Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Introduction)

Advertisement
Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Introduction) – Terkadang kita diharuskan untuk memperkenalkan diri kita kepada orang lain, baik ketika kelas baru dimulai, di forum-forum tertentu, atau hanya sekedar memperkenalkan diri kita kepada orang yang baru kita jumpai. Jika memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia mungkin sudah tidak menjadi masalah yang besar, namun akan menjadi suatu problem tersendiri jika kita diharuskan memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris, ada yang mengatakan bahwa memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris tidak semudah menggunakan bahasa Indonesia. Sebenarnya tidak sesulit itu, hanya butuh sedikit waktu untuk mempelajarinya saja.

Mungkin materi cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris yang akan kita bahas ini dapat membantu kalian, selamat menyimak.

Kenapa Harus Repot-repot Untuk Memperkenalkan Diri
Jangan salah, perkenalan adalah hal yang sangat penting karena aktivitas ini adalah suatu bentuk aktivitas awal kita untuk menjalin suatu pola hubungan dan kondisi yang kondusif antar sesama. Keuntungan yang kalian dapat adalah kalian sendiri akan merasa nyaman bergaul dengan orang yang sudah kalian kenal, iya’kan? Bahkan ada ucapan ‘tak kenal maka tak sayang”, nah itu kuncinya.

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Introduction)

Apa Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Memperkenalkan Diri
Sebelum kalian memperkenalkan diri kepada orang lain, pikirkan terlebih dahulu bagaimana kalian akan memperkenalkan diri, mungkin point-point berikut ini dapat membantu kalian :

Ketenangan, perkenalan bukanlah sesuatu yang mengerikan dan menakutkan, jadi tidak ada alasan untuk gugup, grogi, apalagi takut. Bicaralah dengan santai, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan dengan perlahan.

Sopan santun dan gesture tubuh, perhatikan bahasa yang akan kalian pakai, sopanlah (jangan pula membicarakan hal-hal yang tidak senonoh/tidak baik/jorok). Jangan sampai orang lain merasa tidak dihormati dan dihargai. Perhatikan pula tingkah kalian, jangan melakukan banyak gerakan yang tidak penting, bergeraklah seperlunya.

Salam dan jabat tangan, berilah salam yang hangat kepada orang lain ketika kalian akan memperkenalkan diri. Jika dirasa perlu dan memungkinkan, berjabat tangan adalah hal yang sangat dianjurkan.

Baca juga: Contoh percakapan perkenalan dalam bahasa inggris.

Langkah-langkah Dalam Memperkenalkan Diri
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian lakukan ketika memperkenalkan diri kalian :

Salam dan menyapa, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan salam dan menyapa, gunanya untuk melebur rasa tegang dan agar kamu dan orang lain merasa nyaman. Dalam memberi salam dan menyapa, kalian dapat menggunakan “Hi, everyone. Good morning”,”Hello everybody, good evening”, “Assalamu’alaikum Wr.Wb. Good afternoon everyone”, atau menggunakan salam dan sapaan sesuai dengan yang kalian inginkan.

Utarakan maksud kalian, dalam memperkenalkan diri, tentu maksud dan tujuan kalian adalah memperkenalkan diri kalian masing-masing, dalam mengutarakan maksud dan tujuan, sobat dapat menggunakan “Let me introduce myself”, “I would like to introduce myself”, “Allow me to introduce myself”, “I’m here to introduce myself”. Atau kalian dapat menggunakan kalimat-kalimat lain untuk mengutarakan maksud dan tujuan dalam perkenalan yang akan dilakukan.
Advertisement




Mulailah memperkenalkan diri, ketika kalian telah memulai dalam memperkenalkan diri, sampaikan nama lengkap kalian, nama panggilan, alamat dan asal, dan hal-hal lainnya yang dirasa perlu. Untuk menyampaikan nama lengkap, kalian dapat menggunakan “My complete name is…”, “My name is…”. Sedangkan untuk nama panggilan, kalian dapat menggunakan “My nickname is..”, “You can call me..”.

Sampaikan kalimat penutup, untuk memberikan kalimat penutup, kalian dapat menggunakan “It is a pleasure to meet you”, “Nice to meet you”, “Thank you for your attention”, “Thank you very much”, “This is the end of my self-introduction”, atau kalimat-kalimat lainnya yang kalian sukai.

Contoh Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris
Anda dapat melihat dan mendengarkan contoh memperkenalkan diri dalam video di bawah ini. Enjoy.



Contoh pertama :
"Hello everyone, good afternoon. Allow me to introduce myself, my name is Bambang Sucipto, you can call me Bambang. I’m from Yogyakarta and I live at Jl. Senopati KM 8, Bantul. And I was born in Bantul, October 27th 1993.

I live with my parents. My mother's name is Mrs. Azahri, and my father's name is Mr. Sucipto. My father is a journalist while my mother is an elementary school teacher.
Okay, I Think that’s all and It is a pleasure to meet you. I hope we can be a good friend. Thank you very much."


Terjemahan :
"Halo semuanya, selamat siang. Izinkan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya Bambang Sucipto, kalian bisa memanggilku Bambang. Saya berasal dari Yogyakarta dan saya tinggal di Jl. Senopati KM 8, Bantul. Dan saya lahir di Bantul, 27 Oktober 1993.

Saya tinggal dengan orangtua saya, ibuku bernama Azahri, dan ayahku bernama Sucipto. Ayahku adalah seorang wartawan sedangkan ibuku adalah seorang guru SD.
Oke, saya rasa itu saja dan senang bertemu dengan kamu. Aku harap kita dapat menjadi teman yang baik. Terimakasih banyak."

Contoh kedua :
"Assalamu’alaikum Wr.Wb. Good afternoon everyone. I would like to introduce myself, I’m Muhammad Subrata and you can call me Subrata. I’m from Makassar, I moved from Makassar to this city because I will study at one of the universities in this city. In this city, I live at boarding house, and my boarding house at Jl. Senturan Kulo, Umbulharjo.

In boarding house, I live alone, not with my parents. My father’s name is Mr. Gilang, he is an accountant, while my mother’s name is Mrs. Farida, she is a housewife.


I was born in Makassar, December 22nd 1995. And by the way, I have many hobbies, one of my hobbies is swimming, I really like to swim. If any of you who also like to swim, I hope someday you want to swim with me.


That’s all and thank you for your attention. Nice to meet you all."


Terjemahan :
"Assalamu’alaikum Wr.Wb. selamat siang semuanya. Saya ingin memperkenalkan diri saya, saya Muhammad Subrata dan anda bisa memanggil saya Subrata. Saya dari Makassar, saya pindah dari Makassar ke kota ini karena saya akan belajar di salah satu universitas yang ada di kota ini. In this city, saya tinggal di kos, dan kos saya di Jl. Senturan Kulo, Umbulharjo.

Di kos, saya tinggal sendiri, tidak dengan orangtua saya. Ayah saya bernama Gilang, dia adalah seorang akuntan, sedangkan ibu saya bernama Farida, dia adalah seorang ibu rumah tangga.

Saya lahir di Makassar, 22 Desember 1995. Dan ngomong-ngomong, saya punya banyak hobi, salah satu hobi saya adalah berenang, saya benar-benar suka berenang. Jika diantara kamu ada yang suka berenang juga, aku harap suatu hari nanti kamu mau berenang dengan saya.

Itu saja dan terimakasih atas perhatian kalian. Senang bertemu dengan kalian semua."

Selanjutnya: Contoh percakapan memesan hotel via telepone menggunakan bahasa inggris.
------------
Oke, diatas adalah cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris (Introduction) beserta contohnya yang dapat kalian pelajari. Semoga berguna dan bermanfaat. Jangan lupa untuk mencoba-coba membuat introduction kalian masing-masing. Nah sekarang biarkan saya mengenal diri anda, perkenalkan diri anda kepada saya melalui kotak komentar dibawah, saya tunggu ya.
Advertisement
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
nyaa
admin
August 19, 2015 at 10:03 PM ×

semoga berkah ilmunya.. terimakasih.. beberapa hari ini saya buka2 blog ini saya catet setiap materi english yg ada. makasih banyak mas.

Reply
avatar
August 19, 2015 at 10:53 PM ×

Iya, sama-sama. Semoga bermanfaat ya materinya.

Reply
avatar
aris
admin
March 16, 2016 at 10:34 AM ×

mau tanya mas, saya baru mulai belajar bahasa inggris , untuk urutan belajarnya sebaiknya mulai dari mana? basic dulu, speaking terus lanjut ke parts of speech ? ato gimana mas baiknya ?

Reply
avatar
March 17, 2016 at 10:59 AM ×

Belajar bahasa inggris tidak terlalu ribet, malahan sangat menyenangkan. Terlalu lama jika kamu mengurutkan seperti itu, pada hari kamu belajar, kamu bisa mempelajari lebih dari satu materi, misalkan spelling dan tenses, parts of speech passive voice.

Urutan belajar memang penting, tapi kalau menurutku malah membosankan. Akan lebih menyenangkan jika mas Aris belajar materi yang membuatmu tertarik, walau nanti mas Aris menemukan bagian yang tidak dimengerti, disitulah mas Aris malah bisa belajar yang lainnya.

Jadi kalau menurutku, belajar dulu yang paling menarik bagi saudara, secara natural kamu juga akan belajar pula hal-hal yang terkait. Dan yang paling penting, jangan cuma mengangan-angan, tapi segera dilakukan.

Selamat belajar mas Aris.

Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon