Perbedaan Penggunaan Other dan Another

Advertisement
Perbedaan Penggunaan Other, Others, The Other, The Others, dan Another – Ketika anda mempelajari bahasa inggris, tentu kalian sering sekali menemukan kata-kata yang mirip satu dengan yang lainnya namun memiliki makna yang sama dengan penggunaan yang berbeda-beda, hal ini akan menyebabkan kebingungan. Contoh kata-kata yang mirip seperti “have, has, had”, “a, an”, “believe, beliefe”, “even, event”, dan masih banyak lagi.

Salah satu kata yang mirip namun memiliki penggunaan yang berbeda-beda adalah kata other dan another. Kata other dan another sebenarnya berasal dari satu kata, yaitu other. Seperti halnya kata have, has, dan had yang bersumber pada kata have.

Other terbagi menjadi dua yaitu other dan another, kata other dapat di kembangkan menjadi others, the other, dan the others. Tiap-tiap kata tersebut penggunaannya berbeda-beda, secara garis besar penggunaannya terbagi menjadi dua, yaitu di gunakan sebagai adjective (kata sifat) dan juga di gunakan sebagai pronoun (kata ganti).

Arti Kata Other
Sebelum pembahasan masuk pada perbedaan penggunaannya, alangkah baiknya terlebih dahulu anda memahami dengan seksama arti dari kata other, others, the other, the others, dan another. Setiap kata tersebut memiliki arti “lain/lainnya” namun sedikit berbeda maknanya.
Other/anotherContoh Maksudnya
AnotherAnother bagMaksudnya ada satu tambahan tas lainnya terlepas dari tas yang sebelumnya.
Other/othersOther bagsMaksudnya ada beberapa tambahan tas lainnya terlepas dari tas yang sebelumnya.
The other/the othersThe other bagSisa tas yang ada selain tas yang sebelumnya.
Sebelumnya, baca juga: Perbedaan penggunaan search, look for, dan seek.

Perbedaan Penggunaan Kata Other dan Another
Untuk menjelaskan letak perbedaannya dari setiap kata, akan lebih mudah jika anda mempelajari masing-masing penggunaannya.

Perbedaan Penggunaan Other dan Another
Di gunakan sebagai kata sifat (adjective)
Tidak semua kata dapat di gunakan sebagai kata sifat, kata other yang bisa di gunakan sebagai kata sifat adalah kata another, other, dan kata the other. Kata-kata ini akan di ikuti oleh noun (kata benda), another untuk singular noun (tunggal), other untuk plural noun (jamak), sedangkan the other bisa di gunakan untuk singular noun maupun plural noun.

Sebagai contoh:
  1. Another cat
  2. Other cats
  3. The other cat
  4. The other cats
Contoh dalam sebuah kalimat:
In my house there are six cats, one belongs to my brother, another cat belongs to my mother, other cats belongs to my sister, and the other cat belongs to me. (Di rumah saya ada enam kucing, satu di miliki oleh saudara laki-laki saya, satu kucing lainnya di miliki oleh ibu saya, beberapa kucing lainnya di miliki oleh saudara perempuan saya, dan satu sisanya di miliki oleh saya.)

Perhatikan pada bagian yang terakhir, yaitu “and the other cat belongs to me”, ini menandakan bahwa kucing satu sisanya adalah milik saya. Berbeda halnya jika “and the other cats belongs to me”, artinya ada beberapa sisa kucing (lebih dari satu) yang merupakan milik saya.
Advertisement




Di gunakan sebagai kata ganti (pronoun)
Kata yang bisa di gunakan sebagai kata ganti adalah kata another, others, the other, dan juga kata the others. Penggunaan sebagai kata ganti ini tidak di ikuti dengan noun, namun justru mengganti keberadaan noun. Another untuk mengganti noun tunggal, others untuk jamak, the other untuk tunggal, dan the others untuk jamak.

Jika dalam penggunaan sebagai adjective di atas di contohkan menggunakan noun berupa cat,dalam penggunaan ini cat akan hilang tanpa menghilangkan maknanya.

Sebagai contoh:
In my house there are six cats, one belongs to my brother, another belongs to my mother, others belongs to my sister, and the others belongs to me.

Pada bagian terakhir “and the others belongs to me”, artinya ada beberapa sisa kucing lainnya yang merupakan milik saya.

Lebih Banyak Contoh Kalimat Other Another
Other/anotherArti
We saw elephants and lions, among other animals.kami melihat gajah dan singa, di antara hewan lainnya
There are some other familiar faces within the cast, but no one overtly famous.Ada beberapa wajah-wajah lain dalam pemain, tapi tidak ada yang terang-terangan terkenal.
A couple of her other friends.Beberapa teman-temannya yang lain
He said he hoped to spend the night with his daughter before seeking another home this morning.Dia mengatakan dia berharap untuk menghabiskan malam dengan putrinya sebelum mencari rumah lain pagi ini.
His wife left him for another man.Istrinya meninggalkan dia untuk pria lain.
Moving from one place to anotherBergerak dari satu tempat ke tempat lain
I saw one girl whispering to another.Aku melihat seorang gadis berbisik ke yang lain.
He blew out one of the candles and moved the other one.Dia meniup salah satu lilin dan pindah (meniup) yang lain (satu yang lain).
They had two little daughters, one a baby, the other a girl of twelve.Mereka memiliki dua anak perempuan kecil, satu bayi, yang lain seorang gadis dua belas tahun.
First, concentrate only on the important tasks, then move on to the others.Pertama, berkonsentrasi hanya pada tugas-tugas penting, kemudian beralih ke yang lain (hal-hal yang lain – banyak).
The couple had one biological child and adopted three others.Pasangan ini memiliki satu anak biologis dan mengadopsi tiga orang lainnya.

---
Ok, mungkin hanya itu saja ulasan yang dapat saya berikan kepada anda seputar perbedaan penggunaan other, others, the other, the others, dan another. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan menambah pemahaman anda semuanya.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon