Peluang Kerja Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Advertisement
Peluang Kerja Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris - Setelah lulus dalam pendidikan di perguruan tinggi, hal yang paling utama adalah mencari peluang pekerjaan. Pekerjaan yang dipilih tentu tidak akan jauh dari program studi yang telah kamu ambil di universitas tempat kamu menimba ilmu. Sebagai contoh, apabila kamu mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Profesi yang bisa kamu ambil yang berkaitan dengan bidang tersebut, yaitu bidang Pendidikan bahasa inggris.

Mungkin ada beberapa mahasiswa yang telah mempunyai pengalaman bekerja ketika masih berstatus mahasiswa. Hal ini sangat menguntungkan sekali karena kamu hanya melanjutkan keahlian dan pengalaman kamu dalam pekerjaan tersebut. Tetapi banyak lulusan dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mungkin masih baru dalam mendapatkan informasi tentang pekerjaan, ataupun belum mempunyai pengalaman dalam bekerja.

Kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa pekerjaan yang sangat cocok dan menguntungkan bagi kamu untuk dijadikan pekerjaan secara professional. Berikut beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan pendidikan Bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan mata pencaharian:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional.

Peluang Kerja Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris

1. Pengajar Bahasa Inggris
Profesi sebagai guru sangat berhubungan erat dengan jurusan yang kita ambil di perguruan tinggi, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris. Program studi ini memfokuskan mahasiswanya untuk mempunyai keahlian dalam bidang pendidikan, serta memberikan ilmu kepada para lulusannya untuk berkecimpung dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran.

Jurusan ini juga, memberikan ijazah berupa Akta IV yang merupakan persyaratan khusus bagi para lulusan pendidikan bahasa Inggris untuk menjadi guru. Guru merupakan profesi yang mulia. Karena guru memberikan ilmu dan mengajarkan sikap tauladan yang baik bagi siswa-siswanya.

Dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini, kamu pun dapat melanjutkan profesi ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu menjadi Dosen Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan kualifikasi pendidikan S2 ataupun S3 yang kamu punya, kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda profesi sebagai guru sebelumnya. Dengan menjadi Dosen, ada beberapa tugas wajib yang harus kita laksanakan, contohnya penelitian dan pengabdian masyarakat. Kamu harus konsisten dalam melakukan penelitian dan berperan aktif adalam kegiatan masyarakat.

Jadi, tidak perlu khawatir dengan profesi yang akan kamu jalani nanti, menjadi guru ataupun dosen merupakan pilihan utama setelah kita bergelar sarjana Pendidikan Bahasa Inggris.

2. Penerjemah
Profesi ini sangat dibutuhkan oleh orang – orang yang berkecimpung di dunia pekerjan dengan berbagai bidang keahlian. Contohnya bidang hukum, ekonomi, ataupun bidaang pariwisata.
Orang, ataupun perusahaan di bidang – bidang tersebut membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen, surat, jurnal, ataupun suatu materi pelatihan di suatu perusahaan ataupun instansi pemerintahan.

Karena kamu merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris, jadi fokus terjemahannya mencakup penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, ataupun sebaliknya. Banyak orang, perusahaan, ataupun instansi yang membutuhkan jasa ini, karena mereka melakukan kerjasama ataupun mendapatkan partner kerja yang berasal dari luar negeri, terutama Negara yang berbahasa inggris.
Jadi, jangan ragu untuk menjadi seorang penerjemah, Karena kamu akan mendapatkan hal baru dan tentu akan meningkatkan kosakata Bahasa Inggris kamu dari berbagai bidang ilmu.
Advertisement




3. Pegawai Negeri / Swasta
Bahasa Inggris merupakan skill yang harus dimiliki bagi setiap orang. Apabila orang tersebut mempunyai keahlian Bahasa Inggris, tentu akan mudah mendapatkan pekerjaan dan akan mempunyai nilai tambah bagi instansi atau perusahaan yang sedang merekrut pegawai. Kamu akan menjadi bahan pertimbangan yang baik bagi mereka karena mempunyai keahlian lebih dalam hal berbahasa asing, yaitu bahasa Inggris. Hal ini tentu dapat menguntungkan kamu.

Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki, yang mungkin telah menjadi soft skill kamu, tentu akan memudahkan bagi kamu untuk bersaing di dunia kerja. Dengan kemampuan tersebut, kamu akan diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik dibanding dengan pegawai ataupun pencari kerja yang tidak mempunyai keahlian berbahasa inggris.

Menjadi pegawai di sebuah departemen luar negeri akan menjadi pekerjaan yang mungkin menjadi kesempatan yang besar bagi kamu. Ataupun kamu bisa mendapatkan kesempatan bekerja di Instansi atau perusahaan yang bertaraf internasional. Karena percakapan dengan mengunakan Bahasa Inggris akan menjadi kebutuhan sehari-hari di tempat kerja tersebut.

4. Tour Guide
Kamu yang mempunyai hobi traveling, mungkin akan sangat menguntungkan sekali apabila menjadi Tour guide. Karena selain bekerja menjadi Tour guide, kamu juga dapat menyalurkan hobi traveling kamu.

Perkembangan pariwisata yang belakangan ini semakin meningkat, alhasil mendatangkan banyak wisatawan manca Negara yang datang ke Indonesia. Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki, kamu bisa secara aktif berkenalan dan bersosialisasi dengan wisatawan langsung di tempat wisata dan menawarkan jasa Tour Guide. Disamping itu, dengan kemajuan teknologi, kita juga bisa mempromosikan suatu tempat wisata di sekitar kamu ataupun di Indonesia dengan sekaligus mempromosikan Tour Guide yang telah menjadi ladang mata pencaharian kamu.

Walaupun banyak wisatawan manca Negara bearasal dari Negara yang tidak berbahasa Inggris, atau Non-Native English Country, contohnya Jepang, Jerman, Belanda dan lain sebagainya, tetapi wisatawan tersebut banyak yang malah belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa yang dibutuhkan pada saat mereka traveling. Karena mereka menganggap bahwa  Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dipahami.

5. Penulis
Tidak semua orang menjadikan pekerjaan penulis sebagai profesi utama mereka, tetapi banyak juga orang yang jutru mendapatkan keuntungan dan keasyikan dalam pekerjaan sebagai penulis.

Apabila kamu mempunyai hobi membaca, tentu akan mempermudah kamu dalam mendapatkan ide dalam menulis. Karena menulis membutuhkan ide yang bermacam-macam agar dapat mengembangkan topik utama tulisan dan menggabungkan ide – ide tersebut menjadi sebuah karya tulisan yang utuh dan dapat dimengerti.

Kamu juga dapat memfokuskan diri dalam menulis berdasarkan bidang yang kamu minati. Sebagai lulusan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, kamu dapat mengembangkan dan menciptakan karya tulisan yang berkaitan dengan pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran.

Menulispun menyajikan beberapa peluang, tidak hanya menulis blog yang kamu punya, tetapi dari menulis buku, cerpen, novel, artikel ataupun sampai menjadi creative writer akan menjadikan kamu pribadi yang semakin berkembang. Apalagi jika tulisan kamu berbahasa Inggris. Tentu akan lebih menarik bagi si pembaca, karena saat ini banyak orang yang belajar Bahasa Inggris. Bisa jadi tulisan kamu yang menjadi bahan utama bacaan mereka untuk belajar Bahasa Inggris. Dengan menjadi penulis, kamu akan selalu berusaha memciptakan karya yang menjadi kebanggan kamu.

Selanjutnya: Kenapa belajar bahasa inggris itu sulit?
-----
Nah, itu adalah beberapa contoh profesi yang akan menjadi pilihan kamu setelah kamu lulus di perguruan tinggi dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang sudah kamu pilih di awal kuliah kamu. Jangan ragu untuk terus berusaha, terus belajar dan menghasilkan karya yang membanggakan diri kamu, keluarga dan Negara.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon