupun niat anda baik, tapi jika anda tidak dapat mengontrol sikap, maka akan sia-sia.

Tenang, saya pernah mengatakan dalam artikel sebelumnya bahwa dalam perkenalan tidak perlu gugup, apalagi takut. Perkenalan itu bukan suatu hal yang mengerikan kok, malah sangat menyenangkan. Mungkin bagi yang belum terbiasa akan sulit, tapi setidaknya anda harus bisa belajar dengan masalah ini. Ketenangan membuat anda terlihat meyakinkan.

Sopan santun, dimana pun dan kepada siapa pun anda bicara sebuah sopan satun itu suatu hal yang wajib. Apalagi dengan orang yang baru anda kenal.

Intinya dalam perkenalan, tunjukkanlah hal-hal yang positif, buang sikap negative anda.
---
Oke, mungkin itu saja ulasan dan contoh percakapan perkenalan dalam bahasa inggris yang dapat saya berikan kepada anda semuanya. Semoga ulasan dan contoh percakapan perkenalan dalam bahasa inggris diatas dapat memberikan anda wawasan ketika anda akan berkenalan dengan seseorang kelak.

Nah, sekarang ada baiknya anda mencoba untuk memperkenalkan diri anda kepada saya terlebih dahulu, beritahu saya nama, alamat, pekerjaan, dan apa-apa saja tentang diri anda. Beritahu saja dengan memberikan komentar pada kotak comment yang tersedia dibawah.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
March 21, 2016 at 10:06 PM ×

hi..my name is ranie ratnasari, my nick name is ranie
i'm from indonesia and i live in pekanbaru city, i'm 31 years old single women, i love traveling, food and nature..i like visiting your site..i like to improve my english here, so i wanna say thank you for your lesson, its very helpful.
please correct me :)

Reply
avatar
March 22, 2016 at 4:44 AM ×

Perfect, Ranie... And thanks have been visiting this blog :-bd

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon