Perbedaan Study dan Learn Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
Perbedaan Study dan Learn Dalam Bahasa Inggris – Tentu anda sudah sering sekali mendengar, berbicara, atau menulis menggunakan kata study atau learn. Disadari atau tidak, sebenarnya makna yang terkandung dari kedua kata tersebut adalah berbeda, walaupun artinya sama-sama “belajar”. Perbedaan makna ini terletak pada fungsi penggunaannya, sudah jelas bahwa kata study dan learn ini bukanlah sinonim (yang bermakna sama) yang bisa saling menggantikan, bahkan antonimnya pun bukan. Ketika anda salah dalam penggunakan salah satu kata diatas maka hal sebenarnya yang ingin anda ungkapkan tidak akan sesuai dengan yang anda harapkan. Begitu juga sebaliknya, mungkin anda akan salah dalam memaknai apa yang disampaikan oleh lawan bicara.

Penggunaan Kata Study
Kita mulai ulasan penggunaan dari kata study terlebih dahulu. Kata study memiliki arti “belajar”, namun belajar yang dimaksud disini adalah belajar sesuatu secara teoritik. Contoh, Budi ingin belajar menggunakan computer, dia pun membeli buku-buku yang berkaitan dengan computer untuk dibaca, dia membaca dan mempelajari banyak hal, seperti bagaimana menghidupkan computer, mematikan computer, fungsi-fungsi tombol, dan banyak hal, dia pun selalu mengingat dan menghafal apa yang sudah dipelajarinya tersebut. Apa yang dilakukan oleh Budi ini adalah study.

Baca juga: Perbedaan penggunaan everyone dan every one.

Penggunaan Kata Learn
Jika apa yang dimaksud dengan study adalah belajar secara teoritik, maka learn adalah belajar dengan praktik langsung, learn memiliki makna bahwa belajar yang dilakukan oleh seseorang adalah belajar yang akan langsung mendapatkan kemampuan terhadap apa yang dipelajarinya. Contoh, seperti halnya Budi, Roni juga ingin belajar menggunakan computer, untuk mencapai keinginannya dia pun meminjam computer milik kakaknya. Kemudian Roni mengotak-atik mencoba menghidupkan computer tersebut, setelah computer dapat dia hidupkan, Roni pun mencoba-coba hal-hal lainnya, seperti bagaimana membuat folder, menyimpan file, membuka aplikasi, dan mencoba mempelajari banyak hal lainnya. Apa yang dilakukan oleh Roni ini adalah learn.

Perbedaan Study dan Learn Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan cara belajar antara Roni dan Budi diatas sangat berbeda, kalau di Indonesia memang penyebutannya sama-sama belajar, tapi di dalam bahasa inggris tentu berbeda. Jika anda mengatakan bahwa Budi learn, lawan bicara anda akan salah memaknai. Begitu juga jika anda bilang bahwa Roni study, lawan bicara juga akan salah memaknai.

Nah, sekarang saya ingin bertanya kepada anda, untuk menyatakan aktivitas yang sedang anda lakukan saat ini, kata apa yang tepat untuk digunakan? Studying (study) atau learning (learn)? Keterlaluan kalau masih bingung, hahaha.
---
Yosh, mungkin hanya itu saja ulasan perbedaan study dan learn dalam bahasa inggris yang dapat saya berikan. Semoga ulasan perbedaan study dan learn diatas dapat menambah pemahaman dan wawasan anda semuanya.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon