Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Past Participle

Advertisement
.
Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Past Participle – Dalam bahasa inggris, dikenal suatu istilah yang dinamakan past participle, past participle merupakan berubahan dari suatu verb (kata kerja) tertentu. Kalau di Indonesia, past participle ini sering disebut dengan istilah verb 3. Setiap kata kerja selalu memiliki bentuk past participle, entah itu regular verb (perubahan beraturan) maupun irregular verb (perubahan tidak beraturan). Selain itu, penggunaan past participle ini juga sangat luas dalam komunikasi bahasa inggris, selain digunakan dalam tenses (sebagai verb), past participle juga dapat digunakan pada passive voice, noun phrase, participle phrase, juga pada reduced adjective clause.

Nah, untuk lebih jelasnya, kita akan membahas materinya berikut ini. Sesuai dengan judul pembahasan kali ini, pembahasan akan fokus pada pengertian past participle, penggunaan, dan contoh kalimatnya. Berikut pembahasannya.

Pengertian Past Participle
Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, past participle dapat dimaknai sebagai perubahan bentuk suatu kata kerja dasar. Artinya, suatu bentuk dasar dari suatu kata kerja, dapat diubah sesuai turunannya, salah satunya diubah menjadi past participle. Untuk regular verb, berubahan past participle akan diikuti oleh akhiran –d atau –ed. Sedangkan irregular verb, biasanya akan diikuti oleh akhiran -t, -en, ataupun –n.

Contoh:
Bare infinitive (verb1 tanpa akhiran s/es)Additional infinitive (verb1 dengan akhiran s/es – kecuali kata kerja bantu)Past tensePast participlePresent partisiple
seeseessawseenSeeing
Begin Begins Began Begun Beginning
Be Is/am/areWas/wereBeen Being
Come Comes Came Come Coming
Cut Cuts Cut Cut Cutting
playplaysplayedplayedPlaying
flyfliesflewflownFlying
mixmixesmixedmixedMixing
crycriescriedcriedcrying
Kalau suatu kata kerja termasuk regular verb, maka untuk membentuk past participle hanya perlu menambahkan akhiran –d atau –ed saja karena perubahannya selalu konsisten, namun untuk irregular verb perubahannya tidak konsisten dan akhiran yang dipakai pun juga akan berbeda-beda.

Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Past Participle

Penggunaan Past Participle
Pada dasarnya past participle dapat digunakan untuk dua hal, yaitu digunakan sebagai verb (dalam tenses termasuk passive voice dan causative verbs) dan juga sebagai adjective. Jika digunakan sebagai verb, terbatas yang  meliputi perfect tense dan perfect continuous tense, baik itu untuk present, past, maupun future tense, hal ini sudah jelas karena dalam menyusun tenses tersebut, past participle merupakan bagian dari rumusnya yang tidak bisa dipisahkan, begitu pula pada passive voice. Untuk passive voice, past participle selalu digunakan, tidak terbatas pada perfect maupun perfect continuous tense saja.
Advertisement




Oh iya, anda sudah paham belum apa yang dimaksud dengan passive voice, kalau belum silahkan pelajari terlebih dahulu untuk memudahkan anda dalam mencerna materi ini.

Baca: Materi passive voice.

Untuk causative verb, past participle digunakan sebatas pada causative passive dan non causative passive.

Baca: Causative-non causative verb.

Contoh kalimat past participle dalam verb
Past participleArti
Present perfect tense:
We have visited Makassar.Kami telah mengunjungi Makassar.
Dina has finished her report.Dina telah menyelesaikan laporannya.
Present perfect continuous tense:
My father has been repairing my car for two hoursAyah saya telah memperbaiki mobiku selama dua jam
They have been discussing a problem since 8.00 a.mMereka telah mendiskusikan/membahas sebuah masalah sejak jam 08.00
Past perfect tense:
I had eaten before I worked.Saya telah makan sebelum saya bekerja.
Budi went to Kuningan Plaza after he had finished his homework.Budi pergi ke Kuningan Plaza setelah dia menyelesaikan PRny.
Past perfect continuous tense:
My father had been working at the Bertha Hospital for a year before he died.Ayah saya telah bekerja di Rumah Sakit Bertha selama satu tahun sebelum dia meninggal.
I had been sleeping for two hours when somebody knocked the door.Saya telah tidur selama dua jam ketika seseorang mengetuk pintu.
Future perfect tense:
The mechanic will have checked my car before I drive it.Montir akan telah memeriksa mobil saya sebelum saya mengendarainya.
My friend will have graduated from Gadjah Mada University by the end of this month.Teman saya akan telah lulus dari Universitas Gadjah Mada pada akhir bulan ini.
Future perfect continuous tense:
Galih will have been checking my car for an hour before he gets home.Galih akan telah memeriksa mobil saya selama sejam sebelum dia pulang ke rumah.
My father will have been living in Bali for a few weeks before he moves to Jakarta.Ayahku akan telah tinggal di Bali selama beberapa minggu sebelum dia pindah ke Jakarta.
Passive voice:
I am called by Dina every day.Saya ditelpon oleh Dina setiap hari.
English is being studied by them right now.Bahasa inggris sedang dipelajari oleh mereka sekarang.
My car has been repaired by the mechanic.Mobilku telah diperbaiki oleh montir.
Contoh kalimat past pasrticiple dalam adjective
Sedangkan jika past participle digunakan sebagai adjective, maka dapat digunakan untuk membentuk noun phrase, participle phrase, dan juga reduced adjective clause.

Contoh dalam noun phrase:
  1. The paid newspaper - Surat kabar yang telah dibayar/terbayar, paid digunakan untuk menjelaskan bahwa surat kabar tersebut sudah dibayar. Dalam hal ini paid difungsikan sebagai adjective karena menjelaskan noun, yaitu newspaper (surat kabar).
  2. The solved problem – Masalah yang telah diselesaikan/terselesaikan. Keterangannya sama pada contoh pertama.
Tapi ingat, noun phrase tidak selalu harus disusun menggunakan past participle. Baca: Materi noun phrase.

Contoh dalam participle phrase:
  • The students given punishment are Budi and Rudi. (Murid yang diberi hukuman adalah Budi dan Rudi.)
  • Given homework by the teacher, Bayu asked Shinta to teach him. (Diberi PR oleh guru, Bayu Meminta Shinta untuk mengajarinya.)
Contoh dalam reduced adjective clause:
Reduced adjective clause disusun berdasarkan adjective clause, namun relative pronoun yang ada harus dihilangkan.
Adjective clauseReduced adjective clause
The book which is being brought by Shinta is very expensive.The book being brought by Shinta is very expensive.
The computer which has been repaired by my father is good design.The computer repaired by my father is good design.

Selanjutnya: Latihan soal past participle
----
Nah, itulah sedikit ulasan mengenai pengertian past participle, penggunaan, dan contoh kalimatnya yang dapat saya berikan. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan menambah pemahaman, pengetahuan serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon