Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris

Advertisement
Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris – Dalam postingan kali ini, bukanlah sebuah pembahasan materi seputar bahasa inggris yang biasa kita bahas, namun lebih fokus pada beberapa tips yang akan saya berikan kepada kalian yang sedang berusaha keras dalam mempelajari bahasa inggris. Ternyata masih banyak orang yang kesulitan dalam belajar bahasa inggris, mungkin termasuk kalian. Sebenarnya penyebab kesulitan tersebut sangatlah sederhana, kebanyakan karena malas, tidak konsisten, dan tergesa-gesa. Kuncinya adalah atasi terlebih dahulu masalah yang melekat pada diri kalian.

Selengkapnya bisa kalian baca tips cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris berikut ini.

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional.

Atasi Masalah Bawaan Diri Kalian
Ini mungkin hambatan yang paling berat untuk dilalui, tapi mau gimana lagi, kalau kalian serius maka niatkan untuk melawan masalah yang sering melekat pada diri kalian sendiri. Masalah tersebut dapat berupa rasa malas, kantuk, bosen, dan sebagainya. Ini adalah sebuah tips yang harus kalian lakukan sebelum kalian memilih metode yang paling tepat dalam proses belajar bahasa inggris.

Ingat bahwa sebaik apapun metode yang diterapkan tidak akan berhasil jika masalah dalam diri kalian belum kalian atasi. Lalu bagaimana caranya mengatasi masalah dalam diri kalian? Jawabannya sangat sederhana, yaitu paksa. Yah, kalian harus memaksa diri kalian untuk melawan rasa malas, kantuk, bosen dan sebagainya yang menjadi problem. Tentu memaksa diri kalian tidaklah mengenakkan, tapi mau gimana lagi jika tidak kalian paksa, mau siapa lagi yang memaksa jika bukan diri kalian sendiri. Toh, nantinya manfaat belajar bahasa inggris yang sangat besar akan kalian dapatkan.

Ketahui manfaat dan pentingnya bahasa inggris


Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris

Tentukan Tujuan
Akan sangat hambar rasanya jika melakukan sesuatu tanpa tujuan yang jelas, begitu juga dalam belajar bahasa inggris. Sebelum memulai belajar, tentukan terlebih dahulu tujuan yang akan dicapai setelah kalian belajar bahasa inggris. Tujuan akan bermacam-macam dan sangat beragam tergantung dengan kalian, ada yang bertujuan untuk akademik, dunia kerja, atau hanya sekedar gaya hidup saja. Yang paling penting, kalian harus memiliki tujuan yang jelas terlebih dahulu.

Kalian tentu paham rasanya jika sebuah tujuan yang kalian inginkan tidak tercapai, tentu tidak mengenakkan rasanya, iya’kan? Nah, dari situ sebuah tujuan dapat kalian jadikan motivasi dalam proses belajar, ketika kalian memiliki tujuan dalam belajar bahasa inggris dan tidak mau tujuan kalian tersebut gagal, maka semangat kalian akan menggebu-gebu karena kita semua tidak mau tujuan kita tidak tercapai, kita harus berusaha keras mewujudkan tujuan kita.
Advertisement




Pilih Metode Yang Paling Kalian Sukai
Setelah kalian mengatasi masalah dalam diri kalian dan menentukan tujuan yang akan dicapai dalam belajar bahasa inggris, langkah selanjutnya adalah memilih metode apa yang akan kalian terapkan dalam proses belajar. Dalam memilih metode belajar, kalian harus memilih metode yang paling kalian sukai, yang membuat kalian nyaman, yang sanggup kalian lakukan. Ada beberapa metode yang dapat kalian lakukan, semisal belajar secara otodidak, belajar dengan teman dan atau dengan senior, mengambil kursus, ataupun belajar secara online yang kini sangat marak digemari oleh banyak kalangan.

Mungkin metode yang paling menarik dari sekian banyak metode belajar adalah belajar secara online. Dengan belajar secara online, kita bisa belajar dengan memilih waktu yang kita inginkan, tempatnya juga sangat tergantung dengan keinginan kalian, bisa dirumah, ditempat main, dan dimana saja sesuai dengan keinginan kalian. Salah satu blog yang menyediakan jasa belajar bahasa inggris online dan gratis adalah blog ini (Blog yang sedang kalian kunjungi ini), dalam blog ini kalian bebas mengakses kapan saja dan dimana saja. Materi yang disajikan juga dibahas dengan cukup jelas dan mudah dipahami, untuk melihat materi apa saja yang ada di blog ini, silahkan kunjungi PetaSitus pada menu atas. Silahkan simak dan cermati materi yang disajikan sepuasnya, mumpung gratis’kan!

Pelan-pelan dan Terus Berlatih
Nah, setelah kalian menentukan metode apa yang akan kalian terapkan, selanjutnya kalian masuk pada proses belajar. Dalam proses belajar, selain belajar dengan serius dan sungguh-sungguh, hal yang tidak boleh kalian abaikan adalah kesabaran dan konsisten. Jangan tergesa-gesa untuk belajar cepat, jika kalian ingin belajar secepat mungkin maka kalian malah akan memerlukan waktu belajar yang jauh lebih lama, kita perlu pemahaman yang mendalam, beri waktu kepada diri kita sendiri untuk berpikir dan memahami  apa yang kita dapatkan, biarkan ilmu yang didapat mengendap dan melekat kedalam pikiran dan ingatan kita, dengan begitu kita memang sedikit mengorbankan waktu namun pemahaman yang mendalam akan kita dapat tanpa mudah melupakannya, cara ini akan lebih menghemat waktu daripada belajar secepat mungkin yang hanya akan memudahkan kita melupakan apa yang kita pelajari.

Poin yang kedua adalah konsisten, ketika kalian telah menguasai sebuah materi dalam bahasa inggris, jangan berhenti untuk berlatih, asah terus apa yang kalian pahami, saling tukar pemahaman dengan teman dan kerabat, masuk komunitas tertentu, mencoba ngobrol dengan orang asing, dan cara-cara lain yang dapat membuat kalian terus berlatih bahasa inggris.

Santai dan Nikmati
Tips cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris yang terakhir adalah dengan santai dan nikmati. Jangan jadikan belajar English sebagai beban hidup, anggap saja ini adalah sebuah makanan ataupun minuman yang enak disantap dan diseduh. Ingat, English is just like a cup of tea. Tapi ingat juga, kita boleh santai tapi tetap bersungguh-sungguh dan tak mau gagal.
----
Oke, mungkin itu saja tips cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris yang dapat saya persembahkan kepada kalian. Harapan saya, semoga tips diatas dapat membantu kalian semuanya dalam proses belajar. Selamat belajar, semoga dapat meraih tujuan yang kalian inginkan.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon