Perbedaan Penggunaan Start dan Begin Disertai Contohnya

Advertisement
Perbedaan Penggunaan Start dan Begin Disertai Contohnya – Masalah bahasa terkadang memang rada membingungkan, punya arti yang mirip, tapi kita bingung menggunakannya? Mana yang paling tepat digunakan? Enggak hanya terjadi di Bahasa Indonesia saja, tapi di semua bahasa yang ada di dunia ini. Masih mending kalau bahasa Indonesia yang merupakan bahasa kita sendiri, tapi gimana kalau bahasa asing, mikir dulu boss. Khususnya di bahasa inggris ini, begitu banyak kata-kata yang mirip namun penggunaannya bisa sangat berbeda, kalau kita salah menggunakannya sudah tentu ucapan kita akan terdengar aneh oleh orang lain.

Dalam bahasa inggris, salah satu kata yang cukup membingungkan penggunaannya adalah start dan begin. Secara tulisan memang mudah dibedakan, tapi secara makna dan arti, kedua kata tersebut memiliki kesamaan yang sulit dibedakan.

Seperti yang sudah kita ketahui, start dan begin dapat dimaknai dengan arti yang sama yaitu “mulai”. Pertanyaannya kan, kita mau menggunakan start atau begin? Bisa saling menggantikan enggak? Kondisi yang seperti apa kita harus menggunakan start dan begin? Ada banyak hal yang memang harus kita perhatikan sebelum memutuskan menggunakan salah satunya, sederhana memang tapi effectnya bisa cukup besar lho, kita enggak maukan ucapan kita terdengar aneh, lucu, salah tata bahasa?

Tapi jangan khawatir kalau kamu belum tahu perbedaan penggunaan start dan begin tersebut, di sini saya akan mencoba menjelaskannya kepada kalian. Saya yakin setelah membaca ulasan di bawah, kalian akan paham perbedaan kedua kata tersebut. Berikut penjelasan disertai contohnya:

Sebelumnya, baca juga: Perbedaan study dan learn.

Perbedaan Penggunaan Start dan Begin Disertai Contohnya

Penggunaan Khusus Kata Start
Secara khusus, kata start harus digunakan dan tidak bisa menggunakan kata begin, dan inilah perbedaan yang mencolok dari kedua kata tersebut. Start wajib digunakan ketika kamu ingin mengungkapkan mengenai sesuatu untuk “menghidupkan/menjalankan mesin (machine), memulai usaha (business) atau perjalanan (journey)”.

Sebagai contoh:
  • Press this button to start the printer. (Tekan tombol ini untuk memulai/menjalankan printer.) – Akan jadi kalimat yang tidak tepat jika kamu menggunakan begin untuk mengganti kata start pada kalimat ini.
  • The lawnmower won’t start. (Mesin pemotong rumputnya tidak mau jalan/mulai.)
  • She started a new restaurant. (Dia memulai/menjalankan restoran baru.)
  • I think we ought to start at six, while the roads are empty. (Saya pikir kita harus mulai dari jam enam, sementara jalan kosong.)
Advertisement




Ingat penggunaan khusus kata start di atas, karena hanya itu yang membedakan penggunaan antara start dan begin. Dalam kondisi dan situasi lainnya, kamu boleh menggunakan start atau begin sesuai dengan selera kamu, artinya start dan begin bisa saling menggantikan pada kondisi dan situasi lainnya.

Sebagai contoh:
  • It’s starting to rain. (Mulai turun hujan.)
  • It’s beginning to rain. (Mulai turun hujan.)
  • When Dinda heard the news, she started to cry. (Ketika Dinda mendengar berita itu, dia mulai menangis.)
  • When Dinda heard the news, she began to cry. (Ketika Dinda mendengar berita itu, dia mulai menangis.)
  • The movie starts at 7:00. (Filmnya dimulai pada jam 7.)
  • The movie begins at 7:00. (Filmnya dimulai pada jam 7.)
Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Start dan Begin
Dalam komunikasi menggunakan bahasa inggris, begin lebih formal jika dibandingkan dengan kata start (dalam hal umum yang bisa saling menggantikan), apalagi pada written English maka sangat dianjurkan menggunakan kata begin.

Begin merupakan irregular verb (Tak beraturan), jadi berhati-hatilah pada perubahan past tense (verb2) dan past participle nya (verb3), sedangkan start merupakan regular verb (Beraturan). Coba lihat tabel di bawah ini:
Bare infinitive (verb1)Additional infinitive (verb1+ s/es)Past tense (verb2)Past participle (verb3)
BeginBeginsBeganBegun
StartStartsStartedStarted
Selanjutnya: Perbedaan especially dan specially.

Oke ya, di atas adalah penjelasan mengenai perbedaan penggunaan start dan begin. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon