Penggunaan Cannot, Can Not, dan Can’t, Mana Yang Benar?

Advertisement
Penggunaan Cannot, Can Not, dan Can’t, Mana Yang Benar? – Memilih mana yang benar diantara ketiganya tidak bisa dilakukan, kesemuanya benar dan dapat diterima, baik dalam American English maupun British English. Hanya saja, di sini yang membedakan adalah penggunaannya yang terkadang berbeda disesuaikan maksud dan tujuannya. Artinya, antara cannot, can not, dan can’t bisa digunakan untuk kondisi tertentu dengan makna yang sama, namun ada situasi dimana cannot tidak bisa digunakan, dan situasi tersebut hanya bisa menggunakan can not atau can’t saja.

Untuk memahami hal ini, berikut saja berikan penjelasan lengkapnya disertai dengan contoh kalimat cannot, can not dan can’t.

Sebelumnya, baca juga: Penggunaan can dan could.

Penggunaan Cannot, Can Not, dan Can’t, Mana Yang Benar?

Penggunaan Cannot dan Can Not
Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa cannot (satu kata) dan can not (dua kata) dapat di terima di American English maupun British English. Pada dasarnya cannot itu hanyalah singkatan (contraction) dari can not yang memiliki arti “tidak bisa/tidak mampu/tidak dapat”. Pada situasi tertentu, baik cannot maupun can not dapat digunakan dengan makna yang sama, yaitu ketika maknanya “tidak bisa/tidak mampu/tidak dapat”, artinya ketika anda ingin mengungkapkan sesuatu hal yang “tidak bisa/tidak mampu/tidak dapat” maka anda boleh menggunakan cannot maupun can not sesuai selera anda.

Namun yang perlu diperhatikan, cannot lebih sering digunakan bahkan dianggap lebih formal, lebih umum, dan lebih berterima, sedangkan can not jarang sekali yang menggunakannya dalam hal ini, bahkan para ahli bahasa pun menyarankan untuk tidak menggunakan can not sehingga di sini saya juga menyarankan kepada anda untuk menggunakan cannot saja, walaupun perlu diakui bahwa penggunaan can not juga tidak bisa disalahkan.

Namun ada situasi dan kondisi tertentu di mana can not malah wajib anda gunakan ketimbang cannot, bahkan dalam situasi dan kondisi ini penggunaan cannot menjadi terlarang. Situasi yang dimaksud adalah suatu situasi yang menunjukkan sebuah pilihan atau menggunaan dalam suatu set phrase seperti “not only … but also”.

Sebagai contoh:
  • You can buy this book, or you can not buy this book. It’s up to you. (Kamu boleh membeli buku ini, atau kamu boleh tidak membeli buku ini.) – Di sini jelas anda sebuah pilihan yang diberikan antara “boleh membeli” dan “boleh untuk tidak membeli”.
  • I can not only play Football, but I can also play Basketball. (Saya tidak hanya dapat bermain sepakbola, tapi saya juga dapat bermain basket.)
  • Budi can not only sing but dance too. (Budi tidak hanya bisa bernyanyi tapi menari juga.)
Advertisement




Penggunaan Can’t
Terkadang penggunaan cannot atau can not memang serasa cukup membingungkan, karena itulah ada banyak yang memilih untuk menggunakan can’t. Pada dasarnya can’t adalah singkatan dari cannot atau can not. Ketika anda bingung atau ragu-ragu dalam memilih menggunakan cannot atau can not, maka solusinya adalah menggunakan can’t, karena can’t bisa digunakan untuk semua situasi dan kondisi, dan can’t ini juga cukup umum digunakan. Tapi, itu hanya berlaku untuk informal writing saja, jadi untuk formal writing can’t tidak disarankan.

Intinya, ketika anda bingung antara menggunakan cannot atau can not, anda boleh menggunakan can’t, tapi dengan syarat di informal writing. Ketika di formal writing, sebetulnya anda masih boleh menggunakan can’t, namun hal itu tidak disarankan oleh para ahli bahasa, kenapa? Namanya aja formal, maka harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, can’t itukan singkatan jadi secara bahasa tidak baik dong digunakan di formal writing, contoh di surat resmi, undangan, laporan ilmiah, jurnal, penelitian, dan sebagainya.

Contoh Kalimat Cannot, Can Not, dan Can’t
Contoh kalimatArti
Contoh kalimat cannot:
Sorry, I cannot help you.Maaf, saya tidak bisa membantumu.
I cannot understand him.Saya tidak bisa memahami dia.
I cannot do it!Saya tidak bisa melakukan itu.
You cannot change the world.Kamu tidak bisa mengubah dunia.
Contoh kalimat can not:
He can not only speak English, but he can also speak Spanish.Dia tidak hanya bisa bicara bahasa inggris, tapi juga bisa bicara bahasa spanyol.
Real Madrid can not only win the La Liga, but also win the Euro Champion league.Real Madrid tidak hanya bisa memenang La Liga, tapi juga bisa memenangkan liga Champion Eropa.
I can see it or I can not see it.Saya boleh melihat atau saya boleh tidak melihatnya.
Contoh kalimat can’t:
You can`t leave it here.Kamu tidak boleh meninggalkan itu di sini.
I can’t wait for the holiday, it will be wonderful.Saya tidak bisa menunggu liburan, itu akan indah sekali.
They can’t come to your wedding party.Mereka tidak bisa datang di pesta pernikahanmu.
Selanjutnya, pelajari juga: Penggunaan just dan only.

Oke, itulah sedikit ulasan mengenai penjelasan penggunaan cannot, can not, dan can’t yang dapat saya berikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon