Variasi Membalas Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
Variasi Membalas Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris – Ada bermacam-macam gaya bahasa dan kalimat yang bisa kamu gunakan untuk memberikan respon atau membalas ucapan terimakasih dari orang lain. Membalas ucapan terimakasih merupakan bentuk keformalitasan dan kesopanan yang kita tunjukkan kepada orang lain. Dengan membalas ucapan terimakasih, kita menunjukkan sikap yang ramah, tidak acuh tak acuh, rendah hati, serta menghargai ucapan terimakasih dari orang lain tersebut.

Kamu mungkin sudah mengetahui kalau membalas ucapan terimakasih itu bisa dengan mengucapkan “you’re welcome/you are welcome”, ucapan ini paling sering dan paling umum digunakan, saking seringnya saya sendiri jadi sedikit bosen mendengar dan melihatnya, apalagi menggunakannya :D. kalau kamu juga bosen dengan ungkapan You’re welcome, kamu boleh mengunakan variasi-variasi lainnya.

Ada banyak variasi yang bisa kamu gunakan, nah apa sajakah itu? Berikut saya berikan variasi membalas ucapan terimakasih dalam bahasa inggris yang sampai saat ini saya ketahui, variasi ini tentu saja acceptable dan cukup sering digunakan.

Selain you’re welcome/you are welcome, variasi ucapan lainnya di antaranya adalah:

Sebelumnya, baca juga: Variasi ucapan selamat ulang tahun.

Variasi Membalas Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris

Don’t Mention It
Artinya “gak apa-apa/jangan sebutkan itu/terimakasih kembali”. Ini adalah ucapan kesopanan untuk membalas ucapan terimakasih atau permintaan maaf dari orang lain, yang sebenarnya ucapan terimakasih dan permintaan maaf tersebut tidak perlu diucapkan oleh orang tersebut. Artinya kita sudah sangat ikhlas, dan tidak mengharapkan ucapan terimakasih dari orang itu.

Contoh:
  • Don’t mention it, dear boy.
  • Man, don't mention it; what are friends for?
  • No, don't mention it; I'm sorry I knocked you over.
  • Please don't mention it.
Not At All
Artinya “tidak perlu/tidak sama sekali”, ini bisa juga kalian gunakan untuk membalas ucapan terimakasih atas bantuan kecil dan tidak memberatkan yang kamu berikan kepada orang lain.
Advertisement




No Problem
Artinya “tidak masalah”, bisa juga kamu gunakan kalau bantuan yang kamu berikan memang benar-benar bukan menjadi masalah bagimu, ini hampir sama dengan not at all. Sebagai alternative, kamu juga bisa mengucapkan no worries, ini sangat umum digunakan di Australia.

My Pleasure
Artinya “dengan senang hati”, lebih cocok kamu gunakan ketika ada orang yang mengucapkan terimakasih karena terbantu dengan karya atau usaha keras yang kamu lakukan, tidak sekedar bantuan biasa, walaupun ini juga bisa kamu gunakan untuk bantuan biasa. Sebagai alternative, kamu juga bisa mengucapkan “It was a pleasure”,  “It was my pleasure”.

Ungkapan Lainnya
Masih ada banyak variasi membalas ucapan terimakasih yang bisa kamu ucapkan, seperti:
  • No sweat – “perkara mudah/gampang”
  • No biggie – singkatan dari no big deal, artinya “bukan masalah besar/gampang”
  • You’re quite welcome – “terimakasih kembali”
  • You’re very welcome – “terimakasih kembali”
  • It’s ok – “Oke”
  • It’s no bother – “Gak masalah”
  • It’s/that’s all right – “Gak masalah”
  • It’s nothing -“Gak perlu / gak apa-apa”
  • Sure – So pasti
  • Sure thing – “Pastinya”
  • Certainly – “so pasti/pastinya”.
  • Anytime - “Selalu/kapan saja”
Tapi bagaimana pun, sebenarnya kamu boleh menggunakan ungkapan manapun dalam situasi apapun, kecuali dalam komunikasi formal seperti penelitian, undangan, dan sebagainya. Kalau formal, saya sarankan kamu menggunakan you are welcome saja, karena ungkapan ini paling diterima secara umum, enggak cuma di formal saja, you are welcome masing menjadi yang paling diterima disegala situasi dan kondisi. Atau suatu ketika kalau kamu ragu mau menggunakan yang mana, maka gunakan saja you are welcome.

Selanjutnya: Aturan penggunaan s/es.
----
Oke, itulah beberapa variasi membalas ucapan terimakasih dalam bahasa inggris yang bisa kamu gunakan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menambah ilmu serta pengetahuan kalian semua. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon