Pengertian Dan Contoh Adverbial Phrase (Frase Kata Keterangan)

Advertisement
Pengertian Dan Contoh Adverbial Phrase (Frase Kata Keterangan) – Salam hangat salam sejahtera semuanya, dalam materi kali ini pembahasan akan difokuskan pada pengertian adverbial phrase dan juga contoh adverbial phrase. Untuk contohnya, tidak hanya contoh adverbial phrase saja namun disertai contoh dalam penggunaannya dalam sebuah kalimat, ini penting karena tujuan kita untuk membentuk sebuah adverbial phrase adalah untuk menggunakannya dalam sebuah kalimat.

Sebelum teman-teman mempelajari materi ini yaitu adverbial phrase, kalian harus paham terlebih dahulu materi dasarnya yaitu adverbial, karena untuk membentuk adverbial phrase kita membutuhkan sebuah komponen yang terdiri dari adverbial, karena itulah kalian harus paham terlebih dahulu materi dasarnya.

Baca materi adverbial

Pengertian Adverbial Phrase
Adverbial phrase adalah rangkaian kata yang tidak berpola subject maupun verb, dimana inti dari rangkaian kata tersebut terletak pada kata keterangan (adverb). Adverbial phrase digunakan untuk memberikan penjelasan yang “lebih” terhadap suatu kata keterangan. Misalkan, “dengan perlahan”, “dengan perlahan” merupakan kata keterangan, namun dapat dijelaskan secara lebih detail menjadi “dengan sangat perlahan” atau “dengan cukup perlahan”, atau dengan penjelasan lainnya tergantung dengan situasi dan kondisi.

Pengertian Dan Contoh Adverbial Phrase (Frase Kata Keterangan)

Untuk menyusun sebuah adverbial phrase, gunakanlah susunan kata sebagai berikut :

Adverb + Adverb

Jadi gampangnya, untuk menyusun adverbial phrase, susunan kata yang harus digunakan adalah kata keterangan ketemu dengan kata keterangan, dan kata keterangan ” inti “ letaknya di bagian belakang. Kecuali penggunaan kata keterangan enough (cukup), maka gunakan susunan Adverb + Enough. Dimana kata keterangan inti terletak pada bagian depan.
Advertisement




Contoh Adverbial Phrase Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat
Oke, setelah kalian mempelajari dasar-dasar dalam menyusun adverbial phrase, kini saatnya kalian mencermati beberapa contoh adverbial phrase dan penggunaannya yang akan saya berikan dibawah ini, berikut adalah contohnya :
Contoh adverbial phraseContoh penggunaan dalam kalimat
Very slowly (dengan sangat lambat/sangat perlahan)I eat very slowly. (saya makan dengan sangat perlahan.)
Highly quickly (dengan amat sangat cepat)My brother drives highly quickly. (saudaraku mengemudi dengan amat sangat cepat.)
Too much (terlalu banyak)I give her too much money. (saya member dia uang terlalu banyak.)
Clearly enough (dengan cukup jelas)The teacher explains clearly enough. (guru menjelaskan dengan cukup jelas.)
Strongly mysteriously (dengan sangat misterius)My best friend died strongly mysteriously. (sahabatku meninggal dunia dengan sangat misterius.)
Extremely fluently (dengan sangat fasih)He speaks English extremely fluently. (dia berbicara bahasa inggris dengan sangat fasih.)
Totally anxiously (dengan benar-benar cemas)I am waiting my exam result totally anxiously. (saya menunggu hasil ujian saya dengan benar-benar cemas.)
Too far (terlalu jauh)It was not too far. (itu tidak terlalu jauh.)
Carefully enough (dengan cukup hati-hati)I drive my car carefully enough. (saya mengemudikan mobilku dengan cukup hati-hati.)
Still here (masih di sini)I am still here waiting for you. (saya masih di sini menunggumu.)
Since yesterday (sejak kemarin)She has gone since yesterday. (dia telah pergi sejak kemarin.)

Dalam menyusun frase kata keterangan atau dalam bahasa inggris disebut adverbial phrase, intinya kalian harus paham terlebih dahulu kata yang termasuk dalam kata keterangan, karena seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa komponen utama dari frase kata keterangan adalah kata keterangan itu sendiri, dan gunakanlah susunan kata yang juga telah dijelaskan diatas.

Oke, semoga materi pengertian dan contoh adverbial phrase diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman teman-teman. Selebihnya saya mohon maaf.
Advertisement
Previous
Next Post »

Hi there, I know you can do it. You just need to keep your eye on the ball and not lose your focus. Remember, English is just like a cup of tea. Good Luck!

Hope you enjoyed the article!

Give me your relevant response about the article above, but use your real name please! (Exception : Anonymous).

ConversionConversion EmoticonEmoticon