Pengertian, Contoh Kata dan Kalimat Idiom Dalam Bahasa Inggris

Advertisement
Pengertian, Contoh Kata dan Kalimat Idiom Dalam Bahasa Inggris – Idiom, merupakan salah satu unsur yang penting yang perlu di ketahui dalam berkomunikasi bahasa inggris, tanpa mengetahui idiom, mungkin kita akan salah dalam memaknai maksud dari lawan bicara kita, bahkan mungkin juga kita malah akan menganggap ucapan yang di katakan oleh lawan bicara tidak masuk akal, padahal kitanya saja yang tidak paham akan idiom yang mereka gunakan, jadi untuk mengatasi hal ini sekiranya penting juga untuk mempelajari hal yang di sebut Idiom ini.

Idiom tidak menggunakan rumus-rumus seperti yang biasa di gunakan pada tenses, idiom hanyalah ungkapan dengan makna tertentu yang sudah menjadi kebiasaan turun temurun di gunakan dalam berkomunikasi bahasa inggris. Idiom juga tidak memaknai kata per kata, namun memaknai secara keseluruhan kata yang menyusunnya. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian idiom, dapat anda simak pada penjelasan di bawah ini.

Sebelumnya, baca juga: 50 Idioms yang paling sering/populer digunakan.

Pengertian Idiom Dalam Bahasa Inggris
Pada dasarnya yang di maksud dengan idiom adalah suatu susunan kata yang tidak bisa di artikan berdasarkan kata per kata, namun susunan kata yang di artikan berdasarkan makna secara keseluruhan yang telah menjadi kebiasaan dalam berkomunikasi. Sebagai contoh, idiom “after all”, jika di artikan kata per kata maka after all memiliki arti “setelah semuanya”, namun maksud sesungguhnya dari after all adalah “bagaimanapun juga”. Contoh lainnya, idiom “all the same”, jika di artikan terpisah maka all yang berarti “semua”, dan the same yang berarti “sama” atau “kesamaan”, jika di gabung kurang lebih artinya “semua sama” atau “sama semua”, namun bukan itu yang di maksud dengan all the same, maksud sebenarnya dari all the same adalah “namun”.

Pengertian, Contoh Kata dan Kalimat Idiom Dalam Bahasa Inggris

Itulah yang di maksud dengan idiom yang merupakan susunan kata yang tidak bisa di artikan kata per kata, mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana membedakan yang mana idiom dan yang mana yang bukan idiom, jawabannya mudah yaitu anda hanya harus mempelajari dan menghafal mana yang merupakan idiom karena tidak ada metode khusus yang dapat membedakan idiom dan bukan idiom. Anda juga bisa memberikan perhatian yang khusus jika menemukan susunan kata yang jika anda artikan kata per kata mengandung makna yang tidak jelas atau tidak masuk akal, kemungkinan susunan kata tersebut merupakan idiom.
Advertisement




Contoh Kata dan Kalimat Idiom Dalam Bahasa Inggris
Berikut adalah beberapa contoh kata dan kalimat idiom bahasa inggris yang dapat anda pelajari dan anda hafalkan.
Idiom Bahasa InggrisArtiKalimat Idiom Bahasa InggrisArti
A lot ofBeberapa/banyakI have a lot of apples.Saya punya banyak apel.
A number ofBeberapaI have a number of apples.Saya punya beberapa apel.
A deal ofBeberapa I eat a deal of rice.Saya makan beberapa nasi.
All alongDari semulaI had known all along that he was a prevaricator.Aku sudah tau dari semula bahwa dia seorang pembohong.
By the wayNgomong-ngomongBy the way, where do you live?Ngomong-ngomong, dimana kamu tinggal?
Call onmengunjungiMy father calls on his friend at the Hospital.Ayah saya mengunjungi temannya di rumah sakit.
Come onAyolah!Come on, Tria! Dinner with me!Ayolah, Tria! Makan malam dengan saya!
Fell likeAda keinginan untuk..I think Tria fell like dinner with me.Aku pikir Tria ada keinginan untuk makan malam denganku.
For goodUntuk selamanyaI promised to stop smoking for good.Saya berjanji berhenti merokok untuk selamanya.
Get homeSampai di rumahDina always gets home before four o’clock.Dina selalu sampai di rumah sebelum jam empat.
In keeping withSesuai denganEverything happened in keeping with god’s will.Segalanya terjadi sesuai dengan kehendak Tuhan.
Look outAwas Budi, look out! There is a dog behind you!Budi, awas! Ada anjing di belakang kamu!
Make itBerhasil I hope, I make it in the future.Saya berharap, saya berhasil di masa depan.
Never mindTidak apa-apaOkay, never mind.Ok, tak apa-apa.
On handSiap di gunakan/dekatMy car is always on hand anytime and anywhere.Mobil saya siap di gunakan kapan saja dan dimana saja.
Out of the questionTidak mungkinHe asked for something that out of the question fulfilled.Dia meminta sesuatu yang tidak mungkin terpenuhi.
Pass the timeMengisi waktu luangThomas usually passes the time by fishing.Thomas biasanya mengisi waktu luang dengan memancing.
Run outHabis Rina disappointed because the ticket has run out.Rina kecewa karena tiket telah habis.
Set aboutMemulai The police set about interrogating witnesses.Polisi memulai menginterogasi para saksi.
Take afterMenyerupai Gunawan’s face take after his mother.Wajahnya gunawan menyerupai ibunya.
Di atas adalah beberapa contoh kata dan kalimat idiom bahasa inggris yang dapat anda cermati, namun contoh-contoh diatas masihlah sangat sedikit, masih banyak lagi idiom yang ada. Untuk itu, cobalah sendiri untuk mencari-cari idiom, kemudian pelajarilah dan hafalkan.
---
Ok, mungkin hanya itu saja pembahasan seputar Pengertian, Contoh Kata dan Kalimat Idiom Dalam Bahasa Inggris yang dapat saya berikan, semoga pembahasan dari pengertian dan contoh kata serta kalimat idiom di atas dapat membantu anda semuanya.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon