Pengertian dan Contoh Compound Noun

Advertisement
.
Pengertian dan Contoh Compound Noun – Saya yakin kalian sebenarnya sudah sering sekali menggunakan compound noun ini, hanya saja mungkin kalian tidak menyadarinya. Pada dasarnya, compound nouns sering sekali digunakan dalam komunikasi bahasa inggris, ini bukanlah hal baru dan sangat umum, sehingga ini cukup penting untuk kalian pelajari.

Beberapa compound noun juga cukup mirip dengan noun phrase dari segi strukturnya, tapi memiliki maksud yang sangat jauh berbeda, ini penting kalian garisbawahi agar kalian tau apa bedanya. Dalam artikel kali ini, cara membedakannya tersebut juga akan saya ulas. Tapi mari kita ulas satu persatu terlebih dahulu, kita mulai dari pengertiannya, berikut ini ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Pengertian dan contoh Compound Subject.

Pengertian dan Contoh Compound Noun

Pengertian Compound Noun
Pada dasarnya yang dimaksud dengan compound noun adalah suatu noun (kata benda) yang terdiri dari dua atau lebih kata. Di sini, dua atau lebih kata tersebut merupakan kombinasi, bisa noun + noun, atau bisa juga noun + part of speech lainnya. Perlu kamu tau, hasil dari kombinasi tersebut dapat menciptakan makna yang benar-benar baru, walau terkadang beberapa kata ada yang sedikit memiliki keterkaitan dari noun asalnya.

Contoh compound nouns:
  • Waterfall
  • Software
  • On time
  • Newspaper
  • Check-in
Nah, itu beberapa contoh compound noun (dibawah masih ada banyak contoh lagi), kombinasinya bisa antara noun + noun atau noun + lainnya, penulisannya jug bisa disambung, dipisah, dan bisa juga disambung dengan tanda baca (-).

Penulisan Compound Noun
Tipe penulisanKeteranganContoh
Oped Kombinasi yang dipisah menjadi dua kata. Selain dikenal sebagai oped, biasa disebut juga dengan istilah Spaced.Human rights, swimming pool, grey matter.
SolidKombinasi yang digabung menjadi satu kata. Selain dikenal dengan istilah solid, biasa juga disebut dengan istilah Closed.Outlook, bedroom, sunrise.
HyphenatedCompound noun yang disambung dengan tanda baca berupa (-).Six-pack, mother-in-law, baby-sitter.
Kombinasi Compound Noun
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa compound noun ini tidak hanya bisa dikombinasikan antara noun + noun saya, tapi juga bisa antara noun + part of speech lainnya. Berikut daftar kombinasi dari compound noun:
Kombinasi Compound NounContoh
Noun + nounSaucepan, bus stop, fire-fly, football.
Noun + verbHaircut, train-spotting, milkshake, rainfall.
Noun + adjectiveTruckful, snow white.
Noun + prepositional PhrasePasser-by, hanger on, daughter-in-law.
Verb + nounBreakfast, washing machine, dance floor.
Adjective + nounHardware, full moon, highway, whiteboard.
Preposition + nounUnderworld, in house, offline, Influx.
Advertisement




Bedanya Compound Noun Dengan Noun Phrase
Agar lebih mudah dalam membandingkan, silahkan baca materi noun phrase dulu: Materi noun phrase.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya pula bahwa compound noun ini kadang sulit dibedakan dengan noun phrase. Sebelumnya, saya jelaskan dulu kenapa compound noun dan noun phrase ini kadang sukar dibedakan. Coba lihat kembali tabel kombinasi compound noun di atas, salah satunya adalah adjective + noun, dan seperti yang kamu tau pula bahwa untuk membentuk noun phrase juga menggunakan adjective + noun. Jadi adjective + noun ini bisa menjadi compound noun dan bisa pula menjadi noun phrase.

Kalau kamu tanya apa bedanya, jawabannya sangat sederhana, yaitu terletak pada penekanan dalam pengucapan. Kalau compound noun, hanya kata pertama (adjectivenya) yang diberi penekanan/nada tinggi, dan kata keduanya diucapkan biasa saja. Sedangkan pada noun phrase, keduanya diucapkan dengan penekanan.

Sebagai contoh, kata Hardware, ketika ada orang yang mengucapkan kata hardware dengan penekanan seperti ini: HARDware, maka yang dimaksud oleh orang tersebut adalah compound noun. Tapi, kalau penekanannya seperti ini: HARDWARE, bisa dipastikan yang dimaksud adalah noun phrase. Contoh lain, SOFTWARE = noun phrase, SOFTware = compound noun. *Huruf kapital nada tinggi.

Lebih Banyak Contoh Compound Nouns
ToothpasteWitchcraftBoard of Members
RoadshowSeamanCourt-martial
Break waterWall-paperManservant
Twenty-year-oldFish tankCooking-oil
Upper classShotgunSchool year
Tennis shoeHouseworkHomeroom
Bath tubEyelidHuman rights
Movie starsSunglassesFundraiser
SnowboardingWalkie-talkieHousewife
LawsuitBasketballCat food
PlaygroupCar parkShopkeeper
WebsiteBlackberryGrandstand
GreenhouseSmall talkFall-guy
Go-kartRunwaySheepdog
WindscreenFire-fighterBottle opener
New Year's DayPrime MinisterPolice officer
CarwashCross-roadCookbook
Jump ropeHotdogOn-looker
DowntimeMind-setRollback
NeedlepointSlingshotSleeping bag
Wet nurseFirst aid
Selanjutnya: Materi Determiner.
----
Nah, itulah ulasan tentang pengertian compound noun dan contohnya, sudah jelas ya? Kalau belum silahkan ditanyakan lewat kotak komentar di bawah. Saya harap ulasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya biar banyak yang terbantu pula, thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
July 5, 2017 at 11:53 PM ×

bus stop = noun + verb

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon