Pengertian, Macam, Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
.
Pengertian, Macam, Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris – Halo, apa kabar kawan-kawan semuanya? Semoga sehat selalu ya. Sesuai judulnya, kita kali ini akan membahas mengenai clause, pembahasan kita fokuskan pada pengertian, macam, dan contohnya. Sebelumnya, saya juga sudah membahas tentang clause, seperti noun clause, adjective clause, dan adverbial clause. Dari penjelasan itu, saya malah lupa belum membuat pembahasan mengenai dasarnya, yaitu apa itu clause?

Hehe, maaf ya kelupaan, di situ saya hanya menyinggung sedikit sekali tentang apa itu clause. Nah, kali ini mumpung saya lagi inget, saya akan membuat pembahasannya, InsyaAllah lengkap. Langsung saja, berikut pembahasannya:

Baca juga materi tentang clause yang pernah saya buat: Materi Clause.

Pengertian, Macam, Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris
Pengertian Clause
Pada dasarnya, yang dimaksud dengan clause adalah rangkaian kata yang bermakna dan berpola subject + predicate (subjek + kata kerja), serta tidak diakhiri dengan tanda baca. Nah, clause ini bisa berdiri sendiri dan juga bisa pula tidak bisa berdiri sendiri, hal ini tergantung dengan macamnya.

Contohnya:
  • You buy a book
  • Because you have money
Itulah clause, yang atas bisa berdiri sendiri karena maknanya sudah cukup jelas, sedangkan yang bawah tidak bisa berdiri sendiri karena maknanya kurang jelas, “because apaan coy”. Mungkin kalian akan bertanya, apa bedanya clause dengan sentence? Mudah saja, kalau clause itu rangkaian kata yang belum tentu jelas dan kurang utuh karena bisa saja menimbulkan pertanyaan, serta tidak memiliki tanda baca akhir.

Tapi, kalau sentence merupakan rangkaian kata yang jelas maknanya dan utuh tanpa menimbulkan pertanyaan, serta memiliki tanda baca akhir.

Contoh sentence:
You buy a book because you have money.

Kau lihat, contoh clause sebelumnya bisa digabung dan akan menjadi sentence untuk memberikan kejelasan yang utuh. Jadi, Sentence (kalimat) disusun dengan beberapa clause (setidaknya harus ada satu clause), tapi bukan berarti clause itu sentence.

Sudah paham ya dengan apa yang dimaksud clause? Oke, sekarang kita masuk pada pembahasan macam-macamnya, berikut ini:

Macam-macam Clause
Main Clause (Independent Clause)
Main clause merupakan rangkaian kata yang bisa berdiri sendiri, dalam artian maknanya sudah cukup jelas. Ingat, namanya clause yang selalu tidak menggunakan tanda baca akhir, kalau clause ini dikasih tanda baca akhir maka akan menjadi sentence (simple sentence)

Contoh main clause (independent clause):
  • I like bananas (Saya suka pisang)
  • I met her in Paris (Saya bertemu dia di Paris)
  • Diane kicked the soda (Diane menendang soda)
  • She was born in Spain (Dia lahir di Spanyol)
  • We went back to work (Kami kembali bekerja)
  • I'll be home tomorrow (Aku akan pulang besok)
  • She held out the hand (Dia mengulurkan tangan)
  • The door opened (Pintu terbuka)
  • They will visit you (Mereka akan mengunjungi Anda)
  • I went to the show (Aku pergi ke acara)
  • My dog loves pizza (Anjing saya mencintai pizza)
  • She wrote a letter (Dia menulis surat)
  • She is the best girl (Dia adalah gadis terbaik)
Advertisement




Subordinate Clause (Dependent Clause)
Kalau ini kebalikannya dari independent clause, yaitu rangkaian kata yang tidak bisa berdiri sendiri karena kalau berdiri sendiri akan menciptakan rangkaian kata yang mengambang serta tidak jelas, clause ini selalu menggunakan conjuction (kata penghubung di depannya). Agar tidak mengambang dan bermakna, clause ini selalu digabung dengan main clause (independent clause).

Contoh Sub clause (dependent clause):
  • Where I lived as a small child
  • After She picks me up
  • That a cheeseburger was no longer appetizing
  • When Diane kicked the soda
  • After we had had lunch
  • Since she laughs at diffident men
  • When the saints go marching in
  • Because she smiled at him
  • Because the man pushed it
  • Whether the homework was necessary
  • That was very popular
  • Because my dog loves pizza
  • But he is honest
  • Though I am poor
  • Unless you work hard
Contoh Kalimat Clause Dalam Bahasa Inggris
Kalau contoh di atas masih sendiri-sendiri, tapi contoh di bawah ini sudah saya gabung antara independent clause dengan subordinate clause sehingga menciptakan rangkaian kata yang sempurna, utuh, dan tidak mengambang.
Contoh Kalimat ClauseArtinya
I wondered whether the homework was necessary.Saya bertanya-tanya apakah pekerjaan itu diperlukan.
They will visit you before they go to the airport.Mereka akan mengunjungi Anda sebelum mereka pergi ke bandara.
He is poor but he is honest.Dia miskin tapi dia jujur.
You must work hard or you can't success.Anda harus bekerja keras atau Anda tidak dapat sukses.
Though I am poor, I am happy.Meskipun saya miskin, saya senang.
Unless you work hard, you will fail.Kecuali Anda bekerja keras, Anda akan gagal.
While I was driving, I noticed the leaves had begun to turn autumn colours.Sementara aku sedang mengemudi, aku melihat daun mulai berubah warna musim gugur.
I like you because you are so sweet.Aku suka kamu karena kamu begitu manis.
I will wait to buy a car until I have saved more money.Aku akan menunggu untuk membeli mobil sampai saya telah menyimpan lebih banyak uang.
When Angela visits, we will surprise her with a birthday party.Ketika Angela berkunjung, kami akan memberikan kejutan dengan pesta ulang tahun.
Nate will be late for the concert because he can't get a ride right away.Nate akan terlambat untuk konser karena dia tidak bisa mendapatkan tumpangan segera.
Before Natasha takes her driving test, she needs to practice.Sebelum Natasha mengambil tes mengemudi, dia perlu berlatih.
I gave him my address, but he didn't contact me.Aku memberinya alamat saya, tapi dia tidak menghubungi saya.
After he left work, he headed straight for the hotel.Setelah ia meninggalkan pekerjaan, ia langsung menuju hotel.
Although she's the best in the class, she did badly in the exams.Meskipun ia adalah yang terbaik di kelas, dia buruk dalam ujian.
I fished until the sun went down.Saya memancing sampai matahari terbenam.
----
Oke ya, itulah pembahasan kita kali ini tentang pengertian, macam, dan contoh kalimat clause dalam bahasa inggris. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan pemahaman kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa lagi.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonymous
admin
April 11, 2018 at 7:47 PM ×

Contoh yang anda berikan sungguh membantuk adek di rumah. Terimakasih banyak.

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon