Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Nomor 1

Advertisement
Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Nomor 1 – Kamu pasti sering bertanya-tanya dalam hati, kenapa kita harus belajar bahasa inggris? Kenapa bahasa inggris yang harus menjadi bahasa internasional? Kenapa tidak bahasa Indonesia saja yang menjadi bahasa internasional? Kalau bahasa Indonesia yang menjadi bahasa internasional, kan mudah belajarnya. Memang iya, tapi sangat disayangkan, Indonesia tak cukup kuat untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Kenapa? Yah, dilihat dari sejarah hingga kemampuannya saat ini, Indonesia memang belum cukup berpengaruh di dunia.

Di lain sisi, seperti yang kamu tahu, sejak dahulu kala bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang digunakan secara internasional sebagai bahasa resminya, hebatnya lagi bahasa inggris menjadi bahasa internasional nomor satu, artinya yang paling umum digunakan secara global. Ada banyak sekali alasan kenapa bahasa inggris yang menjadi bahasa internasional, dan saya sendiri mengakuinya bahwa bahasa inggris memang pantas mendapatkannya.

Nah, kira-kira apa sajakah alasannya kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional? Mari kita simak alasan-alasan berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Manfaat dan pentingnya belajar bahasa inggris.

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Nomor 1

Bahasa Inggris Memiliki Perkembangan Kosakata Yang Paling Pesat
Kamu tahu, bahasa inggris merupakan bahasa yang memiliki perkembangan kosakata yang paling pesat. Menurut tim riset gabungan peneliti Havard University dan Google mencatat penambahan kosa kata bahasa inggris mencapai 8.500 kata pertahun. Angka ini tentulah sangat banyak, dan kini kosakata bahasa inggris sudah mencapai jutaan. Kalau dibandingkan dengan bahasa Indonesia, tentu perbedaannya sangat jauh karena total kosakata bahasa Indonesia menurut kemendikbud hanya berkisar 100 ribuan saja.

Kenapa jumlah kosakata berpengaruh? Iya jelas dong karena dengan banyaknya kosa kata yang dimiliki oleh suatu bahasa, maka akan memperluas juga penggunaannya. Menambahkan kosa kata bukan tidak ada alasannya, di balik itu ada alasan yang sangat berguna karena satu kata dapat digunakan untuk menggambarkan situasi, keadaan, suasana, urgensi, dan sebagainya yang bisa saja berbeda-beda.

Misalkan, di bahasa inggris banyak dijumpai kata yang mirip namun penggunaan yang berbeda-beda, contohnya adalah can dan could, learn dan study, home dan house, start dan begin, just dan only, serta masih banyak lagi. Semua kata-kata tersebut penggunaannya bisa berbeda-beda untuk menyatakan maksud yang diinginkan secara jelas tanpa ada tambahan kata bantu lainnya.

Jadi, banyaknya kosa kata akan memberi pilihan yang lebih banyak untuk menyatakan apa yang sesungguhnya terjadi dengan sangat sederhana dan mudah. Oleh karena itu, bahasa inggris dipilih menjadi bahasa internasional.
Advertisement




Negara Inggris Menguasai Dunia
Di jaman dulu, inggris pernah menjajah puluhan Negara lain di seluruh belahan dunia. Bahkan Negara amerika yang terkenal digdaya itu juga pernah dijajah oleh inggris. Dalam proses penjajahan yang berlangsung puluhan hingga ratusan tahun tersebut, inggris secara tidak langsung menanamkan budaya, kebiasaan, tingkah laku, dan bahasa kepada Negara yang dijajahnya itu. Karena banyaknya Negara yang dijajah oleh inggris, maka segala sesuatu yang berkaitan dengan inggris otomatis sudah tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk bahasanya.

Oleh karena bahasa inggris sudah tersebar dengan sendirinya di berbagai belahan dunia, maka akan lebih mudah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi karena sudah banyak yang menggunakannya pula, termasuk Negara yang dijajah oleh inggris tersebut, bahkan beberapa Negara korban jajahan sampai saat ini malah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi di negaranya, contohnya adalah Amerika, Australia, dan Singapore.

Oleh karena hal itu, sangat tepat jika PBB menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Tapi mungkin akan muncul pertanyaan, kalau penyebabnya adalah karena inggris pernah menjajah Negara lain, kenapa hanya bahasa inggris saja yang dijadikan bahasa internasional? Toh belanda, portugis, yunani, romawi, dan bangsa arab juga pernah menjajah Negara lain.

Betul itu memang, tapi penyebabnya kan bukan hanya karena menjajah Negara lain, tapi juga didukung dengan alasan-alasan lainnya seperti pada point pertama di atas dan point ketiga di bawah ini.

Negara Inggris Membawa Perkembangan Ilmu
Menjajah Negara lain saja tidak cukup untuk menjadikan bahasa negaranya menjadi bahasa internasional. Tapi juga harus didukung dengan alasan-alasan lainnya, dan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional adalah karena bangsa inggris membawa perkembangan ilmu ke Negara-negara yang dijajahnya.

Banyak peninggalan-peninggalan inggris seperti buku dan catatan yang tentu saja menggunakan bahasa inggris. Buku dan catatan itu berisi ilmu-ilmu yang sudah berkembang pesat dibandingkan ilmu yang ada sebelumnya. Dahulu, untuk orang yang ingin mempelajari ilmu yang dibawa oleh inggris maka orang tersebut mau tak mau harus belajar bahasa inggris dulu, dan karena ilmu yang dibawa ini sangat bermanfaat maka tambah banyak orang yang belajar bahasa inggris demi mempelajari ilmunya. Jadi wajar jika bahasa inggris sangat mudah tersebar kala itu.

Bahkan sampai saat ini, Negara inggris masih menjadi salah satu Negara maju yang menyumbangkan ilmu paling banyak di dunia. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memilih bahasa inggris menjadi bahasa internasional nomor satu di dunia.

Selanjutnya: Cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris.
----
Itulah alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional, dan bukan bahasa Indonesia saja. Untuk bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, saya kira sangat sulit mengingat bangsa Indonesia belum cukup baik untuk berpengaruh di dunia. Bahkan Indonesia masih kalah berpengaruh jika dibandingkan dengan Negara kecil seperti Singapore atau Belanda. Miris memang, tapi kita tak boleh berhenti bangga dan berjuang demi Indonesia..

Oke ya, setelah tahu alasannya, kini berhentilah mengeluh dan lekas belajar bahasa inggris. Kamu dapat belajar bahasa inggris kapan saja di blog ini dengan gratis. Selamat menikmati materi yang kami sajikan. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Danar Satria
admin
February 5, 2017 at 7:30 PM ×

NICE


Congrats bro Danar Satria you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon